Denny ‘Miing’ Quswantara, “SESAR LEMBANG JANGAN SAMPAI BERAKSI ?”

Denny ‘Miing’ Quswantara,

“SESAR LEMBANG JANGAN SAMPAI BERAKSI ?”

Patahan Lembang  atau Sesar Lembang adalah sebuah patahan geser aktif yang terletak di Kecamatan LembangKabupaten Bandung BaratJawa Barat. Sesar Lembang mengalami pertemuan dengan Sesar Cimandiri di Padalarang. Patahan ini memanjang dari Padalarang hingga Jatinangor yang kira kira memiliki jarak sekitar 29 Km.

Menurut BMKG, patahan ini bisa menyebabkan gempa berkekuatan sekitar 6,8 hingga 7 pada Skala magnitudo.Sesar Lembang sendiri terbagi menjadi dua Segmen (bagian), yakni Segmen barat dan Segmen timur sehingga gempa yang diakibatkan memiliki skala yang berbeda-beda. Pergerakkan Sesar Lembang mencapai 3 milimeter/tahun. Akan tetapi, segmen-segmennya memiliki pergerakan tersendiri sehingga pergerakkan Sesar Lembang tidak Sempurna. Meski begitu, kecepatan pergerakan Sesar Lembang selalu berubah-ubah.

gempa garut

Saat ini, memang sudah ditentukan bahwa panjang Sesar Lembang adalah 29 km. Akan tetapi, sebelumnya Google Maps telah mengungkap bahwa panjang Sesar Lembang adalah 22 km melalui citra satelit.  Sesar Lembang membentang dari daerah Padalarang, kemudian melewati Ngamprah, Cihideung, Lembang, dan Bukit Batu Lonceng (Cimenyan). Sedangkan timur melewati Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, hingga Kabupaten Bandung.

'Ular panjang' bernama Sesar Lembang Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan

Kawasan Kota Bandung yang dulu bekas danau purba berada pada titik paling rendah,maka  akan menerima goncangan lebih hebat ketimbang lokasi lain..  The Geology of Indonesia (1949), kitab babon yang ditulis oleh van Bemmelin untuk para geolog Indonesia. Ia menyebut pertama kali Sesar Lembang aktif sekitar 100.000 tahun yang lalu, bertepatan dengan pembentukan Kaldera Gunung Sunda yang artinya Sesar Lembang terbentuk bersamaan dengan Kaldera tersebut. 

Maka saya bangga tahun 2014-2019  lalu pernah bersama Koranjokowi.com ,  MediaUmmat , Buah Batu Club, Persatuan Relawan Indonesia, dan para relawan lain menanam pohon hampir lebih dari 1,2 juta pohon di Kabupaten Bandung Barat : Saguling, Pasir ipis Lembang, Jayagiri dsb sebagai bagian dari ucapan terima-kasih kepada alam yang telah menjaga Sesar Lembang agar  tidak ‘beraksi, kalau pun Minggu, 28 Agustus 2011  lalu sempat ber-aksi dengan 3,3 magnitudo dan  membuat 384 rumah dan bangunan lain ‘berantakan.

Selain sesar Cimandiri, sesar Lembang menyimpan potensi gempa yang mengancam jutaan warga Bandung dan sekitarnya.

Punya Sejarah Gempa Besar, Kota Bandung Didesak Bentuk BPBD ...

TIDAK TERBAYANGKAN

JIKA GEMPA ITU

LEBIH DARI 6 SKALA MAGNITUDO

… ALLAHUMMA INNII AS’ALUKA KHOIROHAA, WA KHOIROMAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIH, WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHAA WASYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA ARSALTA BIH ….

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Hindari kami dari bencana gempa bumi Sesar Lembang dan bencana lainnya,

Aamiin Yarabilalamiin.

Denny ‘Miing’ Quswantara

Kord.Koranjokowi.com & Alwanmi Kab. Bandung Barat

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya

(Silahkan klik tautan ini)

Gambar Tanda Panah Melengkung - (546x596) Png Clipart Download

@koranjokowi.com

Link Tiktok dibawah ini sudah dimakan ‘hantu’ sejak tgl.19 Maret 2024 lalu, ngeri ya.

@koranjokowi

Melawan Lupa (131) ” BELAJAR DARI GEMPA CIANJUR, JAGA AGAR SESAR LEMBANG TIDAK MARAH ! “

MAHASISWA ITB 1960-1970 DALAM FRAME ANAK AKTIFIS

Diary Relawan Jokowi: KONGRES RELAWAN JOKOWI SEDUNIA 2013, BANDUNG. “Koranjokowi.com & Alwanmi”

DISAAT MEREKA BERTANYA MENGAPA IBU KOTA HARUS PINDAH KE KALIMANTAN, APA YANG HARUS KAU JAWAB ?

” PESAN MULIA PRABU SILIWANGI  DARI  & UNTUK CIANJUR “

Tentang RedaksiKJ 3833 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan