Kabar Cimahi (20), Kepala Sekolah SMAN 2 Cimahi, Drs Dodi Sularto, MM “LANGKAH TEPAT DALAM MENDIDIK GENERASI MILENIAL”

Kabar Cimahi (20), Kepala Sekolah SMAN 2 Cimahi, Drs Dodi Sularto, MM
“LANGKAH TEPAT DALAM MENDIDIK GENERASI MILENIAL”

LKoranJokowi.com, Cimahi, Jabar : “Ingin wujudkan Insan yang kreatif dan bermanfaat tidak saja bagi diri sendiri tapi juga bermanfaat bagi orang lain”. Sebagian Lokal SMAN 2 Cimahi,termasuk ruang kelas disulap menjadi ruangan penuh aksesoris. Di dalam ruangan-ruangan tersebut siswa-siswi sekolah ini memamerkan kreativitas mereka dalam” SMAN 2 Cimahi Pudly Present Dafest 22 Daci Art Festival and Teknologi “Act Est Fabula”.Festival yang memgusung konsep model pembelajaran Project Based Learning (PJBL)  untuk melatih jiwa enterpreunership siswa, soalnya berbeda dengan pameran pameran pada umumnya, kalau konsep kita seninya adalah seni terapan, seni yang bisa dijual, nanti diseni karya ini yang menguji sukses tidaknya adalah pasar, Ungkap Kepala Sekolah SMAN 2 Cimahi, Drs Dodi Sularto, MM disela sela memperkenalkan aneka karya anak didiknya kepada para tamu undangan.

Memang bukan hal yang biasa dan mudah menggelar pameran seni dan karya anak anak dimasa pandemic covid-19.Sejak bulan agustus 2020 kita sudah menawarkan program ini sebelum pandemic tapi bulan maret 2021 lockdown. Tetapi sebelumnya kami sudah awali dengan sosialisasi, bintek, mengundang para narasumber seperti dari UPI, Pengawas Akli (Alumni) untuk membina dan membimbing guru-guru. Setelah guru-gurunya paham baru diajarkan ke siswa. Alhmadulilah, proses PJBL berjalan selama kurang lebih enam bulan sampai menghasilkan produk.

Dodi, demikian Dodi Sularto disapa, didapuk sebagai kepala sekolah sejak tahun 2020 lalu. Sebelumnya beliaupun menjabat kepala sekolah SMAN I Cimahi. Atas sepak terjang dan pengalamannya itu, beliau mampu membangun kreativitas anak didiknya agar tidak menjadi manusia yang sekedar ikut arus tetapi mampu memaknai hidup dengan potensi dan kreativitas yang dimiliki. Dengan memamerkan karya seni dan kreativitas di 9 stand, pasar seni 12 ruang selama 2 hari, kamis (20-21/1) di SMAN 2 Cimahi, yang berlokasi di jln Sriwijaya X No 45 A, Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi Jabar.

Langkah tepat

Menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif untuk generasi milenial, kini menjadi tantangan yang berat bagi sistem pendidikan kita. Bukan tanpa alasan. Pasalnya perkembangan dan kemajuan teknologi yang makin pesat bukan hanya membawa dampak positif bagi kehidupan tapi jadi tantangan dan persoalan generasi mudah(Red).

Selain sistem pendidikan yang harus menyiapkan mereka agar tidak tersisihkan diera globalisasi. Salah satunya dengan menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif itu sendiri. “Cimahi tidak punya sumber daya alam dan ini memang sudah kita alami bersama. Peningkatan kualitas sumber daya manusia awalnya dari sekolah, memang harus menjadi satu harapan kita kedepannya agar anak-anak kota Cimahi menjadi anak yang kreatif, inovatif sebagaimana yang kita saksikan hari ini, tegas Asisten Pemerintah Kota Cimahi, Maria Fitriani, usai membuka secara resmi acara tersebut kepada Koranjokowi. Com.

Saatnya anak-anak diberi kesempatan mengkreasikan dan memunculkan potensi yang mereka miliki maka muncul banyak hal yang tidak terduga dari apa yang kita pikirkan sebelumnya.Jadi kesempatan ini menjadi ajang mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi siswa/siswi ,generasi muda agar kedepan menjadi anak yang berkualitas, timpal Maria yang kerap disapa Pipit itu.

Begitupun Kepala Cabang Pendidikan (Kadisdik) Wilayah VII (Kota Cimahi dan Bandung) H Arief Subakti, S. Pd, Mpd, ketika dimintai komentarnya menuturkan apresiasinya atas terlaksananya pameran hasil karya dan seni anak anak kelas IPS dan IPA SMAN 2 Cimahi.Apa yang kita saksikan hari ini merupakan bagian dari “Mardeka belajar”anak anak bisa bebas berkarya. Dimasa pandemic covid 19 kita jarang melakukan kolaborasi ,padahal dimasyarakat disuatu saat nanti apabila ingin maju harus mampu berkolaborasi, percuma pintar kalau hanya untuk diri sendiri..
Kedepan kami akan terus mendorong sekolah- sekolah untuk menumbuh kembangkan kreativitas siswa,supaya lebih kreatif dengan mengedepankan pelbagai kegiatan.salah satunya sebagaimana yang kita saksi sendiri hari ini.

Turut hadir dan menyaksikan pameran seni dan teknologi terapan,, Plt. Walikota Cimahi, yang diwakili Asisten1, Maria Fitriana, Ketua KCD Wilayah VII, H. Arief Subakti, S. Pd, MPd, TNI, POLRI, para seluruh kepala sekolah yang tergabung di wilayah VII,RT,RW ,Lurah, Insan Media yang tergabung di PWI Kota Cimahi, Undangan serta para orang tua Siswa.

(Sinto/Foto.ist)

Lainnya,

Kabar Cimahi (19), Dies Natalis ke-67 Unpar, Presiden Bicara Implementasi Pancasila dalam Penanganan Pandemi – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3845 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Kabar Cimahi (21), KOTA CIMAHI DARURAT NARKOBA !? - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan