Ir. Chrisman A. Simanjuntak, ” ALWANMI DUKUNG AHY BASMI MAFIA TANAH !”

Ir. Chrisman A. Simanjuntak,

” ALWANMI DUKUNG AHY BASMI MAFIA TANAH !”

Koranjokowi,com, Alwanmi, OPINi:

Dari berbagai sumber di tahun 2023 lalu disebut bahwa terjadi peningkatan kasus konflik agraria nasional, tahun 2022 lalu sekitar < 100 kasus, ditahun 2023 menjadi 241 kasus yang melibatkan area seluas 638,2 ribu hektare, serta berdampak pada 135,6 ribu kepala keluarga (KK).

Ini cukup menjadi bukti jika pelaksanaan agenda reforma agraria yang telah dijanjikan selama ini tidak maksimal,khususnya konflik di sektor perkebunan (108 kasus), bisnis properti (44 kasus), pertambangan (32 kasus), dan proyek infrastruktur (30 kasus).

Juga dalam hal jumlah konflik pun demikian, khususnya konflik di sektor kehutanan (17 kasus), pesisir dan pulau kecil (5 kasus), serta fasilitas militer (5 kasus).
Maka menjadi kewajiban kita selaku Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) untuk mendukung program kerja Kementerian ATR yang saat ini dipimpin Menteri AHY membasmi mafia tanah. Pastinya ini perlu dukungan maksimal dari penegak hukum terkait (Polri, KPK, Jaksa agung) dan elemen masyarakat termasuk Alwanmi
Kita juga mendukung tercapainya target 126 juta Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun 2024-2025 mengingat lagi  saat ini baru tercapai > 110,8 juta bidang tanah pada tahun 2023.

Pertanyaan publik kemudian atas hal diatas apakah masih ada SATGAS MAFIA TANAH di Kementerian ATR/BPN seperti selama ini digaungkan?, dimanakah peran elemen masyarakat?, karena telah disampaikan diatas bahwa jumlah konflik agraria terus meningkat dan minimnya realisasi  PTSL yang masih < 80% dari 126 juta.

Kerja Menteri AHY demikian ‘menantang karena memberantas mafia tanah bukan seperti membalikkan telapak tangan. Apalagi di  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian ATR/BPN Tahun 2024 , Kamis (07/03/2024) lalu ditambahkan 7 (tujuh) poin /target kerja lainnya,  yakni :

1.Perbaikan pengelolaan pertanian melalui peningkatan pendaftaran tanah;

2.Optimalisasi Reforma Agraria;

3.Peningkatan pemanfaatan lahan untuk pengembangan pertanian;

4.Peningkatan kualitas dan keamanan data pertanahan dan ruang berbasis digital dalam rangka meningkatkan pelayanan publik;

5.Memitigasi dan mencegah terjadinya konflik/konflik pertanahan;

6.Reformasi Birokrasi berbasis sistem merit dan perbaikan SDM; serta

7.Mewujudkan penataan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang yang berkualitas, berbasis tata ruang nasional dan daerah untuk menciptakan pembangunan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, melalui mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim dan _ekonomi hijau_.

Kami juga, Alwanmi, menyambut baik atas dideklarasikannya Kota Administrasi Jakarta Selatan oleh Menteri AHY sebagai Kota Lengkap  tahun 2024 dimana akan banyak keuntungan yang didapat wilayah tersebut, termasuk mempersempit ruang gerak & memberantas mafia tanah

Kenapa tidak mungkin hal  ini menjadi program nasional ATR/BPN.RI  tahun 2024-2029 ?

dan kenapa tidak mungkin ini dicontoh oleh kota atau kabupaten lainnya?

‘GoodLuck, Menteri AHY !

‘GoodLuck, Bro Ariyo Bimmo SP, LL.M. –  Tenaga Ahli BidKum ATR/BPN

Jakarta, Tgl. 14 April 2024.

Ir. Chrisman A.Simanjuntak

Dewan Redaksi Koranjokowi & Sekjen Alwanmi

(Red-01/Foto.ist)

Gambar

Lainnya

(Silahkan klik tautan ini)

Gambar Tanda Panah Melengkung - (546x596) Png Clipart Download

@koranjokowi.com

Link Tiktok dibawah ini sudah dimakan ‘hantu’ sejak tgl.19 Maret 2024 lalu, ngeri ya.

@koranjokowi

 

AHY, HARIMAU HIJAU MUDA YANG DITUNGGU ?

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan