Kabar Jakarta (98), ” BIKE SHARING / SEPEDA SEWA JAMAN ANIES RUGI & SIAP MANGKRAK !? “

Kabar Jakarta (98),

” BIKE SHARING / SEPEDA SEWA JAMAN ANIES RUGI & SIAP MANGKRAK !? “

Koranjokowi.com, OPini :

Jauh hari sebelum ‘lengser’ Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penataan kawasan Taman Semanggi, khususnya sarana dan prasarana untuk pejalan kaki dan pesepeda (12/10/2022).  Anies memandang, selama ini  kawasan elite  ini hanya dilewati oleh kendaraan bermotor, kedepan bisa dinikmati oleh pejalan kaki. ‘Oh mulianya ..

Saat itu, Anies menyampaikan sejauh ini pihaknya telah menuntaskan pembangunan jalur trotoar di Jalan Jenderal Sudirman serta jalur sepeda. Rinciannya adalah lebih dari 240 kilometer jalur trotoar serta lebih dari 100 kilometer jalur sepeda di seluruh Jakarta. ‘Oh mulianya…

Hingga saat itu telah terealisasi >  73,37 persen dan akan selesai 100% diakhir bulan Oktober 2022 lalu. Dan saya belum tahu bagaimana endingnya sampai saat ini, mungkin karena jarang baca media ya. 

Namun entah ada kaitannya akan hal diatas atau tidak, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dalam rilisnya (29/11) lalu  mengatakan akan menarik 218 unit sepeda sewa di 67 titik tambat di ibu kota secara bertahap karena kesulitan pendanaan dari operator.

Program Sepeda sewa tersebut ada sejak thn.2020 lalu berupa layanan Bike Sharing atau sepeda umum berbasis aplikasi yang disediakan Pemprov DKI Jakarta sejak pandemi COVID-19 yang digagas  Anies Baswedan  ” Iya, atas hal itu pula sebanyak 218 sepeda Gowes  dicabut peredarannya karena operator existing gowes itu kesulitan pendanaan, karena sekarang kan aplikasi mereka masih menggunakan 2G teknologi. Pasalnya, untuk melakukan pembaharuan teknologi memerlukan investor lebih dulu”,  ucap Kadishub DKI Jakarta – Syafrin Liputo, Senin (28/11/2022).

Image

Program ‘Bike sharing di Jakarta diluncurkan pada era  Gubernur Anies Baswedan tahun 2020 itu, menerapkan sistem sewa sepeda yang bisa dipakai warga mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Secara teknis, layanan Bike sharing harus menggunakan aplikasi Gowes yang bisa diunduh di Play Store dan Apps Store. Bagi yang telah memiliki akun warga bisa langsung menikmati bike sharing dengan memindai QR barcode di tempat parkir untuk membuka gembok sepeda. Dengan Tarif menyewas sepeda dibandrol Rp 3.000 per 15 menit.

JIKA SEKARANG KESULITAN DANA  BERARTI SELAMA 2 TAHUN INI RUGI ?

SEMOGA PAK ANIES DAPAT MEMPERBAIKI PROGRAM INI, AAMIIN.

… Lagh bijimane sih ente, pak Anies kan udah gak jadi gubernur lagi tau? …

‘Eheheheh, lupa…

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan