FEATURE STYLE & KARYA KREATIF PENULIS.

FEATURE STYLE & KARYA KREATIF

Dalam bukunya “Features Writing for Newspaper” (1975), DR. Williamson mendefinisikan features sebagai tulisan kreatif yang terutama dirancang guna memberi informasi sambil menghibur tentang suatu peristiwa, situasi, atau aspek kehidupan seseorang.

Feature memiliki 4 keistimewaan yang menjadi cirinya, yaitu; Kreatif, Informatif, Menghibur, dan (boleh) Subjektif. Kreatif berbicara tentang proses penciptaannya, informatif tentang isi yang disampaikan, menghibur tentang gaya penulisan yang digunakan, dan boleh subjektif tentang cara penuturannya.

Dengan demikian, feature dapat dikatakan sebagai tulisan kreatif yang dimaksudkan terutama untuk menghibur dan memberi informasi tentang suatu peristiwa, keadaan, atau aspek kehidupan, yang kadang disampaikan secara subjektif.

Apakah Features adalah berita? YA !, karena dia pun mengikuti proses jurnalis. Ada DATA ada FAKTA, titik.

Secara inti, penulisan feature adalah sama seperti penulisan “hard news” pada berita, yaitu mencakup enam unsur (1) What, (2) Who, (3) When, (4) Where, (5) Why, dan (6) How, atau “5W 1H”.

Sebelum mulai menulis feature, tahap-tahap berikut ini ada baiknya diketahui dan dilakukan penulis:

  1. Menemukan peristiwa dan jalan cerita.
  2. Cek, ricek, dan triple cek jalan cerita.
  3. Memastikan sudut berita (point of view).
  4. Menentukan lead atau intro/bagian pembuka.
  5. Menulis berita.

And I like it !

(Red-01/Foto.ist)

 

Tentang RedaksiKJ 1757 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan