” 18 TAHUN TSUNAMI ACEH & SADISNYA KORUPSI ATASNAMA TSUNAMI ? “

” 18 TAHUN TSUNAMI ACEH & SADISNYA KORUPSI ATASNAMA TSUNAMI ? “

Koranjokowi.com, Editorial :

Delapan belas tahun telah berlalu namun jejak sejarah tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam masih membekas dan mengisahkan ceritera kelu, jangankan untuk mengingatnya , mendengar pun rasanya tiada mampu. Gelombang tinggi 30 meter yang bergulung – gulung dan mengeluarkan suara mengerikan  itu kemudian menyapu habis Tanah Rencong, Serambi Mekah itu. Lebih dari 230.000 jiwa menjadi korban keganasannya, diantaranya 40.000 jiwa rakyat Aceh kini  berada di area Kuburan Massal Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

14 Tahun Tsunami Aceh, DPR Minta 26 Desember Jadi Hari Libur Nasional - Bagian 1

Musibah 18 tahun lalu ini sulit dilupakan, untuk memejamkan mata agar tiada tampak pun sama;  tafakur, zikir dan selawat, santunan anak yatim, ziarah, serta tausiah dan doa bersama hanya itu yang selalu kita lakukan setiap akan datang tgl.26 Desember.

https://www.metrotvnews.com/play/bzGCgegx-mengenang-18-tahun-tsunami-aceh

Gempa & Tsunami Aceh disebut sebagai  gempa terbesar ke-5 yang pernah ada dalam sejarah. Kejadian itu terjadi pada hari Minggu 26/12/2004, pkl.07.58;53 , hari yang semestinya  digunakan oleh masyarakat untuk beristirahat, berkumpul bersama keluarga, dan menikmati libur akhir pekan bersama. Tapi tidak dengan Minggu saat itu..

Tsunami Aceh didahului gempa yang terjadi pada pukul 07.58.53 WIB. Tidak lama setelah itu, muncul gelombang tsunami yang diperkirakan memiliki ketinggian 30 meter, dengan kecepatan mencapai 100 meter per detik, atau 360 kilometer per jam.

Gelombang besar nan kuat ini juga berhasil menyeret  Kapal PLTD Apung yang terseret hingga 5 kilometer dari kawasan perairan ke tengah daratan. Dahsyat, kapal dengan  panjang 63 meter dan berat 2.600 ton  itu dengan mudahnya bergeser terbawa gelombang ibarat batok kelapa tiada beban menuju daratan.

Dan. berdasarkan catatan buku ‘Tsunami Aceh Getarkan Dunia’, puncak tertinggi tsunami mencapai 34,5 meter yaitu di Pantai Lhoknga, Aceh Besar.

Re-Branding PLTD Apung I 10th Tsunami Aceh 2004 Gampong Punge, Blang Cut, Banda Aceh

Sehari setelah kejadian, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bencana alam tsunami Aceh ini sebagai bencana kemanusiaan terbesar yang pernah terjadi. Sejak saat itu, bantuan internasional pun berdatangan untuk menolong masyarakat yang terkena bencana tsunami Aceh.

Seahawk USS Abraham Lincoln

Termasuk pesawat militer dari Jerman hingga kapal induk milik Amerika Serikat didatangkan ke lokasi bencana. Selang beberapa hari dan proses pencarian korban terus digencarkan, PBB pada 4 januari 2005, mengeluarkan taksiran awal bahwa jumlah korban tewas akibat tsunami Aceh sangat mungkin melebihi angka 200.000 jiwa.

Dari berbagai sumber disebutkan jika  jumlah korban dari peristiwa alam tsunami Aceh tersebut disebut mencapai 230.000 jiwa. Jumlah itu bukan hanya datang dari Indonesia sebagai negara terdampak paling parah, namun juga dari negara-negara lain yang turut mengalami bencana ini.

KORUPSI DITENGAH KORBAN TSUNAMI ?

Teman teman Relawan Jokowi, Penderitaan rakyat Aceh tidak ada habisnya. Setelah harta bendanya tergerus tsunami, jatah hidup (jadup) mereka pun disunat sana-sini.  Untuk jadup korban tsunami, pemerintah memberikan uang Rp 3.000 per jiwa per hari hingga mereka memperoleh tempat tinggal. Total jenderal jadup yang dikorup mencapai Rp 512,9 juta. Demikian amuk Tim Monitoring Aceh Indonesian Corruption Watch (ICW) saat itu.
Peristiwa yang sangat memilukan terjadi di bumi serambi Mekkah Aceh. Gempa bumi dan Tsunami Aceh pada hari Minggu pagi, 26 Desember 2004. Kurang lebih 500.000 nyawa melayang dalam sekejab di seluruh tepian dunia yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia. Di daerah Aceh merupakan korban jiwa terbesar di dunia dan ribuan banguan hancur lebur, ribuan pula mayat hilang dan tidak di temukan dan ribuan pula mayat yang di kuburkan secara masal. File/detikFoto.

Pelaku penyimpangan dalam jadup kebanyakan dilakukan oleh kades atau keucik, Dinas Sosial kabupaten/kota, camat dan bupati.Di Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, tercatat jumlah terbesar kasus pemotongan jadup milik 6.032 pengungsi sebesar Rp 22.500 per jiwa yang dilakukan keucik, sehingga total kerugian Rp 135,7 juta

ICW juga minta kepada BPK agar segera melakukan audit investigatif, khususnya dalam program pembangunan rumah, program bantuan perahu nelayan dan program jadup.Dana yang harus diaudit adalah dana selama tanggap darurat yang dikelola Bakornas, karena dari anggaran Rp 1,2 triliun yang menjadi dana tahap emergency bencana, hanya sekitar Rp 400 miliar rupiah saja yang dapat dipertanggungjawabkan. Sedang sisanya tidak bisa dilacak.
‘Ehehehe…
Pada laga kedua Aceh World Solidarity Cup 2017, timnas Indonesia bakal melawan timnas Mongolia di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (4/12/20170 malam WIB.
APAKABAR TSUNAMI CUP ?
Yang menghebohkan belum lama ini selayaknya event Piala Solidaritas Dunia Tsunami Aceh 2017 ( Aceh World Solidarity Cup – AWSC  2017) atau Tsunami Cup,  ajang yang diprakarsai Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Selain sebagai ajang mengenang tragedi tsunami yang melanda provinsi tersebut pada 2004 silam, turnamen ini juga digelar untuk menunjukkan kebangkitan Aceh usai tragedi. Nyatanya tidak seperti itu, kini pihak penegak hukum (Kejaksaan, Polri dsb) bahkan disibukan dengan ditemukannya korupsi.
Viral Tsunami Aceh 2004 Disebut Konspirasi, Ahli Paparkan 7 Faktanya Halaman all - Kompas.com
Seperti kita ketahui, sumber dana AWSC dari APBA Perubahan tahun 2017 pada Dispora Aceh sebesar Rp 3,8 miliar. Panitia pelaksana juga disebut mendapatkan dana dari sponsor, sumbangan pihak ketiga serta penjualan tiket sebesar Rp 5,4 miliar. Turnamen ini  digelar di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, 2-6 Desember 2017 selain Timnas Indonesia, peserta turnamen ini adalah Timnas Kirgistan, Timnas Brunei Darussalam dan Mongolia.
Ditersangkakannya Pembina  Tsunami Cup, Zaini Yusuf . Disusul Mirza – Bendahara (22/11),  Keduanya diduga merugikan negara senilai Rp2,8 miliar dari total anggaran Rp 9,8 miliar.
‘Ya Allah !
“Bangkit Lebih Kuat, Bangun Budaya Sadar Bencana”.
(Red-01/Foto.ist)
Lainnya,

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan