Bupati Sigi provinsi Sulawesi tengah, membuka Rakor kependudukan tingkat kabupaten

Bupati Sigi provinsi Sulawesi tengah, membuka Rakor kependudukan tingkat kabupaten

Koran Jokowi.com. SiI :Bertempat di Aula Kantor Bupati Sigi, Senin 26 April 2021, Bupati Sigi Mohamad Irwan,S. Sos,M.Si, didampingi Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Kepala BKAD Kabupaten Sigi, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Kependudukan Tingkat Kabupaten Sigi Tahun 2021. Rakor ini dihadiri pula oleh Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sigi, Kadis PMD Kabupaten Sigi, para Camat, dan para Kepala UPT Dukcapil.

Bupati mengatakan bahwa rapat koordinasi Ini merupakan tindak lanjut dari rapat yang dilaksanakan di KPU beberapa hari yang lalu. Ada hal-hal yang memang perlu harus dikuatkan seperti data yang berulang-ulang. Beliau berharap dalam penguatan dan pemutakhiran data ini agar rangkaian kita harus terstruktur dan sistematis mulai dari tingkat Desa sampai tingkat Kabupaten. Selanjutnya Ia juga berharap agar keinginan Pemerintah Pusat melalui KPU Pusat kemarin agar bisa kita tindak lanjuti minimal data ini bisa seimbang dan berjalan dengan baik sehingga apa yang diinginkan bisa tercapai.

Selanjutnya Beliau juga mengatakan bahwa Camat menjadi ujung tombak untuk memvalidasi data tersebut. Ia berharap agar Desa melakukan musyawarah Desa yang dikoordinir oleh Camat. Bagi Desa-desa yang belum/tidak melakukan Musdes agar diberikan sangsi. Bupati berharap, data musdes,validasi data untuk orang meninggal ini bisa dipadukan/diikat di penguatan ADD.

Sementara itu, Ketua KPU mengatakan bahwa KPU dan Bawaslu tidak fokus hanya semata untuk mengurusi data pemilih karena data pemilih ini bagian terkecil dari semua data kependudukan yang ada. Data pemilih juga dipengaruhi dengan adanya yang meninggal dunia, ganda, tidak memiliki KTP elektronik. Oleh karena itu KPU berkomitmen tidak semata-mata hanya data pemilih.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu mengatakan bahwa Bawaslu dan KPU membutuhkan bantuan Pemda dalam pemutakhiran data berkelanjutan untuk menghadapi Pemilu Nasional 2024. Pada kesempatan itu juga Beliau memberi saran agar tindak lanjut dari rakor ini apabila sudah dilaksanakan di Kecamatan dapat disandingkan data-datanya.

(Faisal/Hms)

 

Tentang RedaksiKJ 1045 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan