Kabar Jabar 2 – Banten (17), PRESIDEN BILANG BANYAK YANG LUPA JIKA PERAN BUMDES ITU DAHSYAT 

Kabar Jabar 2 – Banten (17), PRESIDEN BILANG BANYAK YANG LUPA JIKA PERAN BUMDES ITU DAHSYAT 

KoranJokowi.com, Presiden Joko Widodo meminta Badan Usaha Milik (BUM) Desa menjadi pendorong bagi usaha-usaha rakyat di perdesaan agar semakin berkembang, bukan malah menjadi pesaing ekonomi rakyat.

“Misalnya di desa ada toko-toko yang kecil-kecil, ada 5-10 (toko), BUM Desa bikin toko yang lebih gede, yang 10 mati, yang ini hidup gede. Bukan itu. Saudara-saudara ini harus memicu, men-trigger dari yang 10 jadi 20, yang 10 jadi menengah atau besar,” kata Presiden dalam peluncuran Sertifikat Badan Hukum dan peresmian Pembukaan Rakornas BUM Desa di Jakarta, Senin, 20 Desember 2021

Presiden juga meminta BUM Desa untuk membentuk usaha baru yang belum ada di perdesaan, namun dibutuhkan masyarakat. Dengan begitu, masyarakat dapat merasakan peran dan kontribusi BUM Desa.
“BUM Desa bersama-sama harus mengambil peran dalam kegiatan ekonomi bermanfaat jangan sampai justru mematikan ekonomi rakyat yang sudah ada… 

…Sehingga masyarakat tidak harus ke kota atau kecamatan, tidak harus ke kota atau kabupaten, cukup di desa sudah terpenuhi, dan tentu saja BUM Desanya mendapatkan keuntungan dari kegiatan itu,” ujar Presiden.
BUM Des juga harus dapat memudahkan masyarakat desa dalam memenuhi kebutuhan usaha. Sebagai contoh, BUM Des dapat mengonsolidasikan usaha rakyat untuk mendapat kemudahan dalam mencari pasokan bahan baku untuk berproduksi di bidang pertanian atau perkebunan.

“Beli pupuk tidak usah sendiri-sendiri, bisa dikonsolidasikan di BUM Desa, bisa juga bekerja sama dengan perusahaan perkebunan untuk mengambil kegiatan, misalnya transportasinya,” ujar Presiden.

Presiden akan meminta BUMN dan perusahaan swasta yang beroperasi di perdesaan untuk turut serta melibatkan BUM Desa dalam kegiatan usahanya. “Jangan yang di desa hanya jadi penonton. Lalu-lalang truk, lalu-lalang hasil-hasil perkebunan yang gede-gede, rakyat hanya menonton, melihat, melihat tambang diambil keluar dari desa, rakyat hanya melihat saja. Libatkan (BUMDes), nanti saya sampaikan dengan tegas melibatkan BUM Desa,” kata Jokowi.

(Maruli/Saor-Foto.ist)

Lainnya,

Kabar Kab. Tasikmalaya Garut – (25), SOAL EMBUNG CIBEREUM SEPERTINYA GUBERNUR JABAR DAN BUPATI TASIK MENGAPA DIAM SAJA ? – KORAN JOKOWI

Kabar Cimahi Jabar – (13), GIAT POLRES CIMAHI PRE –  HARI NATAL TAHUN BARU 2022 – KORAN JOKOWI

Kabar Jabar 4 – (35),  WALI KOTA BEKASI & PENGHARGAAN KOMISI INFORMASI PUBLIK JABAR 2021 – KORAN JOKOWI

Kodam jaya/Jayakarta – (28), Dandim 0510/Trs Lepas Satgas Nakes dari Mabes TNI – KORAN JOKOWI

Kabar Bogor – (16), ” UNTUK PERJUANGKAN JALAN RUSAK DI KAB. BOGOR, MEREKA SIAP DATANG KE ISTANA PRESIDEN !? ” – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3088 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Sirman Lumbangaol (80) & Presiden Jokowi Sama Sama Membangun Dari Desa - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan