Melawan Lupa (144), ” MAKAM PAHLAWAN BEKASI – MM.HASIBUAN VS ALUN ALUN KINCLONGNYA “

Melawan Lupa (144),

” MAKAM PAHLAWAN BEKASI – MM.HASIBUAN VS ALUN ALUN KINCLONGNYA “

Koranjokowi.com, LifeStyle :

Teman teman Relawan Jokowi Ahok dimana saja berada,

HORAS !

Alun-Alun Kota Bekasi tinggal kenangan karena sekarang berganti nama menjadi alun-alun Madmuin Hasibuan setelah dilakukan renovasi sejak tahun 2021 lalu, waktu lalu saya lewat sana sebetulnya tidak sengaja karena tujuannya saat itu ke kantor Atr/Bpn kota Bekasi

Dari beberapa sumber disebutkan, Peresmian usai renovasi dilakukan oleh Gub. Jabar – Ridwan Kamil tgl. 21 Februari 2022, kini alun alun ini terbagi ke dalam 3 zona, yaitu: 1.Lapangan serbaguna yang sekarang terdapat pendopo, tiang bendera dan berada di depan Masjid Agung Al-Barkah, 2. Ruang terbuka hijau, yang ada Tugu Resolusi Rakyat Bekasi, ada di seberang kantor BPJS dan 3. Taman Hutan Kota yang berada di bagian utara alun-alun Madmuin Hasibuan Kota Bekasi.
Yang konon, dana renovasi luas 2,6 hektar  itu berasal dari  APBD Provinsi Jawa Barat dengan nilai Rp 14,8 miliar. Saya juga sempat lihat http://lpse.bekasikota.go.id/eproc4/nontender/21680359/pengumumanpl, dimana ada anggaran Rp.59.278.000,00 untuk Belanja Inventaris Taman Makam Pahlawan , kode: 21680359, tgl. 1 Agustus 2022.
‘Wow !

Lalu siapa Madmuin Hasibuan?, beliau adalah salah satu pahlawan pejuang kemerdekaan Bekasi, dengan nama lengkap Mayor Madmuin Hasibuan. Ketika masa revolusi kemerdekaan beliau berperang melawan agresi Belanda. Beliau juga pernah menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah Sementara (DPRDS) pertama melalui Partai Masyumi, tahun 1950-1956.

Mayor Madnuin Hasibuan (MMH) keturunan Tapanuli Selatan, Sumut. sayangnya kita akan kesulitan mencari data data lainnya yang menyangkut sosok pahlawan ini. Mungkin Pemkot Bekasi harus memulainya ini diwaktu mendatang.

Kisah Mayor Madmuin Hasibuan, Pahlawan Bekasi Terlupakan Pernah Jadi Target Pembunuhan PKI

Teman teman Relawan Jokowi Ahok dimana saja berada,

MMH adalah bagian dari  Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang kemudian berganti nama menjadi  Tentara Keamanan Rakyat (TKR) 5 Oktober 1945. Pimpinan TKR Jakarta saat itu adalah Moeffreni Moe’min dengan pembantunya, Komandan Batalyon II/Cikarang – Mayor Sadikin, Dan Yon V/Bekasi – Mayor Sambas Atmadinata bermarkas di Kampung Tugu, Dan Yon VI/Citeureup – Mayor Katamsi dengan komandan kompi antara lain Kapten Oking Djajaatmadja (27 tahun) berkedudukan di Cileungsi. Juga , TKR Laut pimpinan Madnuin Hasibuan di Marunda – Cilincing.

Batak architecture - Wikiwand

MMH memang ‘macan Bekasi, bersama rekan dan laskar rakyat beliau terlibat beberapa kali pertempuran di Bekasi dengan pasukan Belanda dan NICA. MMH memang dekat dengan Pasukan Laskar Rakyat pimpinan KH Noer Ali – ‘Singa Karawang Bekasi’ dalam peristiwa perang antara Karawang – Bekasi yang terkenal.

MMH pun ikut mendukung penghapusan RIS & Negara Pasundan untuk digabungkan ke dalam RI Desember 1949 , MMH disertai tokoh Bekasi lainnya, al :  KH. Noer Ali, R. Supardi, M. Hasibuan, Sukardi, dll. Kemudian mereka membentukPanitia Amanat Suara Rakyat Bekasi. Bersama sekitar 25.000 masyarakat Bekasi berkumpul memenuhi Alun-Alun pada 17 Januari 1950 lahir Resolusi Rakyat Bekasi.

Dimana berisi semangat rakyat  Bekasi dan Cikarang memisahkan diri dari Republik Indonesia Serikat (RIS), dan bergabung ke dalam Negara RI. Yang berikutnya adalah mengubah nama Kabupaten Jatinegara menjadi Kabupaten Bekasi.

Kawasan Makam Pahlawan KH Noer Ali/RMOLJabar

Rawagede Menggugat – Biar sejarah yang bicara ……

Almarhum Mayor Madmuin Hasibuan juga pernah menjadi ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah Sementara (DPRDS) pertama melalui Partai Masyumi, tahun 1950-1956. Dan beliau di makamkan di belakang Masjid Agung Al-Barkah yang berada tepat di Jl. Veteran tidak jauh dari alun – alun itu. Sayang karena saat itu hujan mulai turun tidak sempat ‘mampir’ kemakam pahlawan yang (konon) ‘kumuh, bahkan meninggalkan pesan Koranjokowi.com “Bagaimana bisa makam pahlawan berada dipemakaman umum & tanpa perawatan maksimal?, apakah memang tidak ada anggaran untuk sekedar merawat makam MMH, yang tersederhana adalah mengganti nisan dsb?”

Spesial 17 Agustus, Kumpulan Foto Bekasi Tempo Dulu - PojokBekasi.com

Semoga tidak ya, semoga sudah ada perawatan yang maksimal dari Pemkot dsb. Ingat pesan Bung Karno, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.”.

 

Dan sangat tidak salah kalau pun saya berasal dari Parahyangan mengutip satu  Pribahasa asal Batak Sumatera utara yang mengatakan,‘ Bolus do mulani hadengganon, jujur do mula ni hasesega’, orang yang baik akan selalu melupakan kejelekan orang lain, tetapi apabila suka menghitung perbuatan baik diri sendiri kepada orang lain akan menjadi sebab adanya perselisihan.

 Jalo asi Tuhan naung Pajumpanghon dohot jolma na Tingkos

Terima kasih Tuhan sudah mempertemukan dengan orang yang tepat

Mauliate godang,  Opung M. Hasibuan !

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

https://koranjokowi.com/2023/01/04/guntur-sukarno-saksi-kecil-bung-karno-saat-melawan-cia-eratnya-bung-karno-dengan-rakyat-aceh/

” ACEH BANGKIT THN.2023:  MAHAYASA SMART CITY, POTENSI PAJAK & KOPI GAYO “

 

Kabar Sumatera (82), Presiden Resmikan Tujuh Pelabuhan Penyebrangan dan Empat KMP di Kawasan Danau Toba

Kabar Sumatera (82), Presiden Resmikan Tujuh Pelabuhan Penyebrangan dan Empat KMP di Kawasan Danau Toba Koranjokowi.com, Bandung : Presiden Joko Widodo meresmikan 7 pelabuhan penyeberangan dan 4 kapal motor penumpang (KMP) di Kawasan Dermaga Pelabuhan […]

SUMBER BENCANA BAGI MASYARAKAT KITARAN  KALDERA TOBA – (23), ‘TUNGGU PRESIDEN JOKOWI KE TOBA “

SUMBER BENCANA BAGI MASYARAKAT KITARAN  KALDERA TOBA – (23), ” TUNGGU PRESIDEN JOKOWI KE TOBA “ Koranjokowi.com, Jakarta : Kalimat terakhir di bagian ke22….. Terusan ini di permak  tentu untuk mendukung Program Pariwisata super prioritas […]

Budi D.Ginting, ” Relawan Jokowi Bandung & Medan, Siap Dukung Lagi Relawan Jokowi Aceh  Tahun 2023 – 2024 ?”

Budi D.Ginting, ” Relawan Jokowi Bandung & Medan, Siap Dukung Lagi Relawan Jokowi Aceh  Tahun 2023 – 2024 ?” Koranjokowi.com, OPini : Siang  ini (Jumat, tgl. 23/12) saya  kembali menelepon PimRed setelah saya lihat ada […]

Kabar Deli serdang (25), “WATIMPRES KE DELI SERDANG TIDAK BICARA TENTANG BPRPI ? “

Kabar Deli serdang (25), “WATIMPRES KE DELI SERDANG TIDAK BICARA TENTANG BPRPI ? “ Koranjokowi.com, Kab. Deli serdang, Sumut : Pagi tadi (30/8) , StafSus Koranjokowicom Kab. Deli serdang & Batubara menelepon bertanya tentang apakah […]

 

 

 

 

Tentang RedaksiKJ 3342 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan