MENGAPA 2 BUPATI BOGOR SELALU DITANGKAP KPK ?

MENGAPA 2 BUPATI BOGOR SELALU DITANGKAP KPK ?

Koranjokowi.com, Bandung :

Dalam agama apapun korupsi diharamkan, Korupsi berasal dari bahasa Latin: Corruption. Dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok. Apakah Gratifikasi termasuk korupsi?, Jika gratifikasi merupakan hadiah yang tidak berkaitan dengan kedudukan pejabat tersebut, maka akan dikembalikan kepada pejabat. Sebaliknya, jika cenderung bertujuan untuk mempengaruhi pejabat, maka hadiah tersebut akan menjadi milik negara. KPK sudah memiliki metode yang teruji untuk menyelidiki hal ini.

Check it dot, Dalam hukum Islam (fikih), ada 9 jenis tindak pidana (jarimah) yang mirip dengan korupsi, yaitu: (1) ghuluul (penggelapan), (2) risywah (gratifikasi atau penyuapan), (3) ghashab (mengambil paksa hak atau harta orang lain), (4) khiyaanat, (5) maksu (pungutan liar), (6) ikhtilaas (pencopetan), (7) intihaab (perampasan), (8) sariqah (pencurian), dan (9) hiraabah (perampokan)

See the source image

Atas hal diatas saya mencoba hubungkan dengan  “Teori hierarki kebutuhan”. Teori yang  menyatakan bahwa manusia melakukan sebuah tindakan karena motivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada dalam hidupnya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki susunan/tingkatan atau hirarki, mulai dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi. Kebutuhan tersebut antara lain 1).Kebutuhan fisiologis; 2).kebutuhan rasa aman; 3).kebutuhan akan cinta; 4).kebutuhan untuk dihargai; 5).kebutuhan untuk aktualisasi diri

Apabila satu kebutuhan yang paling rendah telah terpenuhi maka orang akan beralih ke kebutuhan lain yang lebih tinggi tingkatannya. Bila kita lihat dari persebaran kasus yang telah terjadi saat ini; penyebab terbesar orang korupsi ada di poin nomor satu dan poin nomor 2, yaitu kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman.

See the source image

Agh, ini kan teori. Yang jelas kita semua pastinya kaget apa yang saat ini terjadi kepada  Hj. Ade Munawaroh Yasin, S.H., M.H. lahir 29 Mei 1968 lalu, yang menjabat sebagai Bupati Bogor sejak 30 Desember 2018. Pada tanggal 27 April 2022, ia dan bersama 11 orang lainnya terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi , Dari lokasi selain ke-11 orang didapat bukti berupa uang tunai , KPK hanya menyampaikan jika OTT ini  ada dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap

Bagi kami, Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (Akarjokowi2013) , Penangkapan Ade Yasin berlawanan dengan larangan yang diberikan Ade Yasin pada anak buahnya. Padahal 2 hari sebelumnya (25/4), Ade mangancam para ASN/PNS-nya menerima segala bentuk gratifikasi saat Hari Raya Idulfitri. Bahan diperkuat dengan  Surat Edaran Bupati Bogor tentang Pencegahan Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi Terkait Hari Raya.


“Secara tegas kami melarang pejabat, Aparatur Sipil Negara (ASN), pimpinan dan karyawan BUMD dengan tidak melakukan permintaan, pemberian, dan penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan atau kewenangannya yang dikaitkan dengan hari raya atau pandemi covid-19,” ujar Ade Yasin kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, Senin, 25 April 2022.

Ade juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi PPP dari tahun 2014 hingga 2018. Ade merupakan adik kandung dari mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin (RY)

See the source image

See the source image

RY  diamankan KPK melalui  OTT Mei 2014 dan ditetapkan sebagai tersangka kasus suap alih fungsi hutan lindung kawasan Puncak, Bogor. Atas kasus ini, RY  divonis 5,5 tahun penjara dan denda Rp. 300 juta subsider tiga bulan penjara, dan bebas pada 8 Mei 2019

Namun, Pada Juni 2019, RY kembali menjadi tersangka atas dugaan gratifikasi berupa tanah seluas 20 Hektar dan mobil senilai Rp. 825 juta. Atas kasus ini, RY divonis 2 tahun 8 bulan penjara dan kemudian dieksekusi KPK ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

JUST REMIND,

PILPRES TAHUN 2014 SUARA JOKOWI KALAH DI KAB. BOGOR KARENA HANYA MERAIH 852.888 SUARA >  34.27% & PILPRES TAHUN 2019 LALU JUGA DEMIKIAN HANYA MERAIH 852.888 SUARA > 29,8%, MAKIN ANJLOK BROW.

‘Agh, sudahlah !

(Red-01/MichaelH-Foto.ist)

Lainnya,

PRESIDEN JOKOWI PERNAH DITARGET PEMILIK ‘MOTHER OF SATAN’ INI , “ALHAMDULILLAH , SELAMAT !! ” – KORAN JOKOWI

Hitam Putihnya Kab. Bogor – (12), “SEPERTINYA TARGET 16 JUTA BENIH YANG DIMINTA PRESIDEN JOKOWI  DI RUMPIN KAB. BOGOR GAGAL TOTAL !?” – KORAN JOKOWI

Hitam-putihnya Kab.Bogor – (13), “JALAN RUSAK DI KAB. BOGOR KEMBALI MENELAN KORBAN, HALOW BUPATI !?” – KORAN JOKOWI

Hitam-putihnya Kab.Bogor – (13) , “LONGSOR RUMPIN KAB.BOGOR, BENCANA ALAM ATAU KESALAHAN PT. BSM !?” – KORAN JOKOWI

Kabar Bogor – (17), DPC PWRI Kab.Bogor adakan Pelatihan Jurnalis. – KORAN JOKOWI

 

 

Tentang RedaksiKJ 3808 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan