LAPOR PAK PRESIDEN, … DEMO MAHASISWA SUMENEP JATIM TENTANG MENOLAK TAMBANG FOSTAT BERAKHIR ‘SENYUM. ‘SEKIAN !

Presiden Joko Widodo (kiri) berpidato saat penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019). Presiden menyerahkan 3.800 sertifikat tanah untuk warga di Kabupaten Purworejo. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.

LAPOR PAK PRESIDEN, … DEMO MAHASISWA SUMENEP JATIM TENTANG MENOLAK TAMBANG FOSTAT BERAKHIR ‘SENYUM. ‘SEKIAN !

KoranJokowi.com, Sumenep, Jatim : Hari ini From Perjuangan Mahasiswa (FPM) Sumenep kembali melakukan aksi Demonstrasi di Gedung DPRD, mereka menolak keras adanya upaya penambangan Batu Fosfat yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Dalam Orasi nya Ariya Dinda Nurmala Putri atau disapa Dinda, menolak rencana penambangan batu Fosfat, atau batu kars yang akan di tambang oleh pihak perusahaan, namun rencana itu akan berdampak kerusakan lingkungan yang sangat besar. “Dalam segi pendapatan Sumenep itu daerah mayoritas penduduk nya masih tergantung kepada sumberdaya alam. Sedangkan populasi masyarakatnya kisaran mencapai 1.088.910 jiwa yang terdiri dari perempuan 570.923 jiwa dan laki-laki 51.987 jiwa,” Ucap Dinda Korlap Aksi di depan Gedung DPRD Sumenep.

Menurut Dinda, sektor serapan tenaga kerja terbesar merupakan pertanian. Namun pemerintah Kabupaten Sumenep justru mengeluarkan kebijakan yang akan menggeser sektor Agrarian dengan merencanakan review rencana tata ruang Wilayah (RT/RW) 2013-2033.“Terdapat wilayah ekploitasi tambang fosfat di 8 wilayah dengan konversi lahan kurang lebih 826.000 Hektar dan di Prediksi akan terus meningkat, karena Pemerintah akan menambah 9 wilayah ekploitasi tambang fosfat,”

Namun, dalam Rapat dengar pendapat umum rencana penyelengaraan penambangan Fosfat di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Sumenep, yang di hadiri oleh Ketua DPRD, Fraksi-fraksi, Bapedda, DPMPTSP, Satpol PP, Sumenep Hijau, PMII, HMI, GMNI.

Dari hasil kesepakatan Rapat Dengar Pendapat Umum, bahwa rencana penyelenggaraan penambangan fosfat. Sebagai jalan tengah dari semua pendapat dan aspirasi yang muncul dalam forum rapat antara lain.

1.Potensi Fosfat di beberapa kecamatan di Kabupaten Sumenep, sepakat dapat dimunculkan dalam revisi Perda RT/RW.

2. Penambangan Fosfat sepakat tidak boleh di laksanakan karena faktor ketidak siappan Pemerintah Daerah dan investor dalam menanggulangi dampak kerusakan lingkungan.

Any body happy !

Amiin YRA

( Pri/Foto.ist)

Tentang RedaksiKJ 1382 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan