Reshuffle – (1), “DARI 10 MENTERI, SITI NURBAYA – MENTERI LHK MASUK DAFTAR RELAWAN JOKOWI AGAR DI-RESHUFFLE !? “

Reshuffle – (1), “DARI 10 MENTERI, SITI NURBAYA – MENTERI LHK MASUK DAFTAR RELAWAN JOKOWI AGAR DI-RESHUFFLE !? “

KoranJokowi.com, Bandung : Perombakan kabinet /  cabinet reshuffle, /reshuffle adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya. Biasanya perombakan kabinet dilakukan dengan memindahkan seorang menteri dari satu posisi ke posisi yang lain, dsb.

Reshuffle kabinet terakhir kali dilakukan Presiden Jokowi tanggal 28 April 2021 lalu. Kala itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia ditunjuk memimpin Kementerian Investasi yang baru saja dibentuk. Juga melantik Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi. Hal ini dilakukan setelah penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi.

Beberapa hari ini isu Reshuffle pun muncul kembali, beberapa jaringan Relawan Jokowi bahkan telah mempunyai daftar siapa siapa yang ‘layak di-reshuffle, al:

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Siti Nurbaya Bakar

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan – Muhadjir Effendy

Menteri Dalam Negeri – Tito Karnavian

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral – Arifin Tasrif

Menteri Perindustrian – Agus Gumiwang Kartasasmita

Menteri Perdagangan – Muhammad Lutfi

Menteri Perhubungan – Budi Karya Sumadi

Menteri Kesehatan – Budi Gunadi Sadikin

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif – Sandiaga Uno

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional – Sofyan Djali

Saat diminta tanggapan, KordNas Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013, AkarJokowi2013, Arief P.Suwendi mengatakan, “Lagh itu kan sesuai perintah Presiden Jokowi agar relawan tetap mengawal dan kritis. Memang ada 10 nama menteri yang masuk daftar d-reshuffle. Namun nama MenteriLHK (Siti Nurbaya) sepertinya teratas karena Relawan Jokowi belum mendapat jawaban pasti tentang pertanyaan Presiden Jokowi tahun 2017 lalu kepada Siti bagaimana progres tentang anggaran trilyunan rupiah untuk program 1 MILYAR POHON”

Memang Presiden Jokowi kerap mempertanyakan hal ini, yang terakhir masih kata Arief, beliau di UGM (19/12/2017) mengatakan jika KemenLHK hanya menghambur-hamburkan anggaran ‘jatah’ Kementeriannya. Sebab,tidak melihat hasil.“Di Kementerian Kehutanan anggarannya berapa triliun setiap tahun. Sudah beberapa triliun. Jadinya apa? Tunjukkan kepada saya hutan yang jadi. Ya kalau tidak bisa, 1.000-2.000 (pohon) jadi setiap tahun, sehingga kalau 20 tahun sudah jadi berapa puluh ribu. Tidak usah kita kayak dulu-dulu (program) menanam pohon satu miliar pohon. Menanam satu juta pohon, mana yang jadi? Satu juta pohon paling 3 ekor saja hidup. Satu miliar (pohon) mungkin hanya enam pohon saja yang tumbuh. Kita harus ngomong apa adanya. Karena kita harus blak-blakan, yang penting ke depan harus diperbaiki:, JLEEEBBB…!

Presiden Jokowi pastinya masih ingat saat Siti menjabat Menteri LHK, diawalnya keras menanyakan program 1 MILYAR POHON produk pemerintahannya Presiden SBY tahun 2010 lalu, Siti kerap meminta kejelasan lokasi dimana penanaman pohon dilakukan, baik itu di dalam kawasan hutan ataupun di lahan-lahan masyarakat. ”Pertanyaannya bukan jumlah tanaman, tapi dimana tanamannya” Mana land cover-nya?”

Hal lain, Relawan Jokowi menilai jika memang luas hutan di Indonesia mengalami penurunan sebesar 0,5-1 juta ha/tahun akibat alih fungsi hutan tanpa diikuti upaya pemeliharaan dan pelestarian berkelanjutan. Maka ini pun salah satu ‘dosa Siti, check it dot, Tahun 2011 luas hutan Indonesia 98,7 juta ha namun diawal tahun 2020 hanya ‘tersisa 93,5 juta hektar.

(Red-01/B4ron-Foto.ist)

BERSAMBUNG

Lainnya,

Alumni Kongres Relawan Jokowi dan GAM Independen Halaman 1 – Kompasiana.com

ALUMNI KONGRES RELAWAN JOKOWI 2013 MENJAWAB TUDINGAN YANG TIDAK SETUJU #JOKOWI3PERIODE – KORAN JOKOWI

ALUMNI KONGRES RELAWAN JOKOWI 2013: … #JOKOWI3PERIODE, PRESIDEN/WAPRES INDEPENDEN ATAU PENGURANGAN AMBANG BATAS !? – KORAN JOKOWI

Alumni Kongres Relawan Jokowi dan Ibu Kota Baru Halaman 1 – Kompasiana.com

Alumni Kongres Relawan Jokowi Sedunia dan Forum Wartawan Pancasila Mengusulkan Dr. (HC) Herman Yoku, S.IP. Menjadi Menteri Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. | Pilar NKRI

Diary, GUNTUR SUKARNOPUTRA 1944- 2021 – (10), “PERLUKAH ADA AMANDEMEN LAGI ? ” – KORAN JOKOWI

 

RELAWAN JOKOWI TITIP 8 MENTERI YANG LAYAK DI-RESHUFLE APRIL 2021 – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 1757 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan