Melawan lupa (140), Presiden Jokowi tutup tahun 2022 dengan 2 bendungan dahsyat, “ADA YANG NGINTIP NIH, UHUY !”

Melawan lupa (140),

Presiden Jokowi tutup tahun 2022 dengan 2 bendungan dahsyat,

“ADA YANG NGINTIP NIH, UHUY !”

Koranjokowi.com, OPini :

Relawan Jokowi – Ahok dimana saja berada,

Sejak menjabat Walikota Solo, mungkin, Ir H Joko widodo prihatin atas kerapnya banjir ibukota Jakarta tanpa penanganan & kerja – kongkrit, maka dalam hitungan hari setelah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta dia pun menghimpun data dari berbagai pihak, pusat, daerah, aktifis, pengamat juga relawannya. Sosial media yang selama ini dia ikuti pun tak luput sebagai ‘data nyata.

Saat itu banjir Jakarta lebih banyak seremoninya, dimana ada banjir maka bendera-bendera parpol & caleg pasti ada disana, undang wartawan, bla, bla, bla…. dan demikian seperti itu, masyarakat hanya gembira sesaat.

Ngga absah kuyup, cuma banjir kuyup

Tahun 2014 lalu Gubernur DKI Jakarta saat itu – Ir H Joko widodo pun melakukan rapat dengan  kepala daerah se-Jawa Barat  di Bendung Katulampa, Bogor. Disana Jokowi mengatakan akan dibangun Bendungan Sukamahi dan Ciawi, yang menurut Jokowi akan mengurangi hingga 40% air dari Puncak Bogor dsb masuk kota Jakarta.

Disatu sisi jika bendungan adalah bagian pembenahan ‘hulu, maka untuk hilirnya Jokowi pun melakukan revitalisasi atas sungai ciliwung, waduk2, saluran air kota, pompa poma air dioptimalkan, PPSU ditingkatkan jumlahnya, optimalisasi BKT, pembuatan terowongan menuju laut, dsb.

Relawan Jokowi – Ahok dimana saja berada,

Pada Rabu (26/12/2018), Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tujuan Jokowi saat itu adalah meninjau progres pembangunan Bendungan Sukamahi dan Ciawi. Pembangunan kedua bendungan itu merupakan salah satu bentuk antisipasi banjir yang kerap melanda Jakarta.

Ucapan Djarot mirip Foke, 'itu genangan bukan banjir'

Relawan Jokowi – Ahok dimana saja berada,

Pada thn.2016, Presiden Jokowi menanda-tangani kontrak pembangunan kedua bendungan ;

1.Kontrak Bendungan Ciawi ditandatangani pada 23 November 2016 antara Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dengan kontraktor PT Brantas Abipraya-Sacna KSO dengan nilai pekerjaan konstruksi Rp 757,8 miliar melalui kontrak tahun jamak (multi years). Bendungan itu menampung aliran Sungai Cisarua, Sungai Cibogo dan anak Sungai Ciliwung dengan volume tampungan 6,45 juta m3.

2.Sementara penandatanganan kontrak pembangunan Bendungan Sukamahi dengan daya tampung 1,68 juta m3, senilai Rp 436,97 miliar dilakukan pada 20 Desember 2016 dengan kontraktor PT Wijaya Karya-Basuki KSO.

Jokowi Resmikan Bendungan Ciawi Rp1,3 T untuk Tangkal Banjir Jakarta

3.Jumat (15/12/2017), Presiden Jokowi kembali meninjau pembangunan Bendungan Sukamahi dan  Bendungan Ciawi. Ketika itu, Presiden mengatakan, pembangunan kedua bendungan itu untuk mengurangi kerentanan kawasan metropolitan Jakarta dari bencana banjir.

4.Selasa (26/12/2018), Presiden Jokowi kembali datang meninjau ke-2 bendungan itu, beliau membenarkan kembali bahwa pembangunan Bendungan Sukamahi dan Ciawi dimaksudkan untuk mengantisipasi banjir Jakarta dari sisi hulu. Namun, dia menekankan usaha di hilir juga penting.

Presiden Jokowi menolak menanggapi viralnya Anies yang mencemooh program banjir Jokowi dengan mengatakan sunatullahnya air itu masuk tanah bukan terowongan. Juga tidak menggubris program sumur2 resapan yang merusak infrastruktur khususnya yang pusat pusat kota.

Gub.Anies lebih sibuk dengan ‘mainannya sendiri. Banjir2 di era Gub. Anies dibiarkan apa adanya, revitalisasi sungai ciliwung tidak disentuh sebagaimana Jokowi-Ahok membenahi sungai yang melintas wilayah Timur Jakarta : Cawang, Otista Kp.Melayu, dsb. Yang nyatanya alhamdulillah banyak warga yang kini bisa tidur lelap.

Relawan Jokowi – Ahok dimana saja berada,

5.Kemarin, Jumat (23/12), Presiden Jokowi  meresmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi , ” Ke-2 bendungan ini akan mereduksi dari 464 juta meter kubik menjadi 318 juta meter kubik. Kurang lebih nanti 12 kelurahan yang akan menjadi tidak terdampak lagi karena adanya waduk Ciawi dan Sukamahi ini,” ujar beliau

Hadir saat itu Menteri PUPR – Basuki Hadimuljono, Menteri ATR – Hadi Tjahjanto, Pj Gubernur DKI – Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat – Ridwan Kamil.

Bagi kami, kok  panitia peresmiannya kurang komunikatif, seharusnya diundang juga dong mantan2 gubernur Jakarta dan mantan2 gub. Jabar, karena ini juga ada doa doa  mereka kan?, ‘uhuy.

Diharapkan Kurangi Banjir di Jakarta, Presiden Resmikan Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi di Kab Bogor (Kolase BPMI Setpres via britakan.com)

Pantauan udara Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (23/12/2022). Bendungan Ciawi dan Sukamahi adalah bendungan kering pertama yang ada di Indonesia.

Relawan Jokowi – Ahok dimana saja berada,

Tuntas sudah salah satu program Mahakarya seorang Ir H Joko Widodo dipenghujung tahun 2022 ini, semoga tidak mendatangkan masalah baru lagi bagi semua orang khususnya warga Jakarta,  kamu masih nanya ?

Dan, Jangan lagi ada dusta ya, apalagi dibuat untuk konten medsos seolah2 ke-2 bendungan ini karya ‘seseorang’, ingat gaess ini didanai pusat dan dibawah kordinasi Presiden Jokowi. ‘Ehehehe…

SELAMAT HARI NATAL 2022 & SELAMAT TAHUN BARU 2023

‘Jaga Indonesia, jaga Pancasila & Lawan politik Identitas

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

Presiden Jokowi tutup tahun 2022 dengan 2 bendungan dahsyat, “ADA YANG NGINTIP NIH, UHUY !”

 

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Presiden Jokowi tutup tahun 2022 dengan 2 bendungan dahsyat, "ADA YANG NGINTIP NIH, UHUY !" | ISTANA NEWS

Tinggalkan Balasan