Drs. Anas Saefudin, M. Si “BNN KOTA CIMAHI MEMANG PESAWAT TEMPUR “

Drs. Anas Saefudin, M. Si
“BNN KOTA CIMAHI MEMANG PESAWAT TEMPUR “
( SAY NO TO DRUGS )

Koranjokowi.com, Kota Cimahi,  Edukasi:

Pesawat pesawat tempur BNN Kota Cimahi ibarat tiada berhenti mengudara, dia akan selalu ada diangkasa biru siap dengan segala peluru dibawah komando para pilot, seperti itulah Koranjokowi.com ‘mengibaratkan’ sejak lama kalau pun dengan minimnya anggaran namun loyalitas & totalitas jangan diragukan apalagi dalam kinerjanya mendapatkan dukungan dari PWI Kota Cimahi dan para awak media disana. ‘Full-team !

Sebagaimana kemudian ceritera hari ini , dihadapan media (29/12), Plt. Kepala BNN Kota Cimahi, Drs. Anas Saefudin, M. Si mengatakan  “Didalam mengantisipasi maraknya pengguna dan korban narkotika, tak cukup hanya say no to drugs! Harus ada gerakan. Narkoba itu merupakan ancaman serius. Untuk itu, peran media dalam satuan kerja BNNK Cimahi menjadi sangat penting. Biar masyarakat mengetahui apa yang sedang dan akan dilakukan Badan Narkotika Kota Cimahi.  Bayangkan, dari 3 kecamatan dan 15 kelurahan dengan kapasitas penduduk yang sangat padat akan sangat memungkinkan ruang peredaran gelap narkoba terjadi, apabila kita tidak berusaha dan berupaya memagarinya., tukasnya sebelum memaparkan pencapaian pencapaian yang telah dilakukan selama tahun berjalan”, demikian Anas diruang rapat BNN Kota Cimahi, Jawa Barat.


Ditambahkan Anas, selama setahun berjalan, BNN Kota Cimahi telah “all out” memberikan kontribusi lewat aksi aksi. Pertama, kegiatan seksi pemberantasan, diantaranya berhasil mengungkap laporan kasus Narkotika (LKN) satu kasus, dengan tersangka satu orang berinisial A, jumlah P21 satu kasus dengan jumlah barang bukti, 11,5 gram sabu (Brutto). Barang bukti non Narkotika, Satu (1) unit hedpone, satu(1) unit timbangan digital, satu(1) bungkus plastik klip bening, satu (1) buah kotak plastik berwarna hitam dan satu(1) dos kotak berwarna hitam. Dengan penyelidikan tindak pidana narkotika selama 3 kali yang berujung pada terungkapnya tindakan pidana Narkotika yaitu satu kasus.


Masih kata Anas, Kegiatan seksi pencegahan yang meliputi; Advokasi penguatan ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan dengan sasaran 5 kelurahan , kelurahan Cibabat, Kelurahan Cigugur Tengah, Kelurahan Cipageran, Kelurahan Cibeber, dan Kelurahan Leuwigajah. Pendampingan program ketahanan keluarga anti narkoba kepada 10 keluarga sebanyak empat kali pertemuan. Pembentukan remaja teman sebaya anti narkotika dengan melakukan dialog interaktif kepada 10 remaja. Dimana mereka diberikan pemahaman serta mengembangkan kemampuan yang aplikatif kepada remaja dalam menciptakan hubungan pertemanan yang adaptif dalam menolak penggunaan narkoba.

Disamping itu, kegiatan pemberdayaan masyarakat, didalamnya terkandung strategi mewujudkan kota Cimahi menjadi Kota tanggal ancaman Narkoba (Kotan) dalam upaya pengayaan orientasi visi pembangunan kota berkelanjutan dan berdaya saing pada tahun 2045. Yang meliputi: Pembinaan teknis bersama instansi vertikal dibawahnya BNNK Cimahi, untuk membangun sinergitas kelembagaan dalam melaksanakan program yang telah ditetapkan. Pemetaan,meliputi kawasan rawan narkoba, potensi kawasan narkoba, kelompok wawasan yang menjadi target P2M Pengembangan kapasitas dan pembinaan masyarakat, yang ditujukkan kepada para pemangku kepentingan dari seluruh kelompok sasaran yang ada dikawasan rawan dan kawasan tidak rawan, dengan tujuan peningkatan kapasitas individu terhadap pemahaman dan pengetahuan P4GN serta Monitoring evaluasi; untuk mengetahui indeks kemandirian partisipatif (IKP) yang nantinya akan mendukung indeks KOTAN. Dimana, Lingkungan pemerintah dengan IKP tertinggi skor 3.26.Lingkungan swasta dengan IKP tertinggi skor, 2.53.Lingkungan Pendidikan dengan IKP tertinggi skor 3.57 dan lingkungan masyarakat dengan IKP tertinggi 3.55,ujar Anas sambil ingin membuktikan inovasi inovasi baru dalam kepemimpinannya itu.  Dan kegiatan tes urine tahun 2022 telah dilaksanakan sebanyak 11kali dengan jumlah peserta 909 orang.

Selanjutnya, kegiatan seksi rehabilitasi; Meliputi layanan, pertama, rehabilitasi Narkoba. Upaya pemulihan ketergantungan narkoba agar kembali pulih, produktif dan berfungsi sosial. BNN kota Cimahi telah merehabilitasi 30 orang penyalaguna narkoba melalui klinik pratama BNN Kota Cimahi yang berjumlah 26 orang (87℅) berjenis kelamin laki-laki, dan 4orang (13℅) merupakan perempuan. Dengan tingkat pendidikan, 12 orang (40℅) tamat SMA, 10 orang (30℅) Tamat SD, 6 orang (20℅) tamat SMP dan 3 orang tamat perguruan tinggi. Berdasarkan pekerjaan, 13(43,33℅)orang pelajar mahasiswa, 5 orang (16, 67℅) Buruh, 4 orang (13, 33℅) tidak bekerja, 4orang (13, 33℅) Polri, 3orang (10℅) pegawai swasta dan 1 orang (3, 34℅) Wiraswasta. Sedangkan jenis sat yang digunakan, 13 orang (43, 33℅) pengguna heximer, 11 Orang (36, 67℅) pengguna shabu, 3 orang(10℅) pengguna ganja, 2orang (6, 67℅) pengguna tramadol, 1orang (3, 33℅) pengguna apramzolam.

Kedua, Kegiatan Unit IBM. BNNK Cimahi berhasil membentuk 1 unit Layanan intervensi berbasis masyarakat di kelurahan Cipageran. Ketiga, layanan pasca rehabilitasi, kepada 15 orang mantan pengguna narkoba. Keempat, Layanan Penertiban SKHPN berupa layanan penertiban surat keterangan hasil pemeriksaan narkoba bagi masyarakat sekitar kota Cimahi sebanyak 353 layanan.

Diakui Anas didalam pelaksanaan BNNK Cimahi tidak luput dari hambatan hambatan seperti, keterbatasan personil, rendahnya kesadaran masyarakat serta keterbatasan sarana prasarana.  Namun demikian, BNN Kota Cimahi tidak patah semangat, terus berjuang berusaha. Lewat gerakkan, komitmen, semangat dan tekad yang kuat dalam mengatasi permasalahan yang tanpa batas ini.  Turut hadir saat itu; Kepala Sub bagian umum, Ahmad Nukman Ginanjar, S. E., M. Ak, Sub Koordinator P2M, Lulyana Ramdhani, M. Tr. AP dan Sub Koordinator Rehabilitasi, Hera Herawati, SKM.

” Wahai pesawat pesawat tempurku, jagalah angkasa biru, jagalah NKRI Kita”

(Sinto/HerniCM/Red-01)

Lainnya,

Kabar Cimahi (26), GURU KOTA CIMAHI BERBAGI PEDULI

Kabar Cimahi (26), GURU KOTA CIMAHI BERBAGI PEDULI Koranjokowi.com, Cimahi, Jabar : Aktivitas para guru bukan hanya mengajar dan mendidik di Lingkungan sekolah saja, akan tetapi harus mampu peduli dan berbagi dengan masyarakat sekitarnya. Kantor […]

Kabar Cimahi (21), KOTA CIMAHI DARURAT NARKOBA !?

Kabar Cimahi (21), KOTA CIMAHI DARURAT NARKOBA !? Koranjokowi. Com, Bandung: Sebagaimana program Presiden Jokowi ‘Indonesia Darurat Narkoba’, maka tiada kata lelah dan lemah memberantas Narkoba termasuk di kota Cimahi, yang tidak  bisa dipungkirin peredaran […]

DAERAH/DESA

Kabar Cimahi (16), “AYO DUKUNG WALIKOTA CIMAHI KEMBANGKAN SEKTOR WISATA”

Kabar Cimahi (16), “AYO DUKUNG WALIKOTA CIMAHI KEMBANGKAN SEKTOR WISATA” KoranJokowi.com, Kota Cimahi Jabar : Sangat sedikit yang mengetahui asal muasal Kota Cimahi, dari berbagai sumber disebut jika Cimahi mulai dikenal pada tahun 1811, Gubernur […]

PWI & BNN KOTA CIMAHI IBARAT  DUO PESAWAT TEMPUR  YANG TIADA LELAH PERANGI NARKOBA !

PWI & BNN KOTA CIMAHI IBARAT  DUO PESAWAT TEMPUR  YANG TIADA LELAH PERANGI NARKOBA ! KoranJokowi.com, Cimahi, Jawab Barat : Merebaknya peredaran dan penyalagunaan narkoba dalam sebagian lingkup kehidupan masyarakat Indonesia, khusus masyarakat Kota Cimahi […]

Tentang RedaksiKJ 3344 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan