SELAMAT ULANG TAHUN KE-24 KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG. “PAPAN PROYEK JALAN TIDAK LENGKAP, MUNGKIN KURANG PIKNIK ?”– (3)

SELAMAT ULANG TAHUN KE-24 KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG. “PAPAN PROYEK JALAN TIDAK LENGKAP, MUNGKIN KURANG PIKNIK ?”– (3)

KoranJokowi.com, Tanggamus, Lampung : “Perjalanan Tim KoranJokowi.com sampai di Pekon (desa) Tampang tua yang terletak di selatan Kecamatan Pematang sawa dan benar sebagaimana laporan nara-sumber disana, bang.  Disini, sangat memprihatinkan,keadaan masyarakatnya yang masih banyak di bawah garis kemiskinan semakin menambah miris meihatanya. Terlihat jelas insfratruktur jalan yang masuk kategori tidak layak untuk di lewati. Padahal bangunan rabat beton yang di buat 2 (dua) jalur ini dibangun pada tahun anggaran 2019”, demikian Endang Ruwaliyana melaui seluler (12/1) ke Redaksi pusat.

Silahturahmi KoranJokowi.com ke pekon Tampang tua seperti ‘mengurai’ air yang tersumbat, dengan ditemani beberapa warga setempat , Tim berkeliling pekon. Terlihat masyarakatnya masih mengerjakan proyek rabat beton pekon sepanjang 615 meter, “Kami tidak paham bang bagaimana pengawasannya, yang jelas bagi kami yang awam, jalan ini  terlihat jelas kualitas bangunan tidak standar,antara adukan semen dan pasirnyan tidak seimbang alias lebih banyak pasirnya. Ini penilaian awam kami, bang”, tambah Endang, Pimp. Perusahaan KoranJokowi.com.

Atas ‘ide’ warga yang mengantar, Tim pun mengambil dokumentasi/foto papan informasi proyek bangunan rabat beton, di papan informasi itu  ‘hanya’ berisi keterangan volume bangunan, pedukuhan dan tahun 2020 saja sedangkan rincian biaya anggaran bangunan rabat beton tidak di cantumkan. ‘Mungkin lupa karena kurang piknik?, Ahahah…

Karena dalam berbagai sumber disebutkan manfaat piknik antara lain ;

  • Menjauhkan stres. …
  • Menyehatkan jantung. …
  • Meningkatkan kesehatan mental. …
  • Meningkatkan konsentrasi. …
  • Mempererat hubungan dengan orang-orang terkasih.
  • Memahami lebih jauh (empathy/simpati) akan lingkungan sekitar, dsb.

Dalam pandangan awam kami atas hal ini,  Transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan siapapun (Pemda, Pemdes, dsb) dalam menjalankan program kerjanya karena itu uang dari rakkyat. Yang dimulai sejak awal sampai akhir sebuah proyek yang dilaksanakan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan tender, sampai pelaksanaan proyek. Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah. Seperti Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,dsb.

Sudah jelas  bangunan rabat beton sepanjang 615 meter yang  di kerjakan itu, menimbulkan prasangka kurang baik warga, bahkan ada yang menduga indikasi mark-up anggaran dan tidak menutup kemungkinan bangunan dijaman sebelum PJ juga ada indikasi seperti itu,  Wallahualam bishowab.

Semoga Ibu Bupati Tanggamus mengethui hal ini, Inshaa Allah…..

Kemudian, warga desa mengajak kami untuk  menemui kepala pekon (Kades) nya, yang kemudin kami tahu bernama  Bapak Khufron, ASN polisi pamong praja dan sudah menjabat Pj selama 1,5 tahun disana. Dari informasi lain, kami dapatkan nama mantan kepala pekon pada tahun 2014-2019, bernama Bapak  Mahful.

“Kami tidak tahu bagaimana sebaiknya disini, abang dan ibu semua bisa menyaksikan sendiri bagaimana fakta insfratruktur bangunan fisik dan kesejahteraan masyarakat nya tidak menjadi prioritas. Seharusnya ini dilakukan lebih baik, berlomba berbuat kebaikan untuk warga baik dimasa Kades Khufron maupun Kades Mahful lalu, jdi wajar jika warga menilai ke-dua Kades telah gagal mensejahterakan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada di pekon Tampang tua”, kata warga bernama Kasiran (samaran) sebagaimana yang disampaikan kepada Tim saat itu.

Ada pun ada oknum bernama ‘D’ selaku TKS kecamatan yang erat bermitra dengan Kades dan mendapatkan gaji/honor bulanan, itu bukan ranah kami untuk ikut campur karena itu kebijakan Pemdes kalau pun warga mempertanyakan keberadaannya.

Sobat KoranJokowi.com dimana saja berada,

Kami disana hanya silahturahmi, bukan untuk yang lain sebagaimana telah kami sampaikan sejak jilid-1 lalu. Ahahahah.

Jadi kalau ada persepsi lain, tidak apa.

Inshaa Allah ada manfaat untuk semua pihak.

-BERSAMBUNG-

(Red-01/Ehp/Er)

Sebelumnya,

https://koranjokowi.com/2021/01/11/selamat-ulang-tahun-ke-24-kabupaten-tanggamus-lampung-masih-ada-sejuta-pekerjaan-rumah-menanti-bupati-tahun-2021-ini-1/

https://koranjokowi.com/2021/01/12/selamat-ulang-tahun-ke-24-kabupaten-tanggamus-lampung-masih-ada-sejuta-pekerjaan-rumah-menanti-bupati-tahun-2021-ini-2/

Tentang RedaksiKJ 920 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Selamat Ulang tahun ke-24 Kabupaten Tanggamus, Lampung :“PAK PRESIDEN JOKOWI TOLONG AJARKAN KAMI TENTANG KOMPROMI, AGAR DESA KAMI TIDAK TER-ISOLIR "  - (4) | KORAN JOKOWI | Media Independent Relawan

Tinggalkan Balasan