” SUKARNO BUKAN PKI, INDONESIA PUN TERSENYUM “

” SUKARNO BUKAN PKI, INDONESIA PUN TERSENYUM “

Koranjokowi.com, Bandung :

Mohammad Guntur Soekarnoputra, yang akrab dipanggil ‘ Mas Tok atau Om Gun ini  tgl. 3 November 2022 lalu genap berusia 78 tahun, beliau adalah anak sulung dan putra pertama dari pasangan Presiden Ir. H. Soekarno dan Fatmawati. Kakaknya Om Gun adalah  Hj. Megawati Soekarnoputri, Al,. Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra.

Biografi Singkat Ir. Soekarno - Sang Proklamator, Diktator, dan Aktivis 'Rakyat Kecil'

Bagi kami mungkin juga Om Tok , keluarga besar alm. Ir Sukarno dan para Sukarnois diseluruh dunia yang jumlahnya puluhan juta demikian bahagia dan bangga saat Presiden Jokowi atasnama negara telah membersihkan nama ayahnya, Ir. H. Soekarno, dari tuduhan G30S PKI

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkit kepahlawanan Presiden Soekarno. Kepahlawanan itu, kata Presiden Jokowi, dipertegas dengan dianulirnya Ketetapan MPRS Nomor 33/MPRS/1967 tentang pencabutan kekuasaan pemerintahan negara dari Presiden Soekarno.

Teman teman Relawan Jokowi Ahok dimana saja berada

Dalam konsideren Tap MPR tersebut, disebutkan Bung Karno melindungi tokoh-tokoh peristiwa G30S/PKI tahun 1965. Namun, tuduhan itu sampai saat ini tidak terbukti karena Soekarno tak pernah diadili atas dugaan itu.

biografi Ir. Soekarno Bung Karno proklamator Kemerdekaan Indonesia

Bahkan presiden Jokowi memperkuat atas lahirnya Tap MPR Nomor 1/MPR/2003 yang menyatakan bahwa TAP MPRS Nomor 33/MPRS/1967 tidak berlaku lagi dan tidak perlu dilakukan tindakan hukum lebih lanjut, baik karena bersifat final telah dicabut maupun telah dilaksanakan.

Selain itu, presiden  Jokowi menyebut di tahun 1986 pemerintah telah menganugerahkan gelar Pahlawan Proklamator kepada Soekarno, dan di tahun 2012 pemerintah juga telah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Soekarno.

 “Artinya Insinyur Soekarno telah dinyatakan memenuhi syarat setia dan tidak mengkhianati bangsa dan negara yang merupakan syarat penganugerahan gelar kepahlawanan,” kata Presiden saat itu dihadapan keluarga Ir. Sukarno yang diwakili oleh kehadiran Om Gun disana.

Tafsir atas Sebuah Foto Keluarga Soekarno

Teman teman Relawan Jokowi Ahok dimana saja berada

Kepada media Om Gun mengatakan, “Pernyataan dari Pak Jokowi ini telah ‘membersihkan’ nama Soekarno bahwa dirinya tidak terlibat G30S PKI, Soekarno bukan PKI, bukan komunis. Dia adalah nasionalis dan patriot sempurna. Maka proses de-Soekarnoisasi dapat diredam dan dilawan. De-Soekarnoisasi merupakan usaha yang dilakukan pemerintah Orde Baru di bawah Soeharto untuk melemahkan pengaruh Soekarno dari rakyat Indonesia. Tujuan de-Soekarnoisasi dilakukan untuk melupakan peran Presiden pertama itu dari sejarah Indonesia. Kebijakan ini dilakukan pemerintah Orde Baru pasca lengsernya Soekarno pada tahun 1966 dan digantikan Soeharto”, bibirnya bergetar, namun matanya tetap tajam sebagaimana ayahanda Ir.H. Sukarno jika sedang bicara dengan siapapun.

Kita semua memahami demikian terdzoliminya keluarga Sukarno selama ini, seolah untuk menarik nafas pun demikian sesak. Maka wajar jika Om Gun menjauh dari politik. Dan hari Senin, tgl.  7 November 2022 lalu merupakan tinta emas untuk bangsa dan negara besar ini melalui Presiden Jokowi atas pembersihan nama Ir. H. Sukarno dari segala fitnah buatan orde-baru.

Alhamdulillahirabilalamiin,….

Alhamdulillahirabilalamiin, ….

Alhamdulillahirabilalamiin, …

Atas segala kuasa dan pengabulan doa doa kita semua selama ini

Dan anggap juga ini adalah kado ulang tahun terbesar bagi Om Gun

JUST REMIND,

Teman teman Relawan Jokowi Ahok dimana saja berada

Presiden Sukarno atau Om Gun tidak dapat dipisahkan dari latar belakang keluarga saya dan ini diakui Om Gun sebagaimana dituliskan  di edisi lalu, silahkan buka link dibawah ini …

Diary, GUNTUR SUKARNOPUTRA 1944- 2021 – (5) : “PERLUNYA PARTAI MEMPUNYAI DAERAH BASIS”

Dalam tulisannya ini, Om Gun menyebut nama ayah saya, lihat di-paragraf  12, jika alm. HMU. Suwendi adalah Marhaenis sejati. “Untuk daerah Babakan Ciamis (Red: Bandung) ketika itu partai dimotori oleh 2 kader yakni Uwen Suwendi dari Kesatuan Buruh Marhaenis dan sahabat saya di GMNI Dodo Rukanda Iskak. Mereka-mereka inilah yang dapat membuat daerah Babakan Ciamis menjadi basis kuat dari PNI Front Marhaenis”

Ternyata, Sate Makanan Marhaen Favorit Bung Karno

Selain bersumber buku, youtube dsb , saya idola akan  ketokohan Ir. Sukarno atau Om Gun. Sejak dari ayah saya alm.HMU.Suwendi juga dari kakek angkat saya alm.Mayor TNI Purn Moong, kakek saya alm.Ai Sukari, uwa saya alm. H.Edeng Kuswanda, uwa saya alm. Maman Rahman (ayah dari Rudi, stafnya Om Gun saat ini), juga dari ibu saya Hj.T.Suwendi dan nenek saya almh. Sutisah.

Saya ingat beberapa kali ayah atau kakek Ai mengajak saya kesebuah rumah di kawasan Ciumbuleuit Bandung sejak pagi hingga petang, entah bertemu siapa disana, dan mau apa karena saya asik bermain dengan kelinci, ayam pelung bahkan siput – siput dipepohonan yang lebat disana. Pulang pergi biasanya saya dengan kakek atau ayah naik oplet, speda atau beberapa kali juga sempat naik becak .

Mungkin itu adalah salah satu tempat ‘bersembunyi’ Presiden Sukarno, Om Gun atau keluarga presiden lainnya?, ehehehe… saya tidak berpikir sejauh itu. Namun boleh jadi seperti itu, maklum situasi politik kota Bandung periode thn.1960-1970 selalu panas. Bahkan kemudian setelah remaja saya baru tahu jika Presiden Sukarno juga kerap mendesign rumah untuk ‘orang lain’ sebagaimana yang pernah saya tahu salah satu karya beliau sampai saat ini  terletak di jalan Dewi Sartika Bandung yang telah berusian lebih dari 100 tahun.

BERITA FOTO: Mengintip Rumah Karya Presiden Soekarno yang Berusia 100 Tahun

atau yang di jalan Kaca kaca wetan Bandung

Cerita Henny Rawat Rumah Bung Karno di Bandung

atau yang di jalan Palasari Bandung

Rumah rancangan Ir Soekarno di Jalan Palasari Nomor 5. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

Atau ditemat lainnya seperti di Jalan Kasim nomor 6,8, dan 10,  sepasang bangunan Jalan Gatot Subroto no.54 & 16, rumah di jalan yang sama nomor 17, rumah Jalan Pasir Koja , bangunan masjid di dekat Viaduct,  rumah di Jalan Pungkur nomor 107, dsb. SUkarno politikus dunia yang juga ‘tukang insinyur lulusan ITB.
Orangtua Soekarno
Sebagai penutup,
Untuk para almarhum/mah Raden Soekemi Sosrodihardjo & Ibu Ida Ayu Nyoman Rai  (orang tua Ir.Sukarno), alm.Ir. H. Sukarno, almh. Ibu Hj. Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri, para alm/almh. leluhur, uyut, kakek-nenek & uwa saya, khususnya ayahanda alm.Haji Muhammad Uwen Suwendi bin Uci Sanusi teriring doa alfatehah saya sampaikan semoga amal ibadah almarhum/almarhumah diterima Allah SWT – Tuhan YME , dimaafkan segala khilafnya, dilapangkan kuburnya & surgalah tempatnya, aamiin yra. RIP.

Teman teman Relawan Jokowi Ahok dimana saja berada

Pernahkan Mas Tok alias  Om Guntur ikut ayahanda ke Aceh ?

Kita tunggu edisi berikutnya

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

” 18 TAHUN TSUNAMI ACEH & SADISNYA KORUPSI ATASNAMA TSUNAMI ? “

Tentang RedaksiKJ 3833 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan