Pilpres 2024 (146), “GANJAR HARUS MENANG DI SUMATERA UTARA , MAINKAN !”

Pilpres 2024 (146),

“GANJAR HARUS MENANG DI SUMATERA UTARA , MAINKAN !”

Koranjokowi.com, OPIni :

Kalau pun banyak pihak yang mencemooh, namun sudah pasti di Era pemerintahan Presiden Jokowi  sejak tahun 2014 lalu telah banyak memberikan manfaat bagi 250 juta lebih penduduk Indonesia yang tersebar di lebih 74.000 desa, sebut saja Dana desa/tahun yang semakin meningkat, infrastruktur desa-kota semakin baik, dsb  namun pastinya ada beberapa hal yang harus masih terus dibenahi khususnya yang menyangkut tentang masih tingginya permasalahan atau konflik agraria dibeberapa daerah, konflik pendirian rumah ibadah nasrani, dsb.

Kemarin (2/6) muncul perlawanan warga Dusun 11 Desa Sampali, Kab. Deliserdang Dumatera utara. Dari sumber yang tidak mau disebutkan nama yang bicara dengan saya selaku Kord.Koranjokowi.com Prov. Sumut 1 maupun sebagai DPP GANJAR PRANOWO CENTER (GRAN Center) mengatakan Dusun 11 yang  telah dihuni lebih dari 30 tahun dengan ratusan KK diatasnya hingga saat ini masih meninggalkan tanya juga derita khususnya kepada   warga pemilik  bangunan rumah, sekolah dsb  yang kini luluh lantah rata dengan bumi.

Masalahnya sepele, warga dengan PTPN II belum sepakat akan ganti rugi, warga menghendaki diatas nilai Rp.350 juta, PTPN-II sebaliknya.

Suku Batak di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara DOK. Shutterstock/Lenisecalleja Photograhy

Konflik konflik atas eks.HGU di Sumut yang selalu heboh ini mau tidak mau kita ditarik kepada ‘kenangan hitam’ maraknya konflik-konflik agraria dan perlawanan petani di Indonesia khususnya di pulau Sumatera dan Kalimantan yang memang rawan terjadinya sengketa pertanahan antara petani dengan korporasi perkebunan sejak jaman leluhur.

Bahkan Kantor Staf Presiden RI (KSP) menyatakan jika sejak tahun 2016 – 2022,  telah menerima 202 pengaduan konflik agraria  diberbagai daerah kabupaten dan kota prov.Sumut, yang kemudian disikapi Presiden Jokowi agar GubSU – Edi Rahmayadi segera membentuk tim untuk hal ini sekitar Juli 2022 lalu. Semakin sedih kita semua saat Provinsi Sumatera Utara disebut menempati urutan teratas provinsi yang menempati angka konflik agraria tertinggi karena ini bukan prestasi.

“Keseriusan kami dalam ikut serta meminimalkan konflik agraria di Sumut, khususnya dalam  menyambut baik terbentuknya TIM GUGUS TUGAS REFORMA AGRARIA PROV. SUMATERA UTARA sebagaimana KepGUBSU.No. 188.44/330/kpts/ 2023, Tgl. 2 Mei 2023 lalu,  kami telah kirimkan surat permohonan audiensi kepada GubSU melalui surat kami tgl. 25 Mei 2023, no. 25001b/Kj-Red/V/2023. Up.Kabiro Hukum , Bpk, Dwi Aries Sudarto”,demikian PimRed – Arief P.Suwendi yang juga DanBrigade Nasional GRAN Center. “Semoga segera mendapat waktunya”

Teman teman Koranjokowi.com & GRAN Center dimana saja berada,

Perlawanan-perlawanan petani Indonesia terhadap perkebunan telah muncul sejak dahulu, seperti pemogokan atas tanam paksa hingga pemberontakan, sebagaimana terjadi di Langkat dan Deli pada tahun 1872 yang dikenal sebagai Perang Batak.

Pemberontakan tersebut merupakan sikap pertentangan masyrakat Karo terhadap Sultan Deli yang menyewakan tanah leluhur mereka kepada kolonial Belanda untuk memperluas perkebunan tembakau. Sampai saat ini perlawanan rakyat terhadap perkebunan masih tetap berlangsung, meskipun dalam versi baru, tetapi masih menunjuk perkebunan yang telah dinasionalisasi.

Di Sumut banyak orang bilang konflik lahan meluas karena investasi dan praktik bisnis di sektor perkebunan monokultur yang melakukan praktik perampasan tanah dan penggusuran masyarakat.Selain itu,  banyak HGU terbit di atas perkampungan dan wilayah adat.

Tahun 2022, sektor perkebunan menjadi penyebab konflik agraria tertinggi bahkan sejak satu dekade terakhir. Pada 2022, KPA mencatat,  ada 99 kasus agraria di sektor perkebunan dengan luasan 377.197 hektar dan korban 141.001 keluarga. Sedangkan, teh, kelapa, kakao dan karet menyumbang masing-masing empat konflik. Perkebunan kopi dan tebu ada satu kasus.

Selain perkebunan, pembangunan infrastruktur pada 2022 ada 32 kasus. Proyek berlabel strategis nasional banyak munculkan konflik dibeberapa daerah, dan membuat Presiden Jokowi ‘pening, seperti pembangunan Bendungan Bener, tol Demak-Semarang (Jawa Tengah), proyek ibukota negara beserta proyek infrastruktur penunjangnya seperti Tol Balikpapan-Samarinda dan Bendungan Sepaku Semoi (Kalimantan). Ada juga Waduk Lambo (NTT), bendungan di Gorontalo dan lain-lain.

Jika di-era Presiden Jokowi saja ‘banyak kasus yang mandeg bagaimana setelah beliau lengser tahun 2024 yad, maka mari kawal GANJAR PRANOWO agar menjadi Presiden RI tahun 2024-2029 yad sekaligus meneruskan keseriusan dalam hal penyelesaian konflik agraria di Sumut. 

(BudiDG/Foto.ist)

Lainnya,

KONFLIK AGRARIA DI SUMUT SEMBUH PAKAI MINYAK KAYU PUTIH !?

KONFLIK AGRARIA DI SUMUT SEMBUH PAKAI MINYAK KAYU PUTIH !? Koranjokowi.com, OPini : Teman teman Relawan Jokowi Ahok, khususnya yang di Sumatera utara, Hampir satu-tahun ini saya belum ada kesempatan untuk menginjakan kaki lagi ke […]

FOTO BICARA INDONESIA

Kabar Sumatera (86), “Bagaimana Jadinya Jika Ibu ibu Desa Sampali Sumut ini Ke Istana Jakarta ? “

Kabar Sumatera (86), “Bagaimana Jadinya Jika Ibu ibu Desa Sampali Sumut ini Ke Istana Jakarta ? “ Koranjokowi.com, OPini : Keinginan bertemu dengan Presiden Ir H Joko Widodo (Jokowi) demikian melekat & berkecamuk dibenak warga […]

Kabar Riau (178), “GONG !, KEPALA UPT.KPH.KUANSING INI PUN UNJUK GIGI !”

Pilpres 2024 (145), “GANJAR PRANOWO CENTER METAMORFOSIS KORANJOKOWI.COM. MOELDOKO CAWAPRESNYA?”

Pilpres 2024 (145), “GANJAR PRANOWO CENTER METAMORFOSIS KORANJOKOWI.COM. MOELDOKO CAWAPRESNYA?” Koranjokowi.com, EDItorial : Setelah PDIP ‘mencapreskan Ganjar Pranowo untuk thn.2024-2029 yad, sontak bumi pun bergetar. Para Relawan Jokowi – Ahok non-parpol pun merapatkan barisan, bahkan […]

SURAT TERBUKA UNTUK KETUM PDI PERJUANGAN IBU HJ. MEGAWATI SUKARNOPUTRI (Kiranya dapat segera Mencapreskan Ganjar Pranowo)

SURAT TERBUKA UNTUK KETUM PDI PERJUANGAN IBU HJ. MEGAWATI SUKARNOPUTRI (Kiranya dapat segera Mencapreskan Ganjar Pranowo) Yth Ibu Megawati, Dalam setahun belakangan disetiap hasil survey nama  Kader PDIP, Gubernur Jawa Tengah – Ganjar Pranowo senantiasa […]

Tentang RedaksiKJ 3833 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan