” Guntur Sukarno, Saksi kecil Bung Karno saat melawan CIA & eratnya Bung Karno  dengan Rakyat Aceh “

” Guntur Sukarno, Saksi kecil Bung Karno
saat melawan CIA & eratnya Bung Karno  dengan Rakyat Aceh “
Koranjokowi.com, Editorial :
Sebagai putra sulung dari alm. Presiden Ir H Sukarno, pastinya Guntur Sukarno (Mas Tok / Om Gun) yang menepi dari hiruk pikuk politik demikian dekat, Om Gun dilahirkan tgl. 3 November 1944, dan ayahanda wafat tgl. 21 Juni 1970, dalam arti Om Gun telah bersama ayahanda selama 26 tahun lamanya atau hingga usia Om Gun ke-26 thn.
“Bapak itu orangnya konsekuen, nggak pernah takut sama siapapun,” demikian salah satu pernyataan beliau tentang ayahanda saat peluncuran buku ‘Bung Karno, Bapakku, Kawanku, Guruku’ tahun 2010 lalu.
Om Gun juga mengatakan dirinya bangga sebagai anak Sukarno (Bung Karno) mengingat ayahanda demikian disegani kepala negara lainnya termasuk oleh Presiden Amerika ke-35 thn 1917 – 1963 –  Jhon F. Keneddy. Apalagi  saat itu Amerika demikian ‘cemburu kepada Bung Karno yang demikian dekat dengan Sovyet (Rusia) , China dan Korea Utara & Selatan.
JF Kennedy - Soekarno
OM Guntur pun pastinya telah mencium atau mendengar dari ayahanda bagaimana ayahanda adalah target  Badan Pusat Intelijen Amerika Serikat (CIA), melalui aneka cara dan muslihat yang luar biasa halusnya sehingga tidak terdeteksi oleh badan-badan intelijen Indonesia ataupun komunitas intelijen Indonesia.Yang intinya akan ‘menghabisi’ ayahanda.
https://www.youtube.com/watch?v=QqdWDD60J_w
https://youtu.be/QqdWDD60J_w
pembunuhan Kennedy dan Sukarno | Mysterious Thing • Conspiracy • Controversy • UFO & Alien • Archeology • Science • Universe • • • • • • • • • • • •

Salah satu agen CIA itu adalah Bill Palmer. Yang disebagian sumber juga disebut sebagai agen Chekoslavia yang jago memanfaatkan momentum. Baik, sejak Pemerintah Indonesia hijrah ke Yogyakarta, 1946, Palmer sudah muncul dalam acara-acara di Gedung Negara Yogyakarta, di Penginapan Presiden RI di Blair House thn.1956, di pusat industri mobil di Detroit, di pusat pendidikan pasukan khusus AA di Fort Bragg, dsb.

Om Gun juga pasti kemudian tahu bagaimana derasnya isu / tuduhan banyak orang jika Bill diduga terlibat dalam pemberontakan separatis oleh PRRI di Padang, Sumatera Barat. Kalau pun Bill juga menjabat sebagai kepala American Moving Picture Association in Indonesia (AMPAI)– suatu badan perfilman AS di Indonesia kemudian isu itu terbantahkan karena yang terlibat adalah Hugh Tovar – diplomat Kedubes AS di Jakarta.

677 Fat Devil Stock Vectors, Images & Vector Art | Shutterstock
header img

Pastinya juga Om Gun mendengar dari ayahanda yang digelari ‘Gigi ginsul seksi’ ini bahwa ada informasi  Deplu AS yang intinya membenarkan jika Palmer adalah CIA ?, pastinya Om Gun juga dengar dari ayahanda bahwa negara tidak bisa  ‘ujug – ujug’ menangkap Bill jika belum ada bukti akurat?,

Soekarno Vs Kartosuwiryo

Namun Allah tidak seperti itu, karena  kemudian pada 1960-1962, kedok Bill Palmer terungkap karena  tertangkap basah tengah membagikan senjata kepada anak buah DI/TII Kartosuwiryo di vilanya ,  Gunung Mas Puncak oleh pasukan Kujang 1 Siliwangi. Kartosuwiryo memang sahabat kecil ayahanda yang kemudian menjadi lawan politik, atas pskilogy itu pula yang membuat ayahanda ‘ngamuk’ ke Bill Palmer, dan tak lama kemudian Bill pun ‘ditendang’ ayahanda, dipersona-nongratakan dan diusir keluar dari Indonesia .

‘Ehehehe…

https://rosodaras.files.wordpress.com/2010/07/ghia1.gif?resize=390%2C156

Atau Om Gun pastinya masih ingat saat ‘disemprot ayanda karena ketahuan ngebut, saya lupa ini terjadi kapan entah thn.1962 atau 1967 , karena ceritera ini pernah disampaikan ayahanda – alm.HMU. Suwendi , dimana Bung Karno marah besar karena  Om Gun saat itu mengajak adiknya Mba Megawati , intinya Bung Karno marah jika Om Gun balapan dijalan umum, “Kalau masih lagi bapak dengar kau balapan, mobilmu akan bapak bakar”

Pesawat DC-3 bernomor registrasi RI-001 berada di Kemayoran, Jakarta, tanggal 17 Agustus 1950. Ini merupakan pesawat pertama Indonesian Airways, cikal bakal dari perusahaan penerbangan Garuda Indonesia. Pada tanggal 17-9-1950, AURI dilangsungkan penerbangan pertjobaan untuk para undangan dengan pesawat RI. 001, di Kemajoran.

OM GUNTUR SAKSI SEJARAH BUNG KARNO & RAKYAT ACEH

Selain lawatan keberbagai negara dan daerah di Indonesia, Om Gun pastinya pernah menjadi bagian saksi sejarah disaat rakyat Aceh mengumpulkan uang lebih dari 120.000 dollar Malaysia dan emas 20 kg guna mendukung perjuangan ayahnda khususnya membeli 2  pesawat jenis Dakota di bulan Oktober 1948. Satu semangat bersama dimana Indonesia harus tetap sehat dan kuat ditengah kepungan politik blokade ekonomi dan militer dari pihak Belanda. Yang kemudian pesawat itu dinamakan ‘Seulawah RI-001’  sebagai penghormatan untuk masyarakat Aceh yang telah membantu negara.

Om Guntur juga adalah bagian terkecil sebagai saksi sejarah disaat Rakyat Aceh menyumbang emas untuk pembangunan Monumen Nasional (Monas) yang  sempat terbengkalai pada 1966-1972 karena pasang surut politik dan ber-anggaran lebih dari Rp 358.328.107,57.  Karena keuangan negara terbatas maka Bung Karno pun  mencari  dermawan dari penjuru Tanah Air. Salah satu bagian paling menarik dari Monas adalah emasnya yang berbobot lebih 30 kilogram.

Dan seorang putra daerah asal Aceh, Teuku Markam, pun menyumbang sampai 28 kilogram emas saat awal pembangunan Monas. Juga ada sumbangan dari 15 bioskop Rp 49.1 juta, Bioskop Parepare, Sulawesi Selatan, – Rp. 7.7 juta, bioskop Watampone, Sulawesi Selatan, Rp 1.3 juta, bioskop Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rp 884.528,85.dsb.

Teuku Markam yang memang sahabt dekat Bung Karno merupakan keturunan Uleebalang yang lahir tahun 1925 di Seuneudon dan Alue Capli, Panton Labu Aceh Utara dan dinamai Teuku Marhaban.  Dia, melalui PT. Markam dikenal sebagai kontraktor proyek pembangunan infrastruktur di Aceh dan Jawa.

Karena dianggap ‘teman dekat’ Bung Karno di era Orde baru tahun 1966 pun dipenjara tanpa alasan, lucunya PT, Markam pun diambil alih Orba  menjadi cikal bakal BUMN bernama PT Berdikari (Persero).

Om Guntur pasti tahu ceritera itu, dan Om Guntur pasti juga merasakan sakitnya Rakyat Aceh kepada perlakuan Orba terhadap alm. Teuku Markam yang juga dituduh Orba sebagai PKI, Om Guntur juga pasti tahu bagaimana sedihnya Bung Karno saat wafat tahun 1970 karena dia tidak dapat mengantar jenasah Teku Markam keliang lahat tahun 1985 atau 10 tahun kemudian.

(Red-01/Aruan-Foto.ist)

Lainnya,

FOTO BICARA INDONESIA

Diary, Guntur Sukarnoputra 1944 – 2022 (24), ” MENGAPA BUNG KARNO BELUM PERNAH KE  INGGRIS RAYA? “

Diary, Guntur Sukarnoputra 1944 – 2022 (24), ” MENGAPA BUNG KARNO BELUM PERNAH KE  INGGRIS RAYA? “ Koranjokowi.com, Jakarta : Bung Karno dikenal sebagai kepala negara yang paling sering melakukan kunjungan ke luar negeri karena […]

 

 

Tentang RedaksiKJ 3344 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan