SELAMAT ULANG TAHUN KE-24 KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG. “ADA TARZAN MAU DARING” – (2)

SELAMAT ULANG TAHUN KE-24 KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG. “ADA TARZAN MAU DARING” – (2)

“BEDAH RUMAH DAN KEBUTUHAN TOWER ADALAH MIMPI DI SIANG BOLONG”

KoranJokowi.com, Tanggamus, Lampung : Sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi pasca dilantik Oktober 2019 lalu beliau mengingatkan bahwa dalam pemerintahannya yang ada adalah visi-misi Presiden, bukan visi misi Menteri, apalagi visi misi Kepala Daerah atau visi misi Kepala Dinas. Ahahahah.

Namun wajar jika dibeberapa daerah, visi misi presiden jalan ditempat, karena mereka merasa ‘Ini jaman otonomi daerah’. Apa yang terjadi?, banyak desa yang tidak terjamah program Presiden Jokowi.  Temuan dan laporan Tim di pekon (desa) Tampang Muda dan pekon Tampang Tua, Kab. Tanggamus, Prov. Lampung adalah salah-satunya, warga disana mengharapkan program Bedah Rumah dari Presiden Jokowi cq. KemenPUPR.

“Yang warga tahu Alokasi penerimaan Dana Desa (DD) untuk Kabupaten Tanggamus pada tahun 2020 lebih tinggi dari tahun 2019 yaitu dari Rp.382 miliar menjadi Rp. 387,5 miliar, seharusnya pembangunan dalam segala hal di tingkat desa pun lebih baik, yang terjadi malah sebaliknya, bang”, kata Een H. Prayudha mengutip pernyataan seorang warga disana (Wawan), dimana warga desa menilai aparat pekon pun sepertinya menikmati itu sebagai yang biasa, program Bedah Rumah adalah salah-satunya.

*Seorang anak sekolah harus naik pohon untuk mendapatkan sinyal Hp, Oh Indonesia !*

Masih kata Een, hak mendapatkan komunikasi terbaik pun sangat minim, jaringan internet/ HP yang juga menjadi harapan warga 8 pekon ( desa ) ‘hanyalah mimpi di siang bolong’, salah satu siswa SMA N 1 Pematang Sawa mengeluh tidak ada jaringan hp/internet-nya. Sehingga jika ingin daring dia harus keluar desa sejauh 5 km , karena untuk sewa Wifi per jam dikenakan Rp.6.000 /jam. “Jika mau menghemat biaya anak-anak sekolah harus naik pohon setinggi 4-5 meter untuk mendapat kan sinyal guna melakukan daring, dan ini ada di Kab. Tanggamus bang, di Indonesia. Pertanyaan kita sederhana saja apakah memang Pemkab Tanggamus tidak punya solusi untuk itu, bukankah warga desa aktif membayar pajak?, idealnya di setiap kantor desa dibuatkan semacam tower, bang. Kata TARZAN aja kalau begitu, bang”

Menurut kades pekon tampang muda (Rohmudi) sinyal telepon merupakan mimpi bagi warganya yang tersebar di 335 KK dengan 1.224 jiwa, ‘Bagi kami Bedah rumah dan kemudahan sinyal telepon adalah mimpi di siang bolong’, kata Kades dengan mata berkaca-kaca, masih kata Een memvisualkan situasi saat itu. ‘Ya Allah !

SOLUSI KORANJOKOWI.COM UNTUK WARGA DESA

Jika memang diperlukan KoranJokowi.com mampu mengerahkan ‘mitra-kerjanya’ untuk hal ini, khususnya rencana pembangunan  menara dengan rangkaian besi yang berupa segi tiga sama sisi (triangle), sehingga saling menguatkan, dengan menggunakan tarikan kawat sling tahan karat pada ujung sudut segitiganya sebagai pemancang untuk penyangga kekuatan pada menara biasanya berwarna merah dan putih.

Menara ini akan mempunyai banyak fungsi atau manfaat, diantaranya; sebagai penempatan antena radio, sebagai penempatan WLAN untuk jaringan internet, sebagai pemancar atau penerima frequensi terntentu atau gelombang telekomunikasi dan  informasi. Warga desa dimana pun berada mempunyai hak untuk ini sebagaimana yang dijanjikan Presiden Jokowi bahwa Nawacita jilid-2 ini prioritas pemerintah untuk warga desa adalah optimalisasi BUMDes dan Pemberdayaan SDM Desa.

“Bagaimana hal ini dapat terwujud di sana jika kebutuhan komunikasi sebagai informasi dan jendela dunia saja sulit didapat, disana seperti bukan di Indonesia , Banyak TARZAN-nya, bang. Jack kalau suatu waktu Kita melihat ada TARZAN di pohon berarti Kita ada di Kabupaten Tanggamus, bang,” tutup Een.

‘waduuh….. !

-BERSAMBUNG-

(Red-01/Ehp/Er)

Sebelumnya,

SELAMAT ULANG TAHUN KE-24 KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG. “MASIH ADA SEJUTA PEKERJAAN RUMAH MENANTI BUPATI TAHUN 2021 INI?” – (1)

 

Tentang RedaksiKJ 1382 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. SELAMAT ULANG TAHUN KE-24 KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG. “PAPAN PROYEK JALAN TIDAK LENGKAP, MUNGKIN KURANG PIKNIK ?”– (3) | KORAN JOKOWI | Media Independent Relawan
  2. Selamat Ulang tahun ke-24 Kabupaten Tanggamus, Lampung :“PAK PRESIDEN JOKOWI TOLONG AJARKAN KAMI TENTANG KOMPROMI, AGAR DESA KAMI TIDAK TER-ISOLIR "  - (4) | KORAN JOKOWI | Media Independent Relawan

Tinggalkan Balasan