Kabar Kab. Kuansing – (21), ” PIYE  KABARE BUMDES – BUMDES DI KAB. KUANSING RIAU ?”

Kabar Kab. Kuansing – (21), ” PIYE  KABARE BUMDES – BUMDES DI KAB. KUANSING RIAU ?”

KoranJokowi.com, Kab. Kuansing, Riau : Dari 218 desa yang ada di kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, 99% nya telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) bertujuan untuk menggerakkan dan meningkatkan ekonomi desa namun hal itu jauh dari harapan pemerintah pusat yang telah mengucurkan anggaran triliunan rupiah.bagaimana tidak,dari sekian banyaknya desa yang telah membentuk bumdes, 70 % nya di duga tidak berjalan atau tidak beroperasi. ada apa???

Saat dikonfirmasi Ketua Forum Kepala Desa kab. Kuantan Singingi – Solahudin via pesan singkat WhatsApp nya mengatakan, …“Terkait dengan pertanyaan bapak saya belum bisa jawab dengan data tentang banyaknya bumdes yg tidak jalan, Dari 218 desa didorong untuk mendirikan Bumdes dengan alokasi dana dari bantuan khusus dari provinsi riau tahun 2019.  Alhamdulillah 99% Desa di Kuansing sudah terbentuk Bumdes, selanjutnya untuk mengembangkan Bumdes tentunya perlu Sumber Daya manusia (SDM)  itu sendiri maupun Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh masing-mading Desa. sekarang sedang dilakukan Identifikasi kondisi Bumdes masing-masing desa, jadi belum bisa di simpulkan bumdesnya tidak jalan, masalah pasti ada maklum kita baru proses dan pelan-pelan kita akan berupaya memberikan penguatan pada pemdes, dan Pengurus Bumdes untuk mengelola secara profesional, transparan dan Akuntabe”, .ungkapnya,08/11/2021

See the source image

-Kemendes RI-

Salah seorang warga masyarakat mengadukan kepada KoranJokowi.com terkait penggunaan dana bumdes banyak penggunaaan dana bumdes yang tidak tepat sasaran, selain itu pengelolaan dana bumdes seharusnya kewenangan ketua bumdes dan pengurus bumdes, tapi kenyataan hasil investigasi KoranJokowi di lapangan penggunaan dana bumdes banyak di campuri oleh kepentingan kepala desa bahkan ada disinyalir dana bumdes di gunakan untuk keperluan kepala desa.

Untuk itu KoranJokowi.com mendesak institusi penegak hukum, Kejari maupun Tipikor polres Kuansing mengusut penggunaan dana bumdes disetiap desa di Kuansing.

Saat KoranJokowi mengkonfirmasi terkait laporan masyarakat terhadap penyelewengan dana bumdes di salah satu desa di kecamatan gunung Toar kepada Kejari Kuansing – Hadiman melalui Kasi Intel – Rinaldi Adriansyah,SH melalui pesan whatshapnya menjawab bahwa ini sedang proses. ‘Alhamdulillahirabilalamiin…

BERSAMBUNG

(Rwd/Foto.ist)

Lainnya,

KAJARI KUANSING DIANGGAP MEMELINTIR CERITERA ? – KORAN JOKOWI

Kabar Kab. Kuansing – (20), MAHASISWA TUDING KAJARI KUANSING UGAL UGALAN  & GADUH !? – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3088 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Kabar Kab. Kuansing – (22), SAMPAH DI KAB. KUANSING RIAU TANGGUNG-JAWAB SIAPA ? - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan