Lapor Pak Kapolda Riau ! – (37), “POLRES KUANSING SEDIKIT PERSONIL, NAMUN KERJA SUKSES ADALAH JAMINAN “

Lapor Pak Kapolda Riau ! – (37), “POLRES KUANSING SEDIKIT PERSONIL, NAMUN KERJA SUKSES ADALAH JAMINAN “

KoranJokowi.com, Kab. Kuansing, Riau : Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK, M.Si didalam konferensi pers mengungkapkan jika pihaknya kekurangan personel sejumlah 602 personel. Sejatinya personel ideal di Polres Kuansing sebanyak 1.114 personel, namun nyatanya Polres hanya memiliki 512 personel. Hal ini disampaikan Kapolres di ruang Rupatama Polres Kuansing.Selasa,(28/12/2021) Siang. Akan tetapi, kekurangan personil tersebut tidak mempengaruhi ataupun melemahkan polres Kuansing untuk melakukan tugasnya sebagai salah satu aparat penegak hukum (APH) diwilayah Kuansing.

Selain itu Kapolres Kuansing yang di dampingi sejumlah pejabat utama memberikan  Penghargaan kepada  19 orang Personil Polres yang dinilai berhasil dalam menjalankan tugas – tugas dilapangan. Bukan hanya penghargaan saja,Kapolres Kuansing juga memberikan Punishmen atau sanksi  terhadap 4 (Empat)Personil Polres yang  melanggar kode etik serta sanksi disiplin untuk 16 personil lainnya.

Ia pun memaparkan pencapain kinerja Selama tahun 2021,diantaranya, jumlah tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Kuansing sebanyak 266 kasus antara lain; kasus narkoba 67 kasus berhasil diselesaikan 100 persen, sedangkan 199 kasus lainya terdiri dari tindak pidana konvensional 178 selesai 124 dan  tindak pidana khusus sebanyak 21 selesai 23, jadi penyelesaian perkara sebanyak 147 kasus atau 73,87 persen.

Dari jumlah tindak pidana yang terjadi selama tahun 2021 sebanyak 266 kasus tersebut, jenis kejahatan terbanyak diluar kasus narkoba, adalah tindak pidana pencurian dengan pemberatan 34 kasus, kemudian tindak pidana penganiayaan ringan 29 kasus dan tindak pidana penambangan tanpa izin/LH 18 kasus, curanmor 17 kasus, pengeroyokan 13 kasus, penggelapan 11 kasus dan perjudian 10 kasus.

Sementara untuk tindak pidana penyalahgunaan narkotika berhasil diungkap 67 kasus, melebihi target untuk tahun 2021 ini yaitu 60 kasus, dengan jumlah tersangka sebanyak 92 orang, terdiri dari laki-laki 86 orang, perempuan  6 orang. Sedangkan total barang barang bukti narkotika yang diamankan berupa shabu sebanyak 465,69 gram, daun ganja kering sebanyak 27,6 gram dan pil ekstasi nihil. Perbandingan dengan tahun 2020 untuk kasus adanya penurunan 2 kasus , tetapi untuk tersangka adanya peningkatan, yaitu 5 tersangka meningkat dari 87 orang .

Untuk kasus-kasus menonjol atau atensi selama tahun 2021, Jajaran Polres Kuansing juga berhasil mengungkap 2 kasus kekerasan terhadap orang hingga menjnggal dunia jumlah tersangka yang diamankan sebanyak 3 orang, dalam proses sidang dan sudah ada yang vonis pengadilan.

Kemudian disampaikan tentang data kecelakaan lalulintas yang terjadi selama tahun 2021 sebanyak 55 kejadian, jumlah tersebut lebih kecil jika dibandingkan data lakalantas pada tahun 2020 lalu sebanyak 59 kejadian.

Seiring dengan itu, jumlah korban meninggal dunia akibat lakalantas selama tahun 2021 juga terjadi penurunan, dimana pada tahun 2020 lalu korban Meninggal Dunia sebanyak 22 orang dan tahun 2021 sebanyak 16 orang.
Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas tahun 2021 penyebab terjadi kecelakaan terdata adalah fsktor Manusia 53 kasus dan faktor kendaraan 2 kasus.

Kemudian untuk program percepatan vaksinasi Covid-19, Polres Kuansing dan seluruh jajarannya telah bekerja keras menyukseskannya bersama seluruh stakeholder yang ada, dari sasaran sebanyak 258.199 orang/dosis, Tercapai yang telah divaksin dosis I sebanyaj187.920 atau 72,78 persen dan dosis II sebanyak 101.722 dosis atau 39,40 persen .

Pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat terus berlanjut disetiap kecamatan, juga di Pos Pam dan yang ada di perbatasan wilayah kabupaten Kuansing satgas covid 19 siap untuk melakukan vaksin di tempat bagi masyarakat yang belum vaksin, hingga terciptanya herd immunity secara menyeluruh di kabupaten Kuansing

Mengakhiri Konferensi Pers tersebut, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata S.Ik M.Si menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kuansing apabila dalam memberikan pelayanan Kepolisian terhadap masyarakat Kabupaten Kuansing belum sepenuhnya sesuai harapan masyarakat, “Mohon maaf, kedepan kami akan terus berupaya memberikan pelayanan lebih baik sesuai dengan harapan kita semua”, ujar Kapolres Kuansing

Dalam rangka menyambut tahun baru 2022, agar jangan lengah dan kendor, tetaplah disiplin menerapkan protokol kesehatan dan dianjurkan untuk mengurangi mobilitas keluar rumah, guna mencegah terjadinya lonjakan penyebaran Covid-19 pada saat liburan akhir tahun 2021 ini ” tutup Kapolres Kuansing

(Rwd/Foto.ist)

 

Lainnya,

Kabar Kab Kuansing Riau (23),  ” Sudah 6 Tahun BUMD Kuansing Tidur !? ” – KORAN JOKOWI

Lapor Pak Kapolda Riau ! – (36), ” IRJEN M.IQBAL, KAPOLDA RIAU  RASA BARU ” – KORAN JOKOWI

 

Tentang RedaksiKJ 3088 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kabar Kab Kuansing Riau (23), "BPBD ADALAH PRIORITAS, JADI KAMI DAHULUKAN !" - KORAN JOKOWI
  2. Cinta Polri (9), KANGEN AKP JANPITER NAPITUPULU & KONFLIK TIADA HENTI DI PERCUT SEI TUAN - KORAN JOKOWI
  3. Kapolda Riau - Irjen M Iqbal, Kejaksaan Adalah Mitra Strategis Dalam Penegakan Hukum - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan