Ngopitainmen (18) “DI CAFE KONDE KALIMALANG KAMI TIDAK BICARA TOL BECAKAYU !”

Ngopitainmen (18)

“DI CAFE KONDE KALIMALANG KAMI TIDAK BICARA TOL BECAKAYU !”

Koranjokowi.com, Jakarta :

TOL BECAKAYU (BEKASI – CAWANG – KAMPUNG MELAYU), adalah jalan tol berkonstruksi layang yang dibangun di atas sungai Kalimalang di Kota Administrasi Jakarta TimurKota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi untuk mengurai kemacetan di sekitar Kalimalang. Jalan tol ini dimulai pembangunannya pada tahun 1996 oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, namun terhenti dua tahun kemudian akibat krisis moneter yang melanda. Jalan tol Becakayu menelan biaya investasi Rp 7,2 triliun, biaya konstruksi Rp 4,785 triliun, biaya pembebasan tanah Rp 449 miliar, dan masa konsesi 45 tahun (sejak SPMK).

Pada 3 November 2017 lalu, Presiden Joko Widodo telah meresmikan ruas Cipinang MelayuJakasampurna  sekaligus terkoneksi dengan Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono dan Gerbang Tol Pisangan. Kedepan akan dilanjutkan hingga ke wilayah Tambun, Kabupaten Bekasi semoga selesai tahun 2024 – 2025 yad sehingga total 23,6 Km.

Awalnya Presiden Jokowi berharap  TOL BECAKAYU ini dibuat untuk mengurai kemacetan di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta-Cikampek, yang sering mengalami penumpukan volume kendaraan khususnya di Gerbang Tol Halim khususnya saat jam kerja termasuk dimana tol Jakarta – cikampek mulai padat.

Tahapan kerja

Seksi IA: CasablancaCipinang Melayu sepanjang 3,19 km – beroperasi.

Seksi IB dan IC: Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna sepanjang 8,26 km – beroperasi.

Seksi IIA: JakasampurnaDuren Jaya sepanjang 10,04 km – konstruksi.

Seksi IIB: Duren JayaTambun sepanjang 6,9 km – rencana

NAH KINI APAKAH PEMBANGUNAN TOL BECAKAYU INI MEMBAWA MANFAAT SESUAI ARAHAN PRESIDEN JOKOWI ?

Malam kemarin (3/8) saya hadir di acara ‘Bday Abi Din di Cafe Konde, yang tkp-nya tepat diantara  kolong tol Becakayu Seksi iB-Ic. Dan kita tidak membicarakan soal TOL BECAKAYU itu, karena kita lebih ‘nyantai, silahturahmi saja.  Hilangkan penat setelah rutinitas kerja seharian ini.

Namun jika saya ditanya bagaimana tentang Becakayu, pasti saya punya beberapa catatan ‘besar’ dianatarnya;

  1. Saya baru tahu, sesuai info dari Yanto Konde jika Ruko seputar Seksi 1B-1C itu tidak ‘mati, karena front-office mereka ada di Komplek Bougenvile, jadi yang tampak berjajar disana itu adalah back-office
  2. Kalimalang merupakan sungai yang terbentang dari Jakarta hingga Bekasi dan badan sungai sebagian besar ada di Kota Bekasi dan menunjang segala kebutuhan masyarakat mulai dari suplai air hingga tempat konservasi untuk menampung debit air yang berlebih di kala musim hujan serta sebagai sarana irigasi yang membentang dari Jakarta hingga Bekasi bahkan hingga kota lainnya di Jawa Barat (anak sungai Kalimalang).
  3. Seiring waktu, lahan di pinggir sungai Kalimalang yang dahulunya adalah lahan kosong dan perkebunan. Namun, sekarang tanahsudah berubah menjadi  pemukiman, business center, other properti dsb menyebabkan penyempitan badan sungai & sedimentasi lumpur dasar sungai yang kian meningkat

See the source image

4.Seiring waktu dengan tahapan jalan tol terealisasi, area ‘kolong tol-nya’ masih terlihat kumuh apalagi menjelang malam dibeberapa area kurang penerangan, drainase air hujan dijalan masih kurang maksimal, taman kolong tol kurang maksimal mengapa tidak dijadikan tanggung-jawab TP.PKK atau Karang Taruna Kelurahan yang dilalui sesuai batas kelurahan masing-masing?, 

5.Yanto Konde dan sahabat2 Ngopitainmen telah berupa untuk membuat image ‘kolong tol’ agar lebih hidup, manusiawi dsb, kalau pun dengan dana terbatas. Namun upaya ini selayaknya mendapat apresiasi pemkot Bekasi & jajarannya.

6.Saya melihat pengguna Tol ini masih minim, karena mereka masih ‘senang’ lewat jalan kolong tol, apakah karena banyak  jalan masuk perumahan dsb baik arah Kalimalang – MM Bekasi dan sebaliknya atau bagaimana?, apalagi kemacetan terutama arah MM Bekasi – Kalimalang makin meningkat di jam jam kerja.

See the source image

Dalam keriuhan malam itu banyak pesan lain yang saya dapat di Cafe Konde

Dan, Insyaallah,  saya bersama tim Koranjokowi.com  tiada segan untuk terus berkeliling menyampaikan pesan bahwa Sektor kuliner & wisata baik di Prov. DKI Jakarta, Kota Bekasi dsb akan terus ‘ada’ jika semua pihak mau ikut perduli. Bukankah ini adalah sektor andalan kalaupun ada badai Covid 19?

(Red-01/Giat/Foto.ist)

-BERSAMBUNG-

Lainnya,

Ngopitainmen (17), ” ALOHA, DI MY COFFEE ADA KOPI GULA AREN , NENEK MOYANG & PANTAI HAWAII !? ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (16), ” DI JATINEGARA FOOD STATION ADA ANGKA 25; DONT WORRY BE HAPPY  !” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (15), ” ADA MEESTER, NOMOR 23 & ULANG TAHUN DI JATINEGARA FOOD STATION ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (14), NASI CAMPUR BALI NI ELINA TAMAN GALAXY BEKASI. ” I’LL COME AGAIN ! ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (13), MENGAPA “TAKUT” KE JATINEGARA FOOD STATION ? – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (12), “BRO, ADA BENTO DI TAMKUL JATIWARINGIN” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (11), ” LU SELOW GUE ASIK, LU RESE, GUE BELI. EHEHEH.. ! ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (10), “IEDUL ADHA 2022, KITA MASIH DALAM SEMANGAT YANG SAMA !” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (9), “KUE PANCONG LUMER ALA CAFE MP JATIWARINGIN & KEPALA MANGGUT-MANGGUT” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (8), “TERAS BAMBU, KUPU MALAM & TUHAN MEMANG BAIK ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (6), ‘GARENG COFFESHOP BUKAN SEKEDAR NONGKY NGOPI BIASA” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (5), ‘AYO KAWAN, DUKUNG SEKTOR NGOPITAINMEN PASCA COVID-19″ – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (4), “KEMBALI, KEMBALI KITA KE ISTANA & SAYANGI DIA” – KORAN JOKOWI

Kopitainmen (3), “Nada Aku Kembali Koesplus Untuk Hadi Tjahjanto” – KORAN JOKOWI

Ngopitainment  (2), “KAMI LEBIH KHATAM SOAL PANCASILA, WOY !” – KORAN JOKOWI

Ngopitainment  (1), “HANGGAR CAFE PONDOK KELAPA DIGOYANG, UHUY…!!’ – KORAN JOKOW

 

Tentang RedaksiKJ 3781 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan