” SELAMAT BERTUGAS PANGLIMA TNI LAKSAMANA YUDO MARGONO “

” SELAMAT BERTUGAS PANGLIMA TNI LAKSAMANA YUDO MARGONO “

Prajurit Marinir melakukan defile saat Upacara Sertijab Komandan Korps Marinir (Dankormar) di Lapangan Apel Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018). Mayjen TNI (Mar) Suhartono resmi menjabat sebagai Dankormar menggantikan Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

Koranjokowi.com, Cinta TNI :

Menjelang magrib (19/12) saya menelepon PimRed Koranjokowi.com, “Wah hebat pimpinan, doa doa kita selama ini akhirnya dikabulkan Allah”, kata saya selaku StafSus Koranjokowi.com kota Bandung & Cimahi Jawa Barat  saat telepon tersambung. “Soal apa kang, karena banyak juga doa yang dikabul dan ada juga yang ditunda”

“Mengenai doa kita agar Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andhika Perkasa”, “Ya alhamdulillahirabilalamiin kan gitu ya, namanya juga doa untuk kebaikan NKRI & Pancasila”

Memang benar hari ini  Senin,19 Desember 2022 Laksamana Yudo Margono resmi dilantik sebagai Panglima TNI yang menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa. Yudo margono dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Ditelevisi suasana demikian sakral saat Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan membacakan Surat Keputusan (SK) Presiden pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dan pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. SK tersebut bernomor 91 TNI Tahun 2022.

Selanjutnya Yudo mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Yudo menirukan Jokowi.

Baru Dilantik, Jabatan Panglima TNI Yudo Margono Cuma Berlaku Setahun

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjutnya.

Kemudian Yudo menandatangani berita acara pelantikan sebagai Panglima TNI. Turut serta dalam penandatanganan Menko Polhukam Mahfud MD dan Menhan Prabowo Subianto kemudian Presiden Joko Widodo menyerahkan tongkat komando kepada Yudo dan pemberian ucapan selamat.

https: img.okezone.com content 2021 10 04 337 2481048 4-jenderal-yang-jadi-tokoh-penting-tni-dari-soedirman-hingga-slamet-riyadi-8W9Ya4O9RD.jpg

KILAS BALIK TNI

Pada tanggal 5 Oktober 1945 pemerintah Republik Indonesia membentuk tentara kebangsaan yang bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Kemudian pada tanggal 6 Oktober 1945, Presiden Soekarno mengangkat Suprijadi sebagai Pemimpin Tertinggi TKR. Akan tetapi karena Suprijadi tidak pernah muncul dan tidak pernah dilantik sebagai Pemimpin Tertinggi TKR, maka pada tanggal 12 November 1945 diadakan Konferensi TKR untuk memilih Pemimpin Tertinggi TKR.

Pada konferensi itu akhirnya terpilih Kolonel Soedirman menjadi Panglima Besar TKR. Kemudian Presiden Soekarno melantik Kolonel Soedirman menjadi Panglima Besar TKR pada tanggal 18 November 1945 dengan pangkat Jenderal. Tanggal 8 Januari 1946, nama Tentara Keamanan Rakyat diganti namanya menjadi Tentara Keselamatan Rakyat.

Surat Mengharukan Presiden Soekarno untuk Sang Sahabat, Jenderal Sudirman

Pada tanggal 26 Januari 1946, pemerintah Indonesia mengeluarkan maklumat yang isinya mengenai pergantian nama Tentara Keselamatan Rakyat menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Tanggal 25 Mei 1946, Panglima Besar Jenderal Soedirman dilantik oleh Presiden Soekarno sebagai Pimpinan Markas Besar Umum dan Kementerian Pertahanan, Tentara Republik Indonesia.

Tanggal 3 Juni 1947, Presiden Soekarno, meresmikan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang merupakan penggabungan antara TRI dan laskar-laskar perjuangan rakyat di seluruh Indonesia. Presiden lalu menetapkan Pucuk Pimpinan TNI yang bersifat kolektif yang anggotanya adalah para pimpinan TRI dan pimpinan laskar-laskar perjuangan rakyat, dengan ketuanya adalah Panglima Besar Jenderal Soedirman

Jalesu Bhumyamca Jayamahe

Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A.  merupakan lulusan Akademi Militer Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/tahun 1988. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut.
Yudo Margono dilahirkan dan dibesarkan di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. dari keluarga sederhana yang berprofesi sebagai Petani. Ia Mengeyam pendidikan dasar di SDN 02 Garon (1977) dan menamatkan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Mejayan (1984). Selepas lulus SMA, Yudo mendaftar di TNI AL bersama teman-temannya. Namun dari 12 temannya, hanya Yudo yang masuk dan diterima di Akademi Angkatan Laut
‘Selamat bertugas Panglima Yudo, Tuhan memberkati, amin.

(Sinto/Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

Tentang RedaksiKJ 3342 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Kombes YBK & Aiptu AR enaknya diapain ya, gaes ? | ISTANA NEWS

Tinggalkan Balasan