Kabar Lampung – (36),TRADISI MAPAK TOYO,LAMPUNG TENGAH JADI BUDAYA MASARAKAT TANI MEMASUKI MUSIM TANAM.

Kabar Lampung – (36),TRADISI MAPAK TOYO,LAMPUNG TENGAH JADI BUDAYA MASARAKAT TANI MEMASUKI MUSIM TANAM.

KoranJokowi.com, Kab. Lamteng : Sesuai jadwal yang ditetapkan Pemerintah daerah provinsi Lampung tentang musim tanam MT 1 untuk wilayah irigasi Sekampung sistem BBWSMS .Musim tanam padi diwilayah irigasi kanal 1 dan kanal 2 diatur secara gilir ,karena kemampuan pengairan yang tersedia di bendung Batutegi perlu ada pengendalian supaya air yang ada tidak terbuang sia sia.

MT 1 di bagi menjadi 5 golongan yang masing masing wilayah ketentuanya ditetapkan melalui SK Gubernur lampung yakni MT I golongan 1, wilayah Raman Utara dan Batang gari ,golongan II ,metro Pekalongan,dan adipuro,sedangkan MT 1 golongan III jatuh ditanggal 16/11 untuk wilayah Bekri dan Trimurjo dengan luas areal keseluruhan 10000 hektar lebih.

Untuk suksesnya MT ini para petani dan pengurus Gp3A diduga wilayah mengadakan acara MAPAK TOYO di pintu irgasi BK 10, tadi pagi (16/11). Acara yang dihadiri oleh Bupati Lampung tengah,Musa Ahmad dan rombongan berbaur didalam acara tersebut.Kehadiran orang nomer 1 di Lampung tengah baru kali pertama turut serta dalam acara tersebut, dalam kata sambutanya Musa Ahmad berpesan kepada para petani untuk mensukseskan program tanam ini supaya petani yang ada bisa mendapatkan hasil panen dan sekaligus bisa mengurangi beban ditengah pandemi  covid19 .

Kita tetap harus meningkatkan dan membangkitkan perekonomian melalui sektor pangan,sesuai dengan kondisi geografis kita yakni kawasan sentra pangan karna Lampung tengah lahan persawahan cukup luas dan satu satu nya irigasi moderen yang kita miliki harus betul betul kita manfaatkan ujar Musa Ahmad. Acara ini lanjutnya perlu kita budayakan karna ada nilai positif selain silaturahmi sesama petani kita terlihat kompak dan solid untuk mendukung program pangan nasional dan Lampung tengah semakin berjaya.

(Farizal)

www.istananews.com

Lainnya,

Kabar Lampung – (35), “BUPATI LAMTENG & KEJAYAAN PRODUKSI PADI” – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3071 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Kabar Lampung – (37), " GELIAT TP-PKK KAB.LAMTENG TENTANG SEKOLAH RAMAH ANAK TH.2021" - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan