PERAN UMKM/KOPERASI & KOPERASI DI KAB.BATANGHARI JAMBI DALAM EKONOMI NASIONAL 2019-2024

PERAN UMKM/KOPERASI & KOPERASI DI KAB.BATANGHARI JAMBI DALAM EKONOMI NASIONAL 2019-2024

Koranjokowi.com, Kab batang hari , Jambi: Beberapa kali Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa suatu saat akan ada koperasi di Indonesia yang mampu tumbuh dan berkembang dengan perputaran uang yang sangat besar karena  selama ini koperasi yang ada di Indonesia baru  mampu menggalang dana dalam jumlah kecil.

Padahal, potensi koperasi untuk menjadi besar sangat terbuka. “Saya ingin satu, dua, tiga, empat atau lima koperasi masuk dalam jajaran 100 atau 300 besar koperasi secara global,” kata Jokowi dalam peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (12/7) lalu.

Dan Presiden Jokowi pun memberi contoh mengenai Koperasi Fontera yang ada di Selandia Baru. Menurut dia, koperasi ini berhasil menunjukan eksistensinya di bidang produksi susu dan produk olahan dari susu.

Hal lain yang sering disampaikan beliau pula jika  investasi merupakan kunci utama dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terlebih dalam kondisi Pandemi Covid-19 sekarang ini.

Jokowi mengatakan, investasi jangan dilihat hanya investor yang besar-besar saja. Para investor kecil yang berbasis UMKM dan Koperasi sama pentingnya dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Bahkan, Presiden mengatakan, Pemerintah juga telah membentuk satgas percepatan investasi melalui Keputusan Presiden 11/2021. Tugasnya yakni untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha, serta mendorong kerja sama investor besar dengan UMKM.

Bagaimana di Prov. Jambi?, Inshaa Allah kami punya  Koperasi Jasa Energi Batanghari Sejahtera, hal ini dapat saya lihat semangat itu ada saat hadir dalam acara rapat bulanan yang dihadiri oleh M.Ali (Ketua) dan para anggota lainnya;  indara. Mulyono, Mirsyandi, Saryadi, Ibu Lila angraini dan dewan pengawas Nasrunn Hasibuan S.H.

Rapat bulanan ini memang tidak digedung mewah cukup dirumah seorang warga bernama Suratman di desa Pompa air kec bajubang. Namun materi rapat …wow !

Usai rapat M.Ali. menyampaikan ke Koranjokowi.com bahwa koperasi berdiri sejak tahun 2017 dan tahun 2020 disyahkan dengan keputusan MENKUMHAM AHU-0005884.AH”,

Diantara materi rapat ada yang menarik bahwa di rapat mendatang akan membahas tentang penyerahan pernyataan surat pemilik sumur tua minyak bumi dan data sumur marjinal yang belum menyampaikan datanya dari beberapa orang.

“Iya sedang didata, rencananya akan kami ajukan ke Bupati Batang hari dan Gubernur Jambi, sambil menunggu BUMD kab batang hari harapan kami Insyaa Allah Koperasi ini akan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara ini”, tutup Ketua.

Inshaa Allah di edisi depan kita akn kupa apa yang disebut dengan sumur tua minyak bumi dan data sumur marjinal  itu.

(Todak-Team/Foto.ist)

Tentang RedaksiKJ 3810 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan