Brigade Blacklist 11 Orang Pendaki Gunung Dempo Pagar Alam

Brigade Blacklist 11 Orang Pendaki Gunung Dempo Pagar Alam

Koranjokowi.com , Pagar Alam, Sumsel:  Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (Brigade), memberikan sangsi blacklist pendakian. Kepada kepada 11 orang pendaki Gunung Api Dempo (GAD).

Sangsi tersebut diberikan karena ke 11 orang pendaki GAD itu, melanggar Standar Operasional (SOP) pendakian, yang telah di tetapkan oleh Brigade.

11 orang pendaki tersebut 3 orang diantaranya adalah pendaki asal Kota Pagaralam dan 8 orang pendaki lainnya dari Provinsi Bengkulu.

Ketua Brigade Arindi mengatakan, pada tanggal 29 Desember 2020 ke 11 orang pendaki tersebut yang 3 orang diantaranya adalah pendaki asal Kota Pagaralam dan 8 orang pendaki lainnya dari Provinsi Bengkulu. Melakukan registrasi dibalai registrasi gunung Merapi Dempo (brigade) sebanyak 6 orang untuk ngecamp di kampung IV. Padahal jumlah mereka 11 orang, jadi 5 orang ilegal.

“Pada tanggal 31 Desember 2020, mereka nekat melakukan pendakian ke gunung Dempo,” jelasnya Kamis ( 07/01/2021).

“Padahal pendakian Gunung Dempo ditutup untuk para pendaki, berdasarkan himbauan Polres Pagar Alam. Dari tanggal 30 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021,” sambungnya.

Lanjutnya, tanggal 4 Januari 2021 orang tua salah seorang pendaki melapor ke Brigade, bahwa anak mereka sudah beberapa hari tidak pulang. Dan memberikan kabar anak mereka sudah di antara shelter 1 dan 2 minta dievakuasi.

“Atas laporan itulah tim Brigade langsung membagi tim menjadi dua untuk melakukan evakuasi. Jadi apa yang sudah dilakukan oleh ke 11 orang pendaki ini, tidak hanya melanggar peraturan yang ditetapkan oleh Brigade. Namun juga sudah tidak mengindahkan imbauan Polres Pagaralam,” ungkapnya.

Berdasarkan kesalahan berat yang telah mereka lakukan. Dan dianggap fatal telah melanggar peraturan yang dibuat Polri melalui Polres kota Pagar Alam serta keputusan Brigade.

“Maka diambil sebuah keputusan dan tindakan tegas kepada 11 orang tersebut yaitu Blacklist selama 2 tahun melakukan pendakian ke puncak Gunung Api Dempo kota Pagar Alam Sumsel (3159 Mdpl), terhitung dari tanggal 5 Januari 2021 sampai 5 Januari 2023,” tutupnya. ( Baron)

Tentang RedaksiKJ 920 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan