PULAU 1000 , PULAU SUHARTO & PULAU EKSEKUSI KARTO SUWIRYO

PULAU 1000 , PULAU SUHARTO & PULAU EKSEKUSI KARTO SUWIRYO

Koranjokowi.com, LifeStyle:

Pulau Bulat di Kepulauan Seribu merupakan milik pribadi Presiden Soeharto dan Keluarga Cendana. Maka jangan heran jika ada juga yang menyebutnya sebagai ‘Pulau Suharto, Pulau Cendana dsb. Kalau pun pulau ini telah ada sejak era Presiden Soekarno.

Pulau Bulat Keluarga Cendana

Namun, kini pamornya mulai redup, sebab Pulau Bulat ini memang bukan merupakan tujuan utama para pelancong di Kepulauan Seribu.

Untuk menuju Pulau Bulat Keluarga Cendana tidak terlalu sulit karena sudah banyak transportasi laut yang akan mengantar setiap harinya. Jaraknya sendiri kurang lebih sejauh 60 kilometer jika dari Jakarta.

Anda bisa menggunakan kendaraan laut dari Muara Angke maupun Pelabuhan Ancol. Jika dari Muara Angke, maka transportasi hanya bertarif Rp50.000 dengan menggunakan kapal kayu. Waktu tempuh perjalanan sekitar 3,5 jam.

Sementara jika dari Pelabuhan Ancol, transportasi menggunakan kapal cepat. Tarifnya lebih mahal, sekitar Rp250.000 untuk per orangnya. Meski begitu, Anda akan merasa lebih nyaman dan perjalanan diperlukan hanya sekitar 2 jam saja.

Sesampainya, Anda tidak perlu lagi membayar tiket masuk, hanya cukup izin penjaga saja. Biasanya, biaya dipungut hanya untuk kebersihan saja dan tidak mahal.

Sayangnya, karena bukan merupakan destinasi wisata utama sehingga tidak ada fasilitas memadai untuk pengunjung. Meski terlihat beberapa fasilitas mewah dari pemilik, semuanya tidak terawat dan tidak lagi dapat digunakan.

Pulau ini tidak jauh jaraknya dengan Pulau Ubi dimana disana tempat dilakukan  eksekusi mati Imam dan Pimpinan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) – Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo sekitar 11 September 1962 lalu sekaligus sebagai makamnya.

(Red-01/Wid/Rahma-Foto.ist)

Lainnya,

Tentang RedaksiKJ 3870 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan