GEMPA BUMI SESAR LEMBANG LEBIH DAHSYAT DARI GEMPA BANTUL TAHUN 2006, “ Kota Bandung & Bandung Barat, Waspada !!”

GEMPA BUMI SESAR LEMBANG LEBIH DAHSYAT DARI GEMPA BANTUL TAHUN 2006, “ Kota Bandung & Bandung Barat, Waspada !!”

KoranJokowi.com, Bandung : Patahan Lembang  atau  Sesar Lembang (Lembang Fault) adalah sebuah patahan geser aktif yang terletak di Kecamatan LembangKabupaten Bandung BaratJawa Barat. Sesar Lembang mengalami pertemuan dengan Sesar Cimandiri di Padalarang. Patahan ini memanjang dari padalarang hingga Jatinangor yang kira kira memiliki jarak sekitar 29 Km dengan kedalaman  17-25 Km kedalam bumi. Menurut BMKG, patahan ini bisa menyebabkan gempa berkekuatan sekitar 6,4 – 7 Skala ritcher

Hasil kajian terbaru tahun 2017 laju pergeseran Sesar Lembang sekitar 3,0 – 5,5 mm/tahun. Angka ini bertambah dari prediksi tahun 2011 yang menyebut laju pergeserannya 2,0 – 4,0 mm/tahun

Kerusakan yang bisa terjadi dari gempa yang diakibatkan oleh Sesar Lembang dapat berdampak buruk pada Bandung dan sekitarnya. Bahkan dapat berpotensi sangat menghancurkan kota Bandung. Sebuah studi menyebutkan apa yang terjadi jika gempa datang.

Sebelum gempa datang, biasanya akan ada seekor anjing yang akan menggogong keras karena naluri yang merasakan gelombang. Boleh percaya atau tidak. Sebelum menyebabkan gempa, Sesar Lembang akan ada gelombang primer dengan kecepatan dapat mencapai 5 km/detik sebelum gelombang yang lebih merusak (Gelombang-S) datang yang tidak akan bisa diprediksi kapan terjadinya yang diperkirakkan datang 30 – 90 detik sebelum gelombang selanjutnya datang

Beberapa pertanyaan mengenai Kapan terjadinya gempa dari Sesar Lembang masih belum terungkap. Namun Riset Sesar Lembang disertakan dalam The Geology of Indonesia (1949), kitab babon yang ditulis oleh van Bemmelin untuk para geolog Indonesia. Ia menyebut pertama kali Sesar Lembang aktif sekitar 100.000 tahun yang lalu, bertepatan dengan pembentukan Kaldera Gunung Sunda yang artinya Sesar Lembang terbentuk bersamaan dengan Kaldera tersebut.  Namun kemuidian Pada tahun 1996, Peneliti Jan Nossim di Kampung Panyairan, Cihideung, menunjukkan pertama kali Sesar Lembang aktif sekitar 24.000 tahun silam.

Gunung batu Lembang yang berlokasi di Desa PagerwangiKecamatan LembangKabupaten Bandung Barat (KBB)  disebut sebagai puncak dari Sesar. Padahal saat ini para wisatawan atau pengunjung dapat melakukan beberapa kegiatan seperti berkemah, menikmati suasa di puncak gunung, dan lain sebagainya disana.

Dari berbagai sumber, KoranJokowi.com menghimpun informasi jika akan ada ‘kerawanan bencana Sesar Lembang yaitu   atas  5 kecamatan di Kab. Bandung Barat (KBB) karena berada di jalur patahan lembang termasuk di dalamnya 90-an sekolah. Karena lagi, patahannya itu meliuk seperti ular dan  melintas di Kecamatan Lembang, Parongpong, Cisarua, Ngamprah, sampai Padalarang yang juga melintasi 52 desa. Maka tubuh ular itu akan meronta kesana-kemari…

Kekhawatiran itu kemudian menjadikan Relawan Jokowi yang tergabung dalam KoranJokowi, KoranLembang ,  MediaUmmat , KPPJ & KPPKBB  kongkritkan dengan sibuk menanam pohon skitar 1,2 juta  pohon sejak tahun 2015 lalu sekaligus sebagai ‘kecintaan’ kami kepada alam dan bumi yang kami pijak sekaligus berharap bencana Sesar Lembang itu tidak akan terjadi.

Kedahsyatan Gempa bumi yang diakibatkan Sesar Lembang pun dikhawatirkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil karena jika mengakibatkan gempa sebesar 6,4 – 7 Skala ritcher  maka potensi kerugiannya  diperkirakan mencapai Rp 51 triliun. Karena dahsyatnya melebihi gempa bumi seperti di Bantul, DIY tahun 2006 lalu.

Gempa Bumi Bantul atau Gempa Bumi Yogyakarta adalah gempa Bumi tektonik kuat yang mengguncang DIY dan Jawa Tengah pada Sabtu pagi27 Mei 2006 kurang lebih pukul 05:55:03 WIB selama 57 detik yang berkekutan lebih rendah dari Sesar Lembang karena gempa Bantul hanya sekitar 5,6 – 5,9 SR namun memakan korban tewas lebih dari 6.234 orang.

Re-Check,

SESAR LEMBANG DAN TEBING KERATON

Tebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa CiburialBandung yang berbatasan dengan KBB. Tebing Keraton juga merupakan daratan yang menjorok ke jurang dan berada di jalur Patahan Sesar Lembang teptnya di titik 21 Km. Disana saya melihat kini dipasangi papan dan panel informasi tentang Sesar Lembang.  ‘Mengerikan !

ALLAHUMMA INNII AS’ALUKA KHOIROHAA, WA KHOIROMAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIH, WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHAA WASYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA ARSALTA BIH.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Hindari kami dari bencana gempa bumi Sesar Lembang, Aamiin Yarabilalamiin.

(Red-01/Foto.ist)

Check it dot,

 

Tentang RedaksiKJ 1757 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan