ANI, BIBIB &  JERRY – RELAWAN JOKOWI DAN GERAKAN INDONESIA MELAYANI 2020-2024

ANI, BIBIB &  JERRY – RELAWAN JOKOWI DAN GERAKAN INDONESIA MELAYANI 2020-2024

KoranJokowi.com, Jakarta : “ Gerakan Indonesia Melayani (GIM) merupakan salah satu dari program prioritas Presiden Joko Widodo yang menjadi dasar untuk penciptaan budaya kerja aparatur sipil negara (ASN). Perubahan budaya kerja dilakukan mulai dari sisi perilaku para petugas, pegawai, bahkan pejabat, terutama saat melayani masyarakat. Dan, kami selaku Relawan Jokowi  senantiasa mendukung upaya Presiden Jokowi bersama para kabinet-nya dalam itu, termasuk suksesnya Gerakan Indonesia Melayani (GIM) tahun 2020-2024 dalam rangka optimalisasi semangat kerja bagi jajaran pemerintahan untuk fokus pada penciptaan budaya pada lingkungan ASN sebagaimana yang diminta Presiden Jokowi melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo”, demikian  Ani ‘Neng Gartini  – Wkl.Pimp.Perusahaan KoranJokowi.com yang juga kali ini selaku kord. rapat visual melalui seluler (6/9)

Hal ini dibenarkan oleh Widiarta Wirawan, Kord. IT & Sosmed Aliansi Wartawan Nonmainstream Indonesia (Alwanmi) , kata Bibib, panggilan akrabnya, perubahan terdasar yang sederhanan dan dapat dilakukan adalah ASN harus memiliki perilaku standar, mulai dari keharusan untuk selalu menunjukkan keramahan, tersenyum, ketulusan, kepekaan, kedisiplinan, fokus, selalu mendengar, dan menghormati. Setiap ASN harus memiliki tugas yang jelas, sehingga setiap pegawai dapat memberikan kontribusi kinerja pada unit kerjanya dan pada masyarakat.

Jerry A.Hongrius, SDM Development  KoranJokowi.com pun mengatakan yang sama, bahwa Satuan kerja yang memperoleh tugas untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat harus secara terus-menerus memperbaiki sistem pelayanan agar lebih cepat, lebih murah, lebih adil, lebih nyaman, memiliki kepastian hukum, dan berbasis IT. Karena kedepan Pelayanan ASN  didorong untuk bertransformasi menjadi e-services, terlebih di era pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Maka KoranJokowi.com akan ‘ikut’ mengingatkan siapapun agar para  pimpinan satuan kerja tidak boleh terlena, dan untuk dapat mewujudkan target-target pembangunan, ASN harus dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder, termasuk masyarakat. Sinergi dengan masyarakat antara lain dapat dijalin melalui penyediaan akses pengaduan mengenai pelayanan publik, dimana harus dapat ditangani secara cepat oleh unit kerja terkait.

Dan diakhir  diskusi Ani, Bibib, Jerry  sependapat  jika GIM  harusnya dapat meningkatkan kinerja para ASN  apalagi berbagai fasilitas, gaji, dsb setiap tahunnya semakin menaik . Dan dengan GIM , ASN sebagai sumber daya manusia pemerintah melakukan pelayanan yang  lebih baik, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini erat kaitannya dengan bela negara yang merupakan sikap dan perilaku warga yang dijiwai oleh kecintaan terhadap Indonesia dan diikuti dengan kesediaan berbakti untuk membela negara. Kita tunggu realisasinya !? (Red-01/Foto.Ist)

 

Tentang RedaksiKJ 1432 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan