Kabar Sukabumi (8), TOL JAGORATU, TOL BOCIMI, TOL JAGADBUMI 

Kabar Sukabumi (8),

TOL JAGORATU, TOL BOCIMI, TOL JAGADBUMI 

KoranJokowi.com, Sukabumi, Jabar : Jauh hari, seingat saya sekitar tahun 1998, Pimp.Umum/Redaksi pernah berkata bahwa akan ada TOL JAGORATU , sambungan Tol Jagorawi menuju Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat dengan panjang sekitar 130-an kilometer dan lebar jalan diatas 100 meter.

Jika 1 Km adalah 1000 meter maka kebutuhan lahan adalah sekitar 13 juta meter persegi atau lebih dari 130.000 hektar, dan jika harga pembebasan lahan @Rp. 2 juta/meter maka dibutuhkan biaya lebih dari Rp.2,6 trilyun untuk pembebasan lahan

See the source image

TOL JAGORATU memang tidak ada, yang muncul adalah TOL BOCIMI (Bogor Ciawi Sukabumi) yang dimulai sejak tahun 2008 dengan panjang 53,6 Km ini pun belum sampai Pelabuhan Ratu namun baru di Cigombong di tahun 2018 lalu dengan anggaran lebih dari TRp.5,4 Trilyun: Rp 725 miliar dianggarkan untuk pembebasan lahan seluas 142,2 hektare yang terdiri dari lahan pemukiman seluas 24,66 hektare, lahan persawahan 42,99 hektare, dan ladang 74,55 hektare.

Pada Tahun yang sama pula Pimp.Umum/Redaksi pernah berkata akan ada TOL JAGADBUMI , dimana akan tersambung Jagorawi, Tol Jagoratu, kemudian melintas Purbalenyi dan Jawa Tengah yang kemudian akan terkoneksi ke Jawa Timur

See the source image

Dan kini entah ada kaitannya atau tidak, Presiden Jokowi telah menyetujui adanya pembangunan  Tol Gedebage Kab. Bandungv- Tasikmalaya – Cilacap Jawa Barat-Jawa Tengah di tahun 2022 ini dengan panjang 206,55 km, sehingga menjadi tol yang memiliki ruas terpanjang di Indonesia.

Saat ditanya hal ini, Pimp.Umum/Redaksi menjawab, “Ini  proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) unsolicited, di mana sumber utama pengembalian investasi yakni User Charge. Adapun masa konsesi Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap tersebut selama 40 tahun. Terbagi dua tahap, tahap pertama  tol Gedebage-Tasikmalaya sepanjang kurang lebih 95,2 Km akan melewati Garut dan Tasikmalaya. Dan tahap kedua  tol Tasikmalaya-Cilacap sepanjang kurang lebih 111 Km akan melewati Ciamis, Banjar, dan Cilacap. Dengan anggaran lebih dari Rp.56 trilyun, dan ini menjadi Tol terpanjang di Indonesia dan hanya ada di jaman Presiden Jokowi”, jawab Arief P.Suwendi yang juga teman dekat sejak jaman Kuda pakai Walkman.

Saya manggut-manggut  sambil ‘mengelus-elus kumis ….

Jokowi maning, son.

(Jack/Foto.ist)

Lainnya,

GeoPark Ciletuh Sukabumi Jawa Barat _ (1), “NU AING !” – KORAN JOKOWI

PRESTASI PALAPAH, PRESTASI SUKABUMI & KITA SEMUA. MANTAP ! – KORAN JOKOWI

“UJI NYALI DI JEMBATAN GANTUNG SITUGUNUNG SUKABUMI JAWA BARAT” – KORAN JOKOWI

TOKOH MUDA TIONGHOA, JURNALIS  REVOLUSIONER, ASAL SUKABUMI, KESAYANGAN SUKARNO. – KORAN JOKOWI

EFEK KEJUT TOL BOGOR SUKABUMI & DOUBLE TRACK 2017-2020. “MACET BERJILID – JILID & TIADA SOLUSI !?” – KORAN JOKOWI

AKSI MULIA KODIM 0607 PASCA BANJIR BANDANG SUKABUMI  – KORAN JOKOWI

DI KARANG HAWU PALABUHAN RATU SUKABUMI SOEKARNO BERDIRI TEGAK MENGHADAP LAUT SELATAN !? – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3843 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan