MUSUH  MAUNG SILIWANGI ASAL BATALYON INFANTERI RAIDER 300 TERHEBAT ADALAH COVID 19 ?

MUSUH  MAUNG SILIWANGI ASAL BATALYON INFANTERI RAIDER 300 TERHEBAT ADALAH COVID 19 ?

KoranJokowi.com, Papua : Sejumlah prajurit Batalyon Infanteri Raider 300 di Kabupaten Cianjur terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu dikatakan langsung oleh Pangdam/III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto usai rapat Gugus Tugas Jabar di Markas Kodam III Siliwangi, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (25/8/2020). “Memang ada (prajurit yang positif Covid-19) dari Batalyon 300 baru pulang kemarin dari Papua. kita sudah ikuti semua prosedur dan sat ini memang mereka sudah kita isolasi semuanya,” ujar Nugroho.

Nugroho tak merinci berapa prajurit yang dinyatakan positif. Namun ia memastikan semua prajurit yang positif telah diisolasi. “Kalau di barak tentara akan relatif lebih mudah tidak bisa keluar, jadi ada beberapa yang positif nanti kita tidak menyebar ke mana-mana, demikian,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis pra prajurit Raider akan sembuh dalam waktu yang cepat. Keyakinannya berkaca pada kasus ditemukannya 1.308 kasus Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Kota Bandung yang saat ini sudah dinyatakan sembuh semua. “Secapa AD juga 100 persen perwira dan siswanya sudah sembuh ya, jadi tingkat kesembuhan TNI atau Polri rata-rata sampai 100 persen,” jelasnya.

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Batalyon Infanteri Raider 300/Raider Brajawijaya atau (Yonif 300/Raider BJW) Kodam III/Siliwangi adalah sebuah pasukan elit Infanteri TNI Angkatan Darat yang sebelumnya bernama Yonif 327/Brajawijaya/Yonif 300/Raider Banjar Kedaton. Sebagai satuan Pemukul Mobil Kodam III/Siliwangi yang mempunyai tugas pokok mencari, mendekati, menawan dan menghancurkan musuh untuk sasaran yang strategis.

Yonif 300/Raider mempunyai moto “Cepat, Senyap, Tepat”.Yonif 300/Raider beranggotakan 747 prajurit membawahi 5 kompi, yaitu 3 kompi senapan, Kompi bantuan, dan kompi markas. Masing-masing kompi beranggotakan rata-rata 146 prajurit. Markas Komando (Mako) Yonif 300/Raider berada di Jalan Arwinda, Kabupaten CianjurJawa Barat.

Didirikan pada 9 Mei 1960 di lapangan Pangalengan dengan nama Yonif 327/Jaya Yudha oleh Pangdam Siliwangi Kolonel Inf R.A. Kosasih. Komandan Yonif pertama adalah Kapten Inf. B.A. Simamora. Tanggal 21 Maret 1963 Yonif 327/Jaya Yudha menjadi organik Brigade Infanteri 12. Tanggal 20 Mei 1963 Yonif 327 menerima tunggul Brajawijaya dari Yonif 302 yang dibekukan keberadaannya. Perubahan nama Yonif 327/Brajawijaya ke Yonif 300/Raider terjadi pada tanggal 31 Desember 2003. Ketika itu, Pangdam III/Siliwangi melalui surat keputusan No. Skep/289-03/XII/2003 membekukan Yonif 327/Brajawijaya. Selanjutnya, mengesahkan pembentukan Yonif 300/Raider.

“Daréngékeun! Jaman bakal ganti deui. tapi engké, lamun Gunung Gedé anggeus bitu, disusul ku tujuh gunung. Génjlong deui sajajagat. Urang Sunda disarambat; urang Sunda ngahampura. Hadé deui sakabéhanana. Sanagara sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg ratu adil; ratu adil nu sajati.Dengarkan! jaman akan berganti lagi, tapi nanti, Setelah Gunung Gede meletus, disusul oleh tujuh gunung. Ribut lagi seluruh bumi. Orang sunda dipanggil-panggil, orang sunda memaafkan. Baik lagi semuanya. Negara bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab berdiri ratu adil, ratu adil yang sejati”, demikian sebagian Wangsit Prabu Siliwangi (Red/Foto.Ist)

 

Tentang RedaksiKJ 1194 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan