PRO-KONTRA U20 ISRAEL & KAPAN KITA BOIKOT PRODUK ISRAEL?

PRO-KONTRA U20 ISRAEL & KAPAN KITA BOIKOT PRODUK ISRAEL?

Koranjokowi.com, OPini :

Polemik keikutsertaan tim nasional (timnas) Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia tgl. 20 Mei – 11 Juni mendatang masih bergulir. Banyak tokoh dan organisasi Tanah Air yang menolak keikutsertaan timnas Israel ini. Bahkan dikalangan pria – pria usai Sholat taraweh  malam ke-5 lalu yang saya temui disisi kiri Masjid ‘xxxxx’ dimana tadi kami sholat taraweh disana pun tidak kalah seru. ‘uhuy.

“Ini era demokrasi brow, lihat saja perbedaan sikap yang terjadi diantara para petinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yaitu  KH. Said Aqil Siradj dan  KH. Yahya Cholil Staquf memiliki pandangan berbeda. Pak Said menolak kehadiran timnas Israel namun pak Yahya sebaliknya, lalu posisi umat harus bagaimana?”, ungkap pria berkopiah warna merah

"It’s a fight about territory": Dr Gil Merom.

Berapa Lama Sholat Tarawih Berjamaah di Malaysia?

Pria lain yang berkemaja koko coklat sambil menyalakan rokoknya menimpali, “Saya sepakat dengan pak Yahya, biar saja ini kan olah-raga , ngapain dihubung2kan dengan politik.  Kita kembangkan positioning Indonesia melalui FIFA saja sehingga Indonesia mempunyai posisi moral untuk solusi Palestina,”

“Solusi apanya?, ini sudah puluhan tahun , saya pribadi mendukung pak Said, menolak kedatangan tim Israel pastinya. Saya jadi mempertanyakan nasionalisme sejumlah pihak yang mengijinkan tim Israel datang, kok lembek gitu ya. Lupa apa setiap detik konflik Palestina – Israel terus ada dan banyak menelan korban?“, potong pria lain yang sejadah kecilnya dikalungkan dileher.

home demolitions Sur Baher East Jerusalem ethnic cleansing Israel Palestine Mondoweiss

“Ramadhan ini kita sedikit terganggu karena pro-kontra soal ini apalagi banyak kepala daerah  ikut-ikutan menolak, padahal mereka tahu Piala Dunia U-20  ini tak berhubungan dengan politik kita , Israel dan Palestina. Ini semua berbeda”, tambah Pria ber-koko coklat yang terlihat usianya lebih sepuh dari yang lain.

Semua terdiam,

Saya pura pura membetulkan gulungan kemeja yang tadi sempat basah karena air wudhu masjid,

Semua masih terdiam …

https: img.okezone.com content 2022 06 26 51 2618531 timnas-israel-u-19-dipastikan-lolos-piala-dunia-u-20-2023-akun-instagram-ifa-diserang-netizen-indonesia-sOEHLm6TdA.jpg

Memang benar soal ini sedikitnya telah membuat ‘gaduh’ kenikmatan puasa Ramadhan 1444 Hijriah ini, apalagi media dan sosmed terus mengabarkan banyak pihak yang pro-kontra atas hal ini, diantaranya.

1.PDI Perjuangan, Melalui Ketua DPP PDIP bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan – H.Hamka Haq menyebut PDIP memahami adanya penolakan yang dilakukan masyarakat, dan ini tidak melanggar konstitusi karena sejalan dengan sikap Presiden pertama RI, Sukarno yang tidak mengakui Israel.

2.Persaudaraan Alumni 212,  PA 212, FPI, dan sejumlah organisasi masyarakat keagamaan lainnya menolak kedatangan timnas Israel ke Indonesia. Mereka bahkan menggelar demonstrasi penolakan itu pada Senin (20/3) dan mengancam akan mencegat kedatangan Timnas Israel di Indonesia.

Mungkin gambar 9 orang dan orang berdiri
3.Majelis Ulama Indonesia, melalui Ketua MUI Sudarnoto Abdul Hakim  menyebut  bahwa semua ormas Islam di Indonesia menolak kehadiran Timnas Israel ke Indonesia.

Ada pun yang setuju kedatangan tim Israel selain KH. Yahya Cholil Staquf,adalah;

1.Ali Mochtar Ngabalin, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) ini menyebut jangan mencampur aduk olahraga dan politik. Bahkan dia meminta semua pihak melihat secara jernih permasalahan ini. Lagi pula, dengan menerima timnas Israel bermain di Piala Dunia U-20, bukan berarti dukungan terhadap kemerdekaan Palestina gugur begitu saja.

2.Hikmahanto Juwana, Guru besar hukum internasional Universitas Indonesia ini mengatakan Indonesia tak bisa serta merta menolak kedatangan timnas Israel dalam ajang Piala Dunia U-20. Jika hal ini dilakukan, maka Indonesia bisa masuk daftar hitam dalam ajang olahraga dunia tersebut.


Ratusan umat Muslim turun ke jalan untuk memprotes partisipasi tim Israel di Piala Dunia FIFA U20 di Indonesia, Jakarta, 20 Maret 2023. (Foto: AP/Achmad Ibrahim)

Semua masih diam, ada yang merokok ada yang berselancar dengan Hp-nya,

Kita lupa dan tidak menyadari bahwa  selama ini banyak produk Israel yang laris di Indonesia kalau pun  Indonesia dan Israel, tidak mempunyai hubungan diplomatik sehingga tidak ada Kedutaan Besar Israel di Indonesia, pun sebaliknya Indonesia tidak memiliki kantor pemerintahan di Israel.

Mungkin gambar 4 orang, orang berdiri dan teks yang menyatakan 'Delegasi Israel di di arena 144th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly and Related Meetings di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada 20-24 Maret 2022.'

Indonesia & Israel tidak saling ‘mengunci’ perbatasan dari barang-barang yang diekspor dan diimpor. Bahkan rilis Badan Pusat Statistik di periode thn. 2016 – 2020, mengatakan meski bukan tergolong negara pemasok barang impor terbesar ke Indonesia, transaksi impor produk-produk Israel ke Indonesia ‘terus lancar’ dan nilai impor dari Israel ke Indonesia mencapai USD. 345,45 juta atau  Rp 4,9 triliun. ‘uhuy.

Selama ini produk Israel yang ‘bergentayangan’ di Indonesia adalah; Keter Plastic Ltd, Halilit, Tiny Love , Rummikub · , Taf Toys (Perlengkapan Bayi) ,  Interstar, Edushape, dsb.

Data yang terbaru sebagaimana rilis Kementerian Perdagangan, pada 2022 total nilai ekspor Indonesia ke Israel mencapai USD 185,6 juta, naik sekitar 14% dibanding tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Total nilai impor dari Israel juga naik sekitar 80% (yoy) ke USD 47,8 juta.

Jika dilihat secara kumulatif, selama periode 2018-2022 nilai ekspor Indonesia ke Israel terus  tumbuh sekitar 11%, sedangkan nilai impornya tumbuh 0,9%.

7 Delegasi Muslim Indonesia menemui Presiden Israel – Reuven Rivlin di kediamannya, Beit HaNassi, Talbiyah, Yerusalem (20/1/2017) lalu

Oh ya, dengan tidak adanya hubungan diplomatik Indonesia – Israel, maka;

  • Tidak ada hubungan secara resmi antara pemerintah Indonesia dalam setiap tingkatan dengan Israel, termasuk dalam surat menyurat dengan menggunakan kop resmi;
  • Tidak menerima delegasi Israel secara resmi dan di tempat resmi;
  • Tidak diizinkan pengibaran/penggunaan bendera, lambang, dan atribut lainnya serta pengumandangan lagu kebangsaan Israel di wilayah Republik Indonesia;
  • Kehadiran Israel tidak membawa implikasi pengakuan politis terhadap Israel;
  • Kunjungan warga Israel ke Indonesia hanya dapat dilakukan dengan menggunakan paspor biasa; dan
  • Otorisasi pemberian visa kepada warga Israel dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM c.q. Direktorat Jenderal Imigrasi. Visa diberikan dalam bentuk affidavit melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok.

Gus Dur

Gus Dur menyatakan Indonesia harus membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Foto ini diabadikan pada 12 Juni 2007, saat Gus Dur duduk bersebelahan dengan Rabbi Daniel Landes – direktur Pardes Institute of Jewish Studies di Yerusalem dan New York City (kanan) pada konferensi toleransi di Bali lalu.

Karena semua masih diam, saya pun diam – diam bergeser dari mereka, kembali ke rumah.

‘ Teori melulu, Kenapa tidak kita boikot  saja produk produk Israel itu sebelum Tgl.20 Mei yad ?

‘Ehehehe…

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

INTERNASIONAL

DUBES PALESTINA TERTIPU KAMI ?

KoranJokowi.com,Jakarta :Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair al-Shun, menegaskan dirinya hadir di acara deklarasi KAMI bentukan Din Syamsuddin karena mengira acara peringatan kemerdekaan RI. Begini klarifikasi lengkap Dubes Palestina. Klarifikasi ini disampaikan Kedubes Palestina, Rabu (19/8/2020). Dalam pernyataannya, […]

 

 

Tentang RedaksiKJ 3845 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan