Denny ‘Chua’ Hardjadinata, ” MANAJEMEN AIR DI DESA DAN KOTA BESAR” – (1)

Denny ‘Chua’ Hardjadinata, ” MANAJEMEN AIR DI DESA DAN KOTA BESAR” – (1)

KoranJokowi.com,New Zealand : Tanpa hendak mengganggu keprihatinan saudara saudara kami yang sedang dilanda Banjir di hampir pelosok tanah air.

Semoga sumbang pikir kami ini bermanfaat khususnya bagi keluarga besar dan pembaca KoranJokowi.com.

Kualitas air adalah suatu ukuran kondisi air dilihat dari karakteristik fisik, kimiawi, dan biologisnya. Kualitas air juga menunjukkan ukuran kondisi air relatif terhadap kebutuhan biota air dan manusia. Kualitas air sering kali menjadi ukuran standar terhadap kondisi kesehatan ekosistem air dan kesehatan manusia terhadap air minum.

Pengambilan sampel air oleh pakar lingkungan untuk pengujian
berbagai lembaga negara di dunia bersandar kepada data ilmiah dan keputusan politik dalam menentukan standar kualitas air yang diizinkan untuk keperluan tertentu.

Kondisi air bervariasi seiring waktu tergantung pada kondisi lingkungan setempat.

Air terikat erat dengan kondisi ekologi setempat sehingga kualitas air termasuk suatu subjek yang sangat kompleks dalam ilmu lingkungan.

(Yuniman Taqwa, Dewan Redaksi. Denny ‘Chua dan Mister MOE – Mantan Menparsenibud / Menhut RI)

Aktivitas industri seperti manufaktur, pertambangan, konstruksi, dan transportasi merupakan penyebab utama pencemaran air, juga limpasan permukaan dari pertanian dan perkotaan.

Kadar mineral terlarut di dalam air dapat mempengaruhi jenis pemanfaatan air oleh industri. Misal keberadaan ion kalsium dan magnesium dapat mengganggu fungsi sabun ketika air digunakan sebagai pembersih dan mampu membentuk deposit karbonat.

Proses penanganan air dengan kondisi seperti ini dilakukan dengan menukar ion tersebut dengan natrium, dan senyawa magnesium dan kalsium akan mengendap.

Demikian catatan Redaksi dari diskusi dengan seorang Relawan Jokowi & Koresponden Internasional KoranJokowi.com , pakar manajemen air / water specialist yang tinggal di New Zealand – Selandia Baru (Red-01/Foto.ist)
BERSAMBUNG

 

Tentang RedaksiKJ 760 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan