Agung Dharma, TIRTAGANGGA KARANGASEM BALI , “SURGA KECIL KITA SEMUA !” – (2)

Agung Dharma, TIRTAGANGGA KARANGASEM BALI , “SURGA KECIL KITA SEMUA !” – (2)

KoranJokowi.com, Bandung : “Apapun, Tuhan masih melidungi , kerusakan akibat longsor tanah akibat hujan besar di Kab. Karang Asem Bali terhadap obyek wisata Tirtagangga Karang asem tidak demikian parah, gerusan longsor memang menghancurkan sekitar 20 meteran wisata kolam ikan zona selatan yang ada. Ribuan ikan koi pun terbawa material longsor. Ya kita terima musibah ini dengan ikhlas”, demikian Agung Dharma – seorang pewaris raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung yang juga Sekretaris Badan Pengelola Tirta Gangga  kepada KoranJokowi.com  Sabtu (19/6) sore lalu melalui seluler.

Memang benar di Kab. Karangasem saat hujan besar (17/6) lalu ada 33 titik bencana longsor , kepada Pers  Sekretaris BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana mengatakan , “Ini data terakhir laporan yang masuk ke BPBD, belum termasuk yang di Tirta Gangga karena belum di assesment,” kata Sekretaris BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana.

Dari seluruh laporan tersebut, paling banyak dilaporkan yaitu kejadian tanah longsor sebanyak 16 titik, dimana 9 titik laporan longsor diantaranya berasal dari wilayah Kecamatan Sidemen. Sedangkan sisanya di wilayah Kecamatan Selat, Manggis dan Kecamatan Abang.

“Dalam pandemic Covid 19 memang occupation kunjungan tersisa 5% perhari dari 1000-2000 orang perhari sebelum pandemi. Ini juga ujian berat bagi pelaku pariwisata di Kab. Karang asem. Tapi kita tidak bisa berdiam diri, terus yakin pandemic ini akan berakhir . Kami sebagai pengelola Tirta Gangga juga ketat Prokes baik di internal maupun untuk para pengunjung, semua fasilitas itu kami adakan“,tambah Agung penggemar lagu lagu Iwan Fals, dan classic rock lainnya ini

“Jika selama ini Tirta gangga memberikan restribusi kepada Pemkab Karang asem, pasca bencana ini apa ada bantuan dari Bupati?”, tanya KoranJokowi.com. “Tidak, kami tidak mengurusi itu, pasti lama, sedangkan recovery harus segera “, jawab Agung yang juga teman sejak SLTP di Jakarta thn.1980-an ini

“Bukankah itu berawal dari Pipa PDAM yang bocor seharusnya adalah minimal bantuan dari mereka, bagaimana”, tanya saya lagi.  Agung tertawa kecil diseberang seluler.

Teman teman KoranJokowi.com dimana saja berada,

Objek wisata Tirta Gangga, dulunya sebuah taman air kerajaan Karangasem yang berada di Bali timur. Saat ini taman Tirta Gangga Karangasem berfungsi sebagai tempat wisata di Bali timur. Mayoritas wisatawan yang berlibur ke taman Tirta Gangga Karangasem adalah wisatawan asing. Namun saat ini, objek wisata taman air Tirta Gangga sudah mulai di minati wisatawan Indonesia walaupun tidak banyak.

“Luas area dari taman Tirtagangga 2 hektar, yang memanjang dan membentang dari arah timur ke barat. Terdapat tiga tingkatan bangunan di taman Tirtagangga Bali. Di bangunan tertinggi terdapat mata air yang berada di bawah pohon beringin. Bangunan level kedua, terdapat kolam renang dan bangunan yang paling bawah terdapat kolam hias dengan air mancur. Nah yang kena longsor itu yang zona selatan, sepanjang 20 meter dan tinggi 6 meter. Mudah mudahan re-covery mandiri ini bisa segera selesai , karena pelanggan dan pengunjung akan selalu merindukan Tirta Gangga”, jawab Agung sebelum menutup ‘kangen kangenan ini.

“Betulkah biaya re-covery mandirinya hingga ratusan juta?”, Agung tertawa kecil lagi. ‘Ahahahah….

Ogh ya teman, objek wisata Tirta Gangga ini berada di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, yang berada di Bali timur. Jarak Bandara kesana sekitar 2-3 jam, pastinya tidak akan suntuk karena selama perjalanan banyak pemandangan yang ‘luar biasa untuk dinikmati, untuk yang mau datang secara grup/kolektif silahkan hubungi KoranJokowi.com, pastinya ada ‘discount sendiri’ , mengapa?, karena Agung pun adalah keluarga besar kami, KOranJokowi.com, ‘ Ahahahaha.. Suksme

‘Peace !!

(Red-01/Nyoman/Foto-Video.ist)

Sebelum musibah Longsor,

TIRTAGANGGA KARANGASEM BALI , “SURGA KECIL KITA SEMUA !” – (1) | KORAN JOKOWI

Saat Musibah Longsor,

(7) Facebook

Pasca Musibah longsor (Re-covery)

https://web.facebook.com/100019650151384/videos/794667794531552/

https://web.facebook.com/100019650151384/videos/794664191198579/

https://web.facebook.com/100000845111776/videos/4218210771550385/

 

Tentang RedaksiKJ 1432 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan