Pilpres 2024 (130), “ZULHAS KETUM PAN PERINGKAT KE – 5 DARI 75 KETUM PARPOL  SOAL INTERAKSI DENGAN PUBLIK “

Pilpres 2024 (130),

“ZULHAS KETUM PAN PERINGKAT KE – 5 DARI 75 KETUM PARPOL  SOAL INTERAKSI DENGAN PUBLIK “

Koranjokowi.com, OPini :

Interaksi adalah suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dari hubungan satu arah pada cause and effect. Kombinasi dari interaksi-interaksi sederhana dapat menuntun pada suatu fenomena  yang mengejutkan. Interaksi adalah bagian dari komunikasi personal & kelompok, personal – personal, kelompok & kelompok.

Adapun Interaksi sosial berasal dari kata interaksi artinya tindakan yang terjadi secara dua orang atau lebih yang bereaksi akan timbal balik melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Atau disebut juga sebagai hubungan timbal balik antara individu maupun kelompok untuk menjalin hubungan pertemanan, diskusi, kerjasama yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Saat ini sedang viral visual  bagan ‘Interaksi Pimpinan Partai Politik’ di jejaring Instagram periode 1-18 November 2022, dimana yang tertinggi  berinteraksi dengan publik adalah Prabowo Subijanto – Gerindra dengan angka 1,257 juta (27,6%) disusul Airlangga – Golkar 19%, AHY – Demokrat  18%, Cak Imin – PKB 13%, Zulkifli Hasan / Zulhas – PAN 9,9%, Megawati – PDIP 7,7% dan Surya paloh – Nasdem 4%. 

Dicatatan ini disebutkan bahwa yang tidak masuk dalam deretan diatas karena dibawah 25.000 interaksi, jika saat ini di KPU terdaftar 75 parpol peserta Pemilu 2024 lalu kemana pimpinan parpol lainnya, yaitu :

1.Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Ketua: Oesman Sapta

2.Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ketua: Akhmad Syaikhu.

3.Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ketua: Suharso Monoarfa.

4.Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Ketua: Yusuf Soelichin

5.Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Ketua: Hary Tanoesoedibjo, dsb.

Saat acara alumni SMA 53 Jakarta timur (IKBA53, Sabtu, 12/11) lalu, kaliber Zulhas yang juga pelindung alumni (IKBA53),  terlihat demikian dinamis . komunikatif dan lugas berinteraksi dengan lebih 250-an alumni yang hadir, dia menguasai stage & audience saat itu kalau pun hanya hadir tidak lebih dari satu jam. Dalam kesibukannya selaku Mendag RI diajang G20 Bali lalu, beliau masih luangkan waktu untuk berinteraksi secara face to face, personal – kelompok. 

Dari beberapa sumber yang Koranjokowi.com himpun, dalam interaksi sosial ada 2 syarat sebagai parameternya, yaitu :

1. Kontak Sosial

Dalam pengertian sosiologi, kontak sosial tidak hanya interaksi melalui tatap muka saja namun adapun melakukan kontak tanpa bertemu langsung seperti informasi melalui, radio, telepon bahkan surat elektronik ini termasuk interaksi sosial yang sudah berkembang di kemajuan zaman.

Kontak sosial dibagi menjadi dua:

>.Kontak Sosial bersifat Primer: Kontak terjadi secara langsung seperti bertatap muka/face to face.

>.Kontak Sosial bersifat Sekunder: Kontak terjadi secara tidak langsung atau menggunakan media penghubung seperti telepon, surat elektronik bahkan melalui pesan media sosial; youtube, ig, twiter, dsb.

2. Komunikasi

Dalam interaksi sosial, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dengan maksud adanya saling mengungkapkan perilaku entah itu dalam berbicara, sikap bahkan gesture untuk menyampaikan pesan. Namun, ada beberapa unsur pokok dalam komunikasi yaitu:

>.Komunikator adalah seorang atau sekelompok orang yang menyampaikan pesan untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan atau keterkaitan.

>.Komunikan adalah seorang atau kelompok yang menerima pesan dari komunikator.

>.Pesan adalah sesuatu hal yang disampaikan oleh komunikator. Pesan biasanya berisikan informasi, pertanyaan, bahkan pengungkapan emosi dan perasaan.

>.Media adalah perantara untuk menyampaikan pesan. Media komunikasi dapat berupa lisan, tulisan, gambar bahkan film biasanya memberikan pesan tersurat.

>.Efek adalah perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan, setelah mendapatkan pesan dari komunikator.

Indonesia membutuhkan para pemimpin yang mampu berkomunikasi sekaligus ber-interaksi dengan rakyatnya setiap saat, mendengar, bicara dan memberikan solusi. Akankah kita temukan di tahun 2024 – 2029 mendatang ?

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

Melawan Lupa (59), ‘BRAVO, ZULKIFLI HASAN, POLITISI CERDAS” – KORAN JOKOWI

Pilpres 2024 (129), ” SEMAKIN ANIES DICITRAKAN, SEMAKIN SERING KITA TEPOK JIDAT ” – KORAN JOKOWI

Pilpres 2024 (128), ” WHISNUTAMA DIBALIK G20, SANDIAGA UNO KEMANA ? ” – KORAN JOKOWI

Pilpres 2024 (126), ” MAGNIT IRIANA – IBU NEGARA YANG CUKUP 2 PERIODE SAJA, EHEHEHE ” – KORAN JOKOWI

Melawan Lupa (128), ” MENGAPA DEMOKRAT MASIH BAPERAN KE PRESIDEN JOKOWI DI G20 BALI ? ” – KORAN JOKOWI

Pilpres 2024 (128), ” WHISNUTAMA DIBALIK G20, SANDIAGA UNO KEMANA ? ” – KORAN JOKOWI

Melawan Lupa (127), ” EROS MENYERANG JOKOWI, NETIZEN PUN BALIK MEMAKI EROS, KACAU ! ” – KORAN JOKOWI

Melawan Lupa (49), “RESHUFFLE JUNI 2022, ADA NAMA AHOK & ZULHAS PAN ?”

 

FOTO BICARA INDONESIA

PARTAI DEMOKRAT DIMINTA PRESIDEN JOKOWI BERDEMOKRASI YANG SEHAT & BERKUALITAS !?

PARTAI DEMOKRAT DIMINTA PRESIDEN JOKOWI BERDEMOKRASI YANG SEHAT & BERKUALITAS !? KoranJokowi.com, Bandung : Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat ulang tahun ke-20 kepada Partai Demokrat yang ke-20 (9/9),  Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengajak […]

EDITORIAL

Pilpres 2024 (92), “PRABOWO – PUAN, GANJAR – YENI , ANIES ?, AHY? “

Pilpres 2024 (92), “PRABOWO – PUAN, GANJAR – YENI , ANIES ?, AHY? “ Koranjokowi.com, OPini : Minggu pagi (6/11) saya, Budi D. Ginting – StafSus Koranjokowi.com Prov. Sumut-1 sengaja menelepon PimRed untuk bertukar informasi […]

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan