Entertainmen (24), “JALAN JALAN SORE DI JALAN SABANG & MELAWAI JAKARTA PUSAT”

Entertainmen (24),

“JALAN JALAN SORE DI JALAN SABANG & MELAWAI JAKARTA PUSAT”

Koranjokowi.com, Bandung :

Teman teman Relawan Jokowi dimana saja berada,

Sabang adalah sebuah nama jalan di Jakarta Pusat , sekitaran Sarinah , yang sudah lama dikenal sebagai pusat nongkrong dan pusat kuliner. Juga Melawai yang terletak di area Blok M, Kebayoran Baru Jakarta selatan. Tahun berganti tahun, penghuni jalan Sabang dan Melawai  juga bergantian datang dan pergi silih berganti. Meninggalkan ceritera sendiri khususnya bagi remaja tahun 1980-1990-an lalu.

….. Jalan sore, kita berjalan-jalan sore-sore ……

Mencuci mata sambil berngeceng ria

Biarkan, biarlah..Mumpung kita-kita masih muda
Mobil berjalan tidak kencang tidak laju

Sambil berkencan malah senang malah rindu
Jalan sore, kita berjalan-jalan sore-sore

Gairah muda rindu akan kebebasan

See the source image

Bersuka, bercita..Untuk memperluas pergaulan
Sekarang lagi zaman anak muda suka ngeceng

Anak-anak pada ngeceng

Di tempat-tempat perngecengan

Kalau mau ngeceng ikut sama kitaKe tempat perngecengan

Kalau nggak mau ngeceng,Ngeliat aja orang ngeceng
Jalan sore sore

Kita berjalan-jalan sore-sore

Mencari terus pengalaman yang berguna

Bagimu, bagiku…Semoga berguna bagi semua
Jalan sore sore

Kita berjalan sore-sore

Jalan sore, berjalan sore-sore

Jalan Jalan Sore adalah lagu yang dinyanyikan Denny Malik di album kompilasi yang rilis pada tahun 1989 dengan tajuk Jak Jak Jak Jak Jakarta. Lagu ini diciptakan oleh Guruh Soekarno Putra dan merupakan proyek album dari Guruh.

Karena lagu ini meledak dan cepat populer, maka seiring itu pula muncul istilah ‘JJS’ , berarti Jalan jalan sore atau Jalan jalan Sabang dikalangan remaja ibukota.

See the source image

See the source imageDenny Malik kelahiran Sumbar tgl. 18 Februari 1963, seorang aktorkoreografer  dan penyanyi Indonesia  keturunan MinangkabauSumatera Barat. Ia memiliki darah bangsawan dan masih memiliki garis keturunan dari Raja Inderapura yang ke-37 yang berasal dari Kerajaan InderapuraPesisir SelatanSumatra Barat.

Sebelumnya  Hari Moekti  – rocker asal Cimahi pernah mempopulerkan lagu ‘Lintas Melawai’ , namun sepertinya tidak se-tenar  ‘JJS, bedanya Hari dengan nada melengking, lagu JJS agak slow, beat disco mungkin yang memang saat itu sedang digandrungi remaja Jakarta.

Nama asli Hari Moekti adalah Hariadi Wibowo, berubah namanya menjadi Hari Moekti ketika banyak yang menanyakan dirinya Hari yang mana dan yang dijawab “Hari yang adiknya Moekti”, jadilah dia dipanggil Hari Moekti.

Lahir di Cimahi Jawa barat tgl. 25 Maret 1957  dan wafat tgl. 24 Juni 2018, Hari yang anak tentara besar di Cimahi ini  mengikuti orang tuanya yang pindah tugas ke Semarang. Di kota Semarang, dan pernah menjadi room boy di Hotel Patra Jasa Semarang selama satu tahun. Dari kota Semarang pula Hari mulai ber- musik. Hari dan beberapa kawannya membentuk grup band Darodox (dari bahasa jawa yang berarti nderedeg atau gemetar)

See the source image

Hari setelah sukses dalam album  Lintas Melawai pada tahun 1987, Ada KamuAku Suka Kamu Suka dan Satu Kata . Kemudian menjadi ‘pendakwah, dan meninggal dunia akibat serangan jantung  Minggu, 24 Juni 2018, pada pukul 20:49 WIB, dalam usia 61 tahun. Hari dimakamkan di Caringin, Bogor, Jawa Barat hari Senin pagi, 25 Juni 2018

Hari & Denny apapun telah mampu menggambarkan bagaimana kehidupan remaja  Jakarta era 80-an yang gemar ‘ngeceng di kawasan gaul Melawai, Jakarta Selatan.

 Denny flamboyan, Hari ‘brangasan.  Namun ke-2 aksi panggung  mereka cukup eksentrik, Denny ‘calm namun Hari  bak ‘kutu loncat’ apalagi dengan aksesoris rockernya, mereka ber-2 kemudian menjadi panutan gaya anak muda saat itu.
See the source image
Tawuran di Blok M sekitar thn.1989
Seiring waktu kemudian ke-2 nama itu tenggelam karena Jakarta dan kota kota besar sedang marak lagu dan tari Breakdance,  gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop di antara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City 
Dan pastinya kawasan dan sudut sudut jalan Sabang dan Blok M terisi oleh mereka khususnya menjelang malam minggu atau hari libur lainnya. Hamparan kardus sebagai alas dan bisingnya musik dari tape compo semakin mewarnai Jakarta dan lainnya, sebetulnya ini pernah booming tahun 1984-an namun entah bagaimana ‘virus-nya lebih booming era-tahun 1990-an.
https://youtu.be/4vInaH3TiC4
Kini tahun 2022, waktu terus berputar,
maka jika kalian ke Jakarta mampirlah kesana lagi untuk
sekedar mengenang masa masa indah dan nakalnya kita dahulu.
See the source image
 
Bagi yang pernah merasakan JJS di Lintas Melawai dan Jalan Sabang, juga ‘ngebreak-dance, …pasti merindukan itu kembali sebagaimana usia kita saat itu. Bawalah istri/suami , anak dan bahkan cucumu ceritakan bagaimana semua itu.
Jangan lupa bawa tape compomu, ahahahaha…
…………

Kita berjalan sore-sore

Jalan sore, berjalan sore-sore..

(Red-01/Foto.ist)

#Jokowi2Periode

Lainnya,

MAUDY AYUNDA ARTIS TANPA UMBAR AURAT TERPILIH SEBAGAI JUBIR PRESIDENSI G20, “GASKEN ,SIS !” – KORAN JOKOWI

BLUSUKAN: PRESIDEN JOKOWI & ARTIS CANTIK MILLENIAL KAYA – KORAN JOKOWI

DOKTER CANTIK  REISA, KAMU SEKARANG DIMANA ?… AYEE ! – KORAN JOKOWI

“Terimakasih,Goodbye, Slank & Slanker’s !!” – KORAN JOKOWI

Glend Fredly, Terimakasih Telah Bersama Jokowi ! – KORAN JOKOWI

IWAN FALS: “UNTUKMU , CEMOOH & JANJI JOKOWI  ?” – KORAN JOKOWI

PKS DIANTARA IWAN FALS & DAHLAN ISKAN TENTANG RUU CIPTA KERJA – (3) – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (12), MENGAPA “TAKUT” KE JATINEGARA FOOD STATION ? – KORAN JOKOWI

ZODIAKNYA ORANG ORANG ‘DEKAT’ JOKOWI & IDOLANYA ‘RELAWAN JOKOWI’,  JULI – DESEMBER 2022, KAMU ? – KORAN JOKOWI

Entertainmen (23), ” EDO KONDOLOGIT BERNYANYI UNTUK TUHAN & INDONESIA ” – KORAN JOKOWI

 

Tentang RedaksiKJ 3808 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan