Pilpres 2024 (185), Ammarsjah Purba 1989-2023,  “Dang Adong Naso Tarpatupa Ni Debata.”

Pilpres 2024 (185),

Ammarsjah Purba 1989-2023, 

“Dang Adong Naso Tarpatupa Ni Debata.”

Koranjokowi.com, OPINi :

Salam BUG, Buzzer Ganjar /HC.111,

Teman teman Relawan Jokowi Ahok & Ganjar dimana saja berada. Hingga hari ini (7/10) Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo (TPN GP)  semakin solid dan berwarna, Arsjad Rasjid selaku Ketum TPN-GP telah didampingi oleh Wakil ketua, yaitu :

1.Jenderal  TNI (purn) Andika Perkasa,

2.Komjen Pol (purn) Gatot Eddy Pramono,

3.Ketua Harian DPP Partai Perindo – Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.

Adapun Wakil Ketuanya

1.Waketum DPP Perindo / Wamenparekraf – Angela Tanoesoedibjo,

2.Waketum Partai Hanura / Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) – Benny Rhamdani.

3.Ketua Dewan Pengarah Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) – Ammarsjah Purba,

4.Presiden KSPSI  – Andi Gani Nena Wea,

5.Ketua DPP PDIP – Ahmad Basarah, dan

6.Juru Bicara PPP Usman Tokan.

Struktur pengurus TPN Ganjar Pranowo terus melakukan finalisasi struktur organisasi dan akan terus bertambah hingga didaftarkan bersama capres cawapres di KPU, yang akan dibuka pada 19-25 Oktober mendatang.’Aamiin YRA.

Nah, bagi kita relawan yang kerap ‘mondar-mandir ke Jalan HOS Cokroaminoto 111 yang dikenal dengan RBPR – Rumah Bersama Pelayan Rakyat  pastinya semakin bangga saat nama Ketua Koordinator Rumah Bersama Pelayan Rakyat (RBPR) – Ammarsjah Purba yang juga menjabat selaku  Koordinator Dewan Pengarah Alumni Perguruan Tinggi (KAPT), ini namanya berada sebagai Wakil Ketua TPN GP 

Minimal akan menjadi perpanjangan tangan dan amanah dari teman teman di RBPR/HC.111 kalau pun jarak KC 111 dengan Diponegoro 72 hanya selemparan batu, uhuy.

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Memang belum ada data lengkap tentang ‘abang kita, Ammarsjah Purba yang kami dapat namun dari penelusuran berbagai sumber akhirnya tercatat bahwa ‘abang kita ini ini, Lae Ammar kiprahnya sebagai aktifis terjadi sejak kuliah di ITB .

Beberapa sahabat Lae Ammar kita ini diantaranya saat itu adalah Affan Hidayat, Theodorus Jacob Koekertis (Ondos), Andar Manik, Wijaya (Ketua Forum Komunikasi Himpunan Jurusan), Bambang Sugianto L.N. (Ketua Badan Eksekutif FKHJ), Fransiskus Arnold Purba (Ucok),  Abdul Sobur (Ketua Keluarga Mahasiswa Seni Rupa – angkatan 1986) ,  Mohammad Jumhur Hidayat, dsb.

Bahkan kemudian Lae Ammar ini masuk target penculikan dan penyanderaan ‘badan tegap rambut cepak’ sejak 5 Agustus –  4 September 1989, sehingga ada  11 mahasiswa yang kemudian pindah kuliah dari ITB ke sel tahanan Bakorstanasda, Bandung, Jawa Barat. Juga ke LP Nusakambangan, ‘Waduh.

No. Nama Jurusan Tahun Masuk
1 Abdul Sobur Mahasiswa Seni Murni 1986
2 Ammarsjah Mahasiswa Teknik Elektro 1984
3 Arnold Purba (Alm.) Mahasiswa Geofisika 1986
4 Bambang Sugianto L.N. Mahasiswa Teknik Sipil 1985
5 Dwito Hermanadi Mahasiswa Teknik Fisika 1985
6 Enin Supriyanto Mahasiswa Desain 1984
7 Lendo Novo Mahasiswa Teknik Perminyakan 1983
8 M. Fadjroel Rachman Mahasiswa Kimia 1982
9 M. Jumhur Hidayat Mahasiswa Teknik Fisika 1986
10 Nur Adi Bijantara Mahasiswa Desain 1986
11 Wijaya Santoso Mahasiswa Teknik Fisika 1985

Selain diculik dan disandera aparat militer, para aktifis ITB ini juga dijatuhi sanksi akademis. Penguasa dan petinggi ITB pun memecat mereka dari status mahasiswa ITB. Mereka yang dicabut statusnya ialah AmmarsjahArnold PurbaBambang Sugianto L.N.Enin SupriyantoLendo NovoM. Fadjroel RachmanM. Jumhur Hidayat, dan Wijaya Santoso sehingga mereka tidak dapat melanjutkan kuliah, sedangkan tiga lainnya bebas dari pemecatan. Selain pemecatan, Rektor ITB juga mengeluarkan sanksi skors dan peringatan keras terhadap lebih dari 30 mahasiswa dari berbagai jurusan.

Sayang diberbagai sumber kemudian tidak dituliskan bagaimana akhirnya mereka kembali diakui sebagai mahasiswa ITB dan menyelesaikan kuliahnya ini, seandainya saya sutradara dan punya biaya, ingin rasanya membuat film tentang semua ini, biar generasi muda yad tidak cengeng, eheheh.

Jauh hari sebelumnya, kampus ITB memang kerap disatroni ‘badan tegap rambut cepak, hingga kawasan Student Center, yang selama ini menjadi pusat kongkow dan diskusi mahasiswa pun kerap di-sweaping.

Dalam kekacauan ini , Tidak lama kemudian, Diyan Subromo, mahasiswa Geofisika dan Meteorologi 1983 yang juga saat itu sebagai  wartawan majalah Editor, mendatangi lokasi Student Center. Ia ingin menyampaikan berita bahwa ada beberapa teman yang menjadi target operasi, disana Diyan bertemu  Lae Ammar dan Dwito, yang juga ada di Student Center. Rasa was was pasti ada, karena ada beberapa teman mereka yang ‘hilang’ sampai saat itu belum ada kabar pula.

Mereka pun mengatur strategi bagaimana lolos dan keluar dari kampus dengan selamat khususnya kepada Diyan dan teman lainnya. Yang pertama mereka lakukan adalah memusnahkan / membakar dokumen yang ada di Student Center.

Peristiwa 5 Agustus, Sepenggal Catatan Pengingat

Lae Ammar paling kanan &  mahasiswa ITB  lain yang ditahan di Nusakambangan 

Kemudian, Lae Ammar mengatur strategi untuk keluar dari kampus. Ia menyerahkan jaketnya untuk dikenakan oleh Lianda. Ia juga memerintahkan Ipung dan Lianda untuk segera keluar dari kampus dengan menumpang mobil Ipung. Lae Ammar dan Dwito keluar dari kampus dengan membonceng sepeda motor.

Upaya mengelabui aparat ini ternyata berhasil. Mobil Ipung dibuntuti dan dikejar oleh mobil aparat hingga berhenti disebuah jalan sepi kawasan  Lembang. Aparat melepas Ipung dan Lianda karena target operasi tidak ada di mobil. Apapun, Lae Ammar Cs selamat, eheheh.

 Student Center

Mulai dibangun: 1969; diresmikan: Juli 1970; dibongkar: Juli 2004.

Bangunan ini terdiri dari dua gedung kembar di kiri kanan bulevard kampus yang berfungsi sebagai pusat kegiatan mahasiswa yang direncanakan, dibangun, dan dikelola oleh Dewan Mahasiswa ITB. Pembukaannya pada tahun 1970 diresmikan oleh Presiden RI Soeharto bersamaan dengan peringatan “Lima Puluh Tahun Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia”.

“Student Center Barat” pernah digunakan untuk kantin mahasiswa, ruang pertemuan serbaguna, kantor pos, bank BNI (sebelum dipindahkan ke Jl. Tamansari), dan koperasi mahasiswa.  Sebelum gedung ini dibangun, di pojok timur SC Barat pernah berdiri bangunan semi permanen untuk kantin dan toko buku yang didirikan pada masa TH.

Refaormasi 1997-1998

“Student Center Timur” pernah digunakan untuk sekretariat Dewan Mahasiswa (DM), Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), student-lounge, ruang latihan unit kegiatan, beberapa sekretariat unit kegiatan mahasiswa, toilet, dan toko buku. Dengan dibubarkannya DM dan MPM sekitar tahun 1980, ruang-ruangnya dialih-fungsikan.

Sekitar bulan Juli 2004 kedua gedung ini mulai dibongkar untuk mewadahi gedung baru yang dibangun di lokasi yang sama, yaitu Gedung Campus Center.

Teman teman Relawan Jokowi Ahok & Ganjar dimana saja berada.

Kemurnian perjuangan kaum muda masa itu bukan saja hasil dari pergulatan mereka bersama rakyat, tetapi juga merupakan hasil olah pikir yang selalu berorientasi pada kepentingan rakyat banyak bukan sekedar politik identitas sempit. Memang tantangan kaum muda masa kini jauh berbeda, kecepatan arus informasi sering kali membuat mereka tidak lagi sempat menganalisis lebih dalam. Perlu bukan saja kecerdasan dan pisau analisis yg lebih tajam, tetapi juga butuh kejernihan berpikir ekstra agar tidak terjebak dalam perangkap kepentingan sempit para elit dan melupakan garis perjuangan yang sejati nya selalu berkerja dan berjuang ditengah tengah rakyat, dan itulah kita.



‘Selamat berjuang Lae kami, abang kami, Ammarsjah Purba.

“Dang adong naso tarpatupa ni Debata.”

(Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.)

Mauliate

Bandung, tgl. 7 Oktober 2023.

Arief P.Suwendi

Koranjokowi.com

Koranganjar.com

Ganjar Pranowo Center

Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013

Pokja Sosmed – RBPR :: HC.111

(Foto.ist)

Lainnya,

FOTO BICARA INDONESIA

MAHASISWA ITB 1960-1970 DALAM FRAME ANAK AKTIFIS

MAHASISWA ITB 1960-1970 DALAM FRAME ANAK AKTIFIS Koranjokowi.com, OPini : Jika bicara Institut Tekhnologi Bandung (ITB), hanya 2 yang ada dalam benak saya, almarhum ayah dan militansi mahasiswa ITB yang tiada surut ditelan jaman. Ayah […]

PEMILU PILPRES 2024

GANJAR TALK ! , “BUG , Serangga Ampuh milik Pokja Sosmed HC.111 / GP 2024”

GANJAR TALK ! “BUG , Serangga Ampuh milik Pokja Sosmed HC.111 / GP 2024” #Salam Indonesia #Salam Pancasia Teman teman Relawan Ganjar Pranowo Presiden RI 2024 dimana saja berada, Sejak terbentuknya Tim Koordinasi Relawan Pemenangan […]

Pilpres 2024 (167), “SIPIL NASIONALIS & SIPIL RELIJIUS , CAPRES/CAWAPRES PILIHAN RELAWAN GANJAR THN.2024”

Pilpres 2024 (159), GOLKAR & PAN GABUNG KE PRABOWO, “TERJEBAK PERMAINAN TUKANG KAYU ?”

FOTO BICARA INDONESIA

BUG , BUZZER GANJAR. “SATU MATA, SATU HATI MENANGKAN GANJAR PRESIDEN 2024”

BUG , BUZZER GANJAR. “SATU MATA, SATU HATI MENANGKAN GANJAR PRESIDEN 2024” Koranjokowi.com, OPIni : Teman teman Relawan Jokowi Ahok & Ganjar dimana saja berada, Beberapa kali hadir di Rumah Bersama Pelayan Rakyat (RBPR) Jalan […]

Pilpres 2024 (177), ” RELAWAN GANJAR MENOLAK EMIL WAPRESNYA GANJAR, TITIK ! “

Tentang RedaksiKJ 3843 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan