PAK PRESIDEN JOKOWI, TERIMA-KASIH DANA DESA BANYAK MEMBANTU WARGA DESA MELATI II KAB. SERDANG BEDAGAI SUMUT UNTUK ‘GO-NASIONAL TAHUN 2021-2024.

PAK PRESIDEN JOKOWI, TERIMA-KASIH DANA DESA BANYAK MEMBANTU WARGA DESA MELATI II KAB. SERDANG BEDAGAI SUMUT UNTUK ‘GO-NASIONAL TAHUN 2021-2024.

Koranjokowi.com,Sumut:   Terciptanya kemajuan ekonomi di daerah pedesaan adalah salah satu program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menuju Indonesia Maju sehingga beliau mengambil kebijakan dengan mengalokasikan Dana desa   keseluruh desa di Indonesia lewat Kementerian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  sejak tahun 2015 –  2020 ratusan trilliun rupiah telah dikucurkan Pemerintah Pusat untuk Program Membangun Desa Maju dan Mandiri.

Dengan adanya Dana Desa tersebut memungkinkan setiap Desa yang berjumlah 75.436 dessa ( Data statistik 2018) diseluruh Indonesia mampu membangun desanya. Salah satu  contoh desa yaitu Desa Melati II yang berada di Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai dengan jumlah penduduknya 16.800 jiwa ( Data 2019) dan 6030 KK yang terdiri dari 23 Dusun yang telah merasakan dampak adanya Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat.

Supardi (48) selaku Kepala Desa Melati II menyikapi bahwa Dana Desa itu merupakan motivasi untuk menjadikan Desa Melati II akan jauh lebih baik dari sebelumnya. “Penduduk Desa Melati II terdiri dari berbagai etnis/suku yaitu Jawa 80%, Batak 5%, Banten 3%,Melayu 1.8% dan Bali 0.2 % yang menjadikan corak budaya dan adat masyarakat Desa Melati II sebagai keanekaragaman suku dalam mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika, walau berbeda suku adat istiadat tetap memiliki satu tujuan, dalam membangun Melati II kepada kehidupan penuh rukun damai dan sejahtera. Desa Melati II merupakan Desa Murni yang  memungkinkan menjadi Desa Wisata Tani, kami Desa murni bukan Desa Adat atau juga bukan Desa Perkebunan. Kehadiran Dana Desa merupakan semangat membangun secara bbersama “, ungkap Kades Supardi, ditambahkannya  Desa ini berjarak 1 jam tempuh kendarraan dari kot Meda, luas wilayah 1.180 Ha,  980 Ha adalah lahan persawahan/pertanian maka warga desa pun mayoritas petani dan buruh tani.

Pada tanggal 13 Maret 2018 desa Melati II mendirikan Badan Usaha Milik atau BUMDes yang dinamakan BUMDes “MADANI”dan dengan ini jugalah dibangun prasarana Pasar Desa dengan anggaran Rp. 70 juta yang bersumber dari Dana Desa Melati II tahun 2018 Rp.819.917.997 dengan tujuan para pedagang  lokal  dan luar desa mendapatkan fasilitas  nyaman dalam bertransaksi dan tentunya ini akan memberikan kontribusi untuk pendapatan Desa Melati II. Setahun kemudian tahun 2019, BUMDes “Madani” mengalokasikan dana sebesar Rp.150 juta bersumber dari Dana Desa Melati II yang berjumlah Rp. 850.749.967 untuk membangun Desa Wisata Tani.

Keyakinan Supardi bahwa Desa Melati II mampu menjadi Desa Wisata Tani sekalipun iklim desa Melati II tidak seperti didesa pengunungan membuahkan hasil  dimana Desa Melati II telah mewujudkan dirinya menjadi Desa Wisata Tani seperti halnya Panteng Kleset menjadi lokasi wisata yang memanfaatkan sungai/irigasi yang berada dikawasan persawahan. Pada lokasi tersebut pihak BUMDes “Madani” menyediakan Motor ATV dan sepeda serta menambah fasilitas pendukung lainnya yaitu membangun kamar mandi, joglo serta wahana permainan anak dengan harga yang sangat terjangkau.

Dilain tempat juga BUMDes “Madani” melakukan kerjasama mitra dengan pemilik usaha kebun jeruk bertujuan terciptanya Wisata Edukasi Petik Jeruk Sendiri  juga dilengkapi fasilitas kamar mandi. Belum lagi dengan dibentuknya Kelompok Tani Mulia Jaya di Melati II, kelompok ini berhasil mewujudkan sebuah Wisata edukasi Peras Susu Kanbing Etawa.

Supardi menyampaikan bahwa untuk kedepannya Desa Melati akan terus berinovasi demi terwujudnya Visi Desa yaitu Membangun Desa Melati II disegala bidang dengan mengedepankan akhlakul karimah. ” Kedepannya Wisata Desa Tani di desa kami,dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dan saya berharap kedepannya jumlah dana desa yang diterima oleh desa kami untuk tetap di proporsikan”, ucapnya kepada awak media koranjokowi.com.

Hingga saat ini Desa Melati II telah menyiapkan produk Desa Wisata Tani Melati II mulai Paket I,  Paket III hingga Paket Khusus yaitu Paket Pendidikan dan Paket Study Tour. Dan dengan adanya Wisata Desa Tani ini, Desa Melati II  kedatangan banyak pengunjung dari berbagai daerah dan ditambah lagi cukup banyak perwakilan berbagai desa dari kabupaten di Propinsi Sumatera Utara berkunjung dalam rangka  Study Tiru Desa ataupun study banding.

KoranJokowi.com merasa bangga bahwa penyerapan Dana Desa yang tepat di Desa Melati II ini telah banyak membawa berkat bagi warga desa, Provinsi Sumut pun layak bangga. Mari bantu Desa Melati II  ‘Go-Nasional !  ( RP)

Tentang RedaksiKJ 760 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan