AYO YOGJA, JEMBATAN GANTUNG NAWACITAMU SUDAH BERES TUH !

AYO YOGJA, JEMBATAN GANTUNG NAWACITAMU SUDAH BERES TUH !

KoranJokowi.com,Bandung : Disamping melakukan pembangunan infrastruktur berskala besar seperti jalan tol dan bendungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga terus melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, diantaranya pembangunan jembatan gantung untuk meningkatkan konektivitas antar desa.

Dalam program pembangunan 148 jembatan gantung Nasional tahun 2020, Jembatan Gantung Nawacita
ini adalah salah satu yang terealisasi.

“Hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek jarak warga masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan silaturahmi antar warga,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Tanpa kita tahu jembatan gantung ini
diresmikan kemarin, Senin (19/10/2020) yang berada di Dusun Tegaldowo, Desa Bantul, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jembatan ini pun selain meningkatkan konektvitas antar desa juga menjadi salah satu destinasi wisata baru di Bumi Projotamansari. Selain di Tegaldowo, Jembatan Gantung Nawacita juga terdapat di Nambangan, Dusun Nangsri, Desa Srihardono, Kabupaten Bantul.

Presiden Jokowi melalui KemenPUPR tidak pernah berdusta, dengan anggaran Rp. 3,8 miliar dan dalam Pandemi Covid 19 semua terselesaikan dengan baik dan tepat guna.

Keberadaan jembatan gantung Nawacita dengan lebar 1,8 meter dan panjang 60 meter ini akan banyak menyedot wisatawan. Baik di Jawa Tengah dan DIY, keduanya mempunyai prospek pengembangan wisata dan kini menjadi contoh untuk pengembangan destinasi wisata di daerah lainnya.

Kabarnya, Jembatan gantung ini juga telah dilengkapi dengan daya tarik wisata lainnya yakni patung proklamator RI Soekarno, pendopo Handoko Budaya dan taman Puspa Gading yang berisi wahana permainan anak-anak mulai dari kolam renang hingga kolam terapi ikan.

FLASHBACK
Jembatan Gantung Tegaldowo ini menghubungkan Desa Guwosari Kecamatan Pajangan dengan Dusun Tegaldowo Desa Bantul Kecamatan Bantul yang terpisahkan oleh Sungai Bedog. Dengan adanya jembatan gantung ini masyarakat di kedua desa menjadi lebih mudah dalam mobilisasi kegiatan sehari-hari karena tidak ada lagi ‘jurang pemisah’ diantara keduanya. Akses kedua desa ini sempat terputus sejak banjir bandang pada tahun 2017.

Peletakan batu pertama dilakukan tahun 2018 silam dan dibangun melalui Paket Pembangunan Jembatan Gantung cs / Nawacita tahun anggaran 2018 oleh Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi D.I.Yogyakarta dan berhasil diselesaikan tepat waktu.

Tidak Itu saja, keinginan warga menjadikan desanya sebagai tujuan wisata tersebut bersambut dengan adanya dukungan program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Kementerian PUPR dari Ditjen Cipta Karya yang terwujud melalui penataan jalan desa yang terhubung dengan taman wisata dan jembatan gantung Tegaldowo, serta dukungan program irigasi desa dari Ditjen Sumber Daya Air.

‘Matur suwun Pak Jokowi,..Ayo ning mulih nang Yogja maning, ahahah.. (Red-01/Foto.ill)

Tentang RedaksiKJ 1725 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan