Kabar Jakarta (51), HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL (HPSN)  2022

Kabar Jakarta (51),

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL (HPSN)  2022

KoranJokowi.com, Jakarta : Jika pada tahun 2021 Hari sampah Nasional diperingati tangal  21 Februari 2021, yang menurut Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati. Menurutnya ada tiga tujuan dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 yang kala itu juga di publikasikan oleh  Koranjokowi.com,yang diperingati 21 Februari . Pertama, memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi; Kedua, kata Vivien, memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah. Ketiga, memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi. Demikian juga dalam peringatan Hari sampan Nasional yang puncaknya akan berlangsung  21 Februari 2022 nanti.

“Ayo ubah sampah menjadi berkat, biru langitku, Hijau Bumiku dan sejahtera keluargaku”, Pastor Paroki & Sie LH St Servatius

            Berdasarkan Surat Edaran Menteri  Lingkungan Hidup  dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: SE.1/MENLHK/PSLB3/PLB )/1/2022 Tentang  : Hari Peduli Sampah Nasional  2022.Dalam Edaran MenLHK itu menyebutkan  Hari Peduli Sampah  Nasional (HPSN) 2022 dimaksudkan untuk Pelembagaan  Kepedulian  Sampah  ditengah masyarakat  dengan perspektif Iklim yaitu ketahanan ekologi,ekonomi dan sosial masyarakat.

Peringatan  HPSN 2022 menurut Kemen LHK  bertujuan : 1)Meningkatkan kesadaran  dan  kepedulian  seluruh Stakeholders terhadap pemilahan sampah. 2) Memperkuat komitmen untuk melaksanakan aksi lokal adaptasi dan  itigasi  perubahan iklim  secara berkelanjutan. 3) Memperkuat  aksi mitigasi  dari sektor limbah  untuk mendukung pencapaian target NDC. 4)  Sosialisasi, edukasi  tentang mengelola sampah  dan Proklim dimasyarakat.  5)  Memperkuat peran Pemerintah , Pemerintah Daerah,  masyarakat dan pihak tekait  lainnya, dalam pengelolaan sampah  yang komprehensif  guna memperkuat aksi nyata  pengendalian  perubahan iklim  ditingkat  tapak.

See the source image

            Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati.di Jakarta, mengatakan ,HPSN harus dijadikan platform untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian.

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati bangsa Indonesia setiap tanggal 21 Februari harus menjadi momentum berharga untuk mewujudkan langkah penting menggerakkan kolaborasi ekonomi sirkular menuju Indonesia Bersih 2025. Ia menegaskan kembali bahwa momen tersebut juga harus menjadi sebuah perwujudkan dalam prinsip mengelola sampah, di mana sampah diubah jadi bahan baku dalam ekonomi sirkular, juga mengubah sampah menjadi sumber energi. ujar Rosa  Vivien.

See the source image

“Dalam rangka mencapai target strategis untuk mengurangi sampah 30 persen dan menangani sampah 70 persen pada tahun 2025, maka pemerintah tidak bisa sendiri. Keterlibatan Pemerintah Daerah, dunia usaha, LSM, komunitas, organisasi keagamaan, pelajar dan mahasiswa, organisasi perempuan, serta masyarakat luas sangatlah dibutuhkan,” lanjut dia.

                Menurut Rosa, sinergi dari seluruh lapisan masyarakat dalam mengelola sampah secara komprehensif, serta terintegrasi dari hulu ke hilir bakal membuat Indonesia mampu membangun pengelolaan yang baik dan berkelanjutan guna mencapai target yang dicanangkan.

(Ring-o/Foto.ist)

Lainnya,

Kabar Jakarta (50), KEBUN SAUNG KURING JATI MURNI BEKASI MENJADI VIRAL – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3843 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Kabar Jakarta (52),"ANIES DIBULLY PDIP, GOLKAR & GUBES UNIV.AIRLANGGA ?" - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan