RAJA BAHRAIN MENGHIBAHKAN TANAH 9000 METER UNTUK GEREJA , TAKBIR !

RAJA BAHRAIN MENGHIBAHKAN TANAH 9000 METER UNTUK GEREJA , TAKBIR !

Koranjokowi.com, OPini :

Sedang Viral, Gereja Katolik terbesar di Semenanjung Arab yang bisa menampung 2.300 orang resmi dibuka di Bahrain. Lokasinya terletak 20 kilometer di selatan ibu kota, Manama. Katedral Our Lady of Arabia adalah gereja dengan bangunan modern yang dilengkapi kubah segi delapan, beberapa tingkat tempat duduk, dua kapel dan auditorium berkapasitas 800. Saat ini diperkirakan umat Katolik di Bahrain mencapai 80.000 orang.

“Perasaan kami luar biasa,” kata Uskup Paul Hinder. Ia pengawas Vikariat Katolik di utara Arab yang meliputi Qatar, Bahrain, Kuwait dan Arab Saudi. “Kami senang memiliki bangunan yang begitu indah dan luar biasa yang akan menjadi sorotan arsitektural di Bahrain, terima-kasih”  kata Uskup Hinder.

Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa memberikan sebidang tanah seluas 9.000 meter persegi untuk pembangunan gereja tersebut sekitar 8 tahun lalu. Gereja diresmikan oleh wakilnya, Sheikh Abdullah bin Hamad Al Khalifa, pada hari Kamis.

Pembangunan gereja Katolik terbesar itu adalah bukti bahwa Bahrain merupakan wilayah yang amat toleran dengan agama lain sejak berabad-abad lalu. Saat ini Islam adalah agama mayoritas, namun Bahrain telah lama mengizinkan orang-orang dari agama lain beribadah dengan damai. Sebuah kuil Hindu didirikan di Bahrain sekitar 200 tahun yang lalu, sementara pada abad ke-19, sebuah misi Amerika diizinkan untuk membuka sebuah gereja di sana.

“Saya merasa gembira dan penuh emosi,” kata arsitek katedral Italia, Mattia Del Prete, melihat karyanya itu.

Saat ini, umat Katolik Bahrain sebagian besar adalah pekerja migran dari berbagai negara, terutama Filipina dan India. Bahrain juga merupakan salah satu dari sedikit negara Arab yang memiliki populasi Kristen lokal. Mayoritas dari mereka awalnya adalah orang Kristen Arab dari Timur Tengah dan berimigrasi ke Bahrain dari tahun 1930-an hingga 1950-an. Sekarang mereka memegang kewarganegaraan Bahrain.

JUST REMIND, BAHRAIN …

Bahrain / al-Baḥrayn, sebuah negara Arab kecil berbentuk monarki di Teluk Persia. Bahrain adalah sebuah kepulauan kecil yang berpusat di Pulau Bahrain, namun  merupakan pulau terbesar di Bahrain. Negara ini hanya berjarak sekitar 23 km (14 mi) sebelah timur Arab Saudi, yang dihubungkan dengan Jembatan Raja Fahd. Semenanjung Qatar juga terbilang dekat, hanya sekitar 50 km (31 mi) sebelah tenggara Teluk BahrainIran berjarak 200 km (124 mi) ke utara melintasi Teluk Persia. Populasi pada 2020 > 2,4 juta jiwa dan hampir 44%-nya  warga negara asing.Physical Map of Bahrain showing international boundaries, relief, highest point, important cities, islands etc.

Luas negara ini mencapai 780 km2 Dalam ukurannya, Bahrain adalah negara terkecil ketiga di Asia setelah Maladewa dan Singapura. Bahrain pada zaman silam dikenal sebagai DilmunTylos (nama Yunaninya), 

Sebagai sebuah pulau yang strategis yang berada di antara Timur dan Barat, tanah yang subur, dan air tawar berlimpah, dan tempat penyelam mencari mutiara telah menjadikan Bahrain pusat permukiman terpanjang. Selama 2300 tahun, Bahrain menjadi pusat perdagangan dunia di antara Mesopotamia (sekarang Irak) dan Lembah Indus (sekarang sebuah wilayah di India).

Bahrain ialah sebuah negara yang menjalankan sistem monarki konstitusional yang dikepalai oleh raja, Syekh Hamad bin Isa Al Khalifah; kepala pemerintahan saat ini ialah Perdana Menteri Syekh Khalifah bin Salman Al Khalifah yang mengepalai anggota kabinet sebanyak 15 orang.

Pendapatan utama di Bahrain bersumber dari produksi dan pemrosesan minyak, dan sekitar 60 persen merupakan pendapatan hasil ekspor, 60 persen untuk pemerintahan, dan 30% dari total GDP

Bahrain telah menjadi tempat tujuan wisata yang terkenal untuk pendatang yang tinggal di negara-negara sekitarnya, tetapi sejak 5000 tahun berdirinya Bahrain sebagai kota tua kebudayaan Dilmun memang membuktikan bahwa Bahrain sejak dahulu kala memang menjadi magnet wisatawan.

Bahrain menggabungkan infrastruktur modern dan masyarakat liberal tingkat menengah dengan suasana Timur Tengah menjadikannya tempat perkenalan yang ideal. Tempat-tempat wisata termasuk situs bersejarah seperti istana dan kompleks arkeologi Qalat Al Bahrain (masuk dalam daftar situs warisan sejarah UNESCO), puluhan ribu kuburan kuno masa peradaban Dilmun, kebudayaan Arab tradisional berbelanja di mall dan pasar, serta bersantai di pantai hotel dan spa yang mewah

“Takbir !

(Bib/Red-01/Foto,ist)

Lainnya,

NASIONAL

Panglima Jilah Pastikan Pasukan Merah Suku Dayak Kawal Jokowi Satu Komando

Panglima Jilah Pastikan Pasukan Merah Suku Dayak Kawal Jokowi Satu Komando   Pontianak – Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) menyatakan sikap berkomitmen untuk menjaga NKRI, Pancasila dan mengawal Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) […]

Tentang RedaksiKJ 3833 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan