KUMPULAN ISU POLITIK YANG SEDANG VIRAL !

KUMPULAN ISU POLITIK YANG SEDANG VIRAL !

Koranjokowi.com, OPini :

Beredar di wag relawan Jokowi-Ahok hal hal dibawah ini, dengan judul ‘POLITICAL BRIEF (11042023)’,  kalau pun saya tidak tahu siapa pembuatnya namun narasinya cukup punya ‘kualitas & pesan’ , check it dot

1. Kesepakatan pembentukan satgas TPPU 349 T oleh MMD dan SMI merupakan respon cepat atas isu yg jadi perhatian publik. Inisiatif ini semakin memperkuat persepsi positif pada pemerintah. Sebaliknya, ketiadaan inisiatif konkrit terkait RUU Perampasan Aset Koruptor membuat kepercayaan publik pada parlemen semakin memudar.

2. Survei LSI mengonfirmasi respon negatif publik pada pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah PD U20. Isu kemungkinan kerusuhan tidak dipercaya. Wacana pemisahan antara politik dan olah raga justru berkembang di masyarakat. Meski penolakan kedatangan tim Israel dilakukan oleh beberapa partai dan figur, namun publik berpandangan bahwa yg bertanggung jawab adalah GP dan PDIP.

Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP).

3. Upaya yg dilakukan Jkw dan ET untuk meredam kekecewaan masyarakat dengan kompetisi/pertandingan internasional serta lobby terkait sanksi pada FIFA mendapatkan apresiasi positif publik. Apresiasi ini berpotensi meningkatkan modal politik untuk berperan di pemilu 2024.

4. Timses AB menengarai KPK akan menersangkakan AB sehingga sedang dilakukan operasi politik untuk mencegah upaya tsb. Upaya dilakukan melalui: a) pembentukan opini publik terkait masalah kredibilitas KPK, b) melaporkan ketua KPK ke dewasa dan polri, c) smoke screen strategy melalui diangkatnya berbagai kasus lain melalui medsos dan media oposisi.

5. Retorika perubahan yg dibawa AB sulit mendapatkan traksi untuk berkembang karena: a) tidak pernah jelas perubahan seperti apa yg dimaksud, b) tidak pernah jelas apa yg akan diubah dari program dan kebijakan Jkw, c) pengalaman perubahan di DKI bersifat artifisial dan temporer. Tidak jelasnya sikap AB terhadap kelompok intoleran/ekstrim justru menyebabkan kekhawatiran pada publik bahwa perubahan berarti kembali berkuasanya kelompok2 tsb.

6. Argumen bahwa selama menjabat AB tidak melaksanakan politik identitas, mengabaikan fakta bahwa setelah Pilkada DKI, pemerintah dan aparat keamanan ambil beberapa langkah:

1. Bubarkan HTI dan kemudian FPI.
2. Tindaklanjuti pelaporan tindak pidana RS yg sebabkan ybs melarikan diri dan mengungsi ke Arab Saudi, setelah kembali ybs diproses hukum.
3. Pengesahan UU Tindak Pidana Terorisme.
4. Pemerintah lakukan pemantauan dan pembinaan terhadap ASN dan aparat terkait intoleransi dan terorisme.
5. Aliran sumber dana kelompok intoleran dipantau.
6. Densus 88 terus lakukan penangkapan dan penindakan jaringan kelompok teror.
7. Presiden melakukan penggantian beberapa pejabat termasuk GN yg terafiliasi kelompok intoleran.
Komitmen AB untuk melanjutkan tujuh kebijakan diatas sangat diragukan publik.

‘wuiiihhh …. !!

(Red-01/Foto.ist)

#Jokowi3Periode ?

ABAS – Asal Bukan Anies Baswedan

Lainnya,

Tentang RedaksiKJ 3870 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan