APA MANFAAT DUA BENDUNGAN BAGI WARGA LAMPUNG TIMUR ?

APA MANFAAT DUA BENDUNGAN BAGI WARGA LAMPUNG TIMUR ?

KoranJokowi.com, Bandung : Memang benar Pemerintah sedang membangun 2 (Dua) Bendungan di Lampung dengan harapan mampu mendukung Lampung sebagai Lumbung Pangan Nasional.

Pemerintah melalui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap besar, pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan Karena alan meningkatkan potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang pastinya akan menumbuhkan ekonomi lokal.

Maka melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BWWS) Mesuji Sekampung, khususnya Ditjen Sumber Daya Air terus berpacu dengan waktu menyelesaikan pembangunan 2 bendungan Itu, yaitu; Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu dan Bendungan Margatiga di Kecamatan Margatiga,Kab.Lampung Timur.

Kelak kehadiran 2 bendungan baru tersebut akan melengkapi sistem pengelolaan air, termasuk suplai irigasi yang berasal dari Bendungan Batutegi yang sudah beroperasi sejak tahun 2005.

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik yang akan dimanfaatkan untuk menambah areal irigasi seluas 15.000 hektare.

Dengan pembangunan ini, ditargetkan suplai irigasi meningkat menjadi seluas 70.000 hektar, sehingga meningkatkan intensitas tanam menjadi 260 % terutama untuk Kabupaten Pringsewu.

Bendungan ini juga akan menyediakan air baku untuk Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2.480 liter per detik, potensi listrik 5,4 Mega Watt, mereduksi banjir sebesar 185 meter kubik per detik serta menjadi objek wisata di Kabupaten Pringsewu.

Adapun Bendungan Way Sekampung, mempunyai anggaran sekitar Rp.1,7 triliun. Pengerjaannya terbagi menjadi dua paket yang dikerjakan oleh PT. PP dengan nilai kontrak Rp. 873 miliar dan PT. Waskita Karya sebesar Rp.829 miliar.

Sedangkan untuk Bendungan Margatiga saat ini juga tengah dalam tahap pembangunan dengan kapasitas tampung total 147,94 juta meter kubik di hilir Sungai Way Sekampung.

Pembangunan Bendungan Margatiga di Kecamatan Margatiga, Lampung Timur diproyeksikan akan mengairi lahan irigasi seluas 10.950 hektare dan sebagai sumber air baku berkapasitas 830 liter per detik.

Konstruksi bendungan dikerjakan oleh PT. Waskita Karya-Adhi, KSO dengan nilai kontrak Rp 813 miliar. Progres fisik Bendungan Margatiga hingga saat ini diperkirakan sudah lebih dari 60% dan ditargetkan selesai pada tahun 2021 sesuai data kontrak.

Benarkah ada manfaatnya?, (Red-01/Foto.ist)

Tentang RedaksiKJ 1950 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan